Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Dessert Unik nan Lezat dari Berbagai Negara

List Artikel
24 Februari 2016 | 0 Komentar

Dessert alias makanan penutup sudah menjadi tradisi kuliner yang wajib ada pada setiap jamuan makan di seluruh negara. Di Indonesia kebanyakan dessert menggunakan bahan utama buah-buahan. Bagaimana dengan negara lain? Berikut ada beberapa ragam dessert unik dari berbagai negara yang jarang kamu temui. Meski terbilang unik, namun cita rasanya patut diacungi jempol. Ini dia dessert uniknya!



1. Sfenj dari Afrika Utara



Sumber: mochajuden.com


Dari segi tampilan, sfenj memang mirip dengan donat goreng pada umumnya. Sfenj memang merupakan donat ala Afrika Utara yang terbuat dari tepung ragi. Yang membuat kue ini unik adalah tidak adanya rasa yang bisa kamu rasakan. Sfenj biasa dijual oleh pedagang kaki lima setempat. Untuk mendapatkan rasa, kamu harus menaburinya dengan gula atau madu.



2. Thai Pralines dari Thailand



Sumber: honestcooking.com


Makanan yang bisa kamu jumpai di pedagang kaki lima ini terbuat dari kacang mede yang dibalur dengan lelehan gula yang sudah mengkaramel. Setelah dibalur gula, Thai pralines ditabur dengan biji wijen. Rasa manisnya sangat nikmat di lidah setelah kamu makan makanan utama.



3. Carrot Cake dari India



Sumber: honestcooking.com


Sekilas tak ada yang unik dari carrot cake yang jadi makanan penutup favorit di India ini. Namun ternyata selain dibuat dengan menggunakan wortel, cake ini dibuat dengan campuran kapulaga dan kunyit, rempah yang biasa digunakan dalam masakan. Meski terdengar aneh saat membayangkan kapulaga dan kunyit dalam adonan cake, namun citarasa carrot cake ini sangat enak.



4. Baklava dari Lebanon



Sumber: starkebab.md


Baklava merupakan makanan khas asal Turki yang dikenal berisi kacang kenari dan gula atau madu. Tetapi di Lebanon, Baklava diisi dengan kacang mete dan kacang pistacio. Uniknya, baklava ala Lebanon ini dilumuri mentega agar rasanya lebih asin dan gurih.



5. Sugar Tart dari Kanada



Sumber: www.choosy-beggars.com


Biasanya tart berisi aneka topping buah, namun tart yang satu ini toppingnya murni terbuat dari krim dan gula saja. Gula yang digunakan bisa gula palem atau gula merah. Tingkat kemanisannya memang jangan ditanya lagi. Namun sugar tart sangat disukai di Kanada dan cocok disantap saat udara dingin sedang melanda.

Sweet Corner ID

Foto Sweet Corner ID
Foto Sweet Corner ID
Foto Sweet Corner ID

Island Creamery

Foto Island Creamery
Foto Island Creamery
Foto Island Creamery

Kamo Kuma & Creme Cakery

Foto Kamo Kuma & Creme Cakery
Foto Kamo Kuma & Creme Cakery
Foto Kamo Kuma & Creme Cakery

Rati Rati

Foto Rati Rati
Foto Rati Rati
Foto Rati Rati

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?