Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Es Asal Sumatera yang Cocok Disantap Siang Hari

List Artikel
29 April 2020 | 0 Komentar

Indonesia termasuk negara tropis yang punya cuaca cukup panas. Meski sedang musim hujan, tapi cuaca di siang hari tetaplah panas. Inilah yang menyebabkan minuman dingin sangat digemari oleh masyarakat kita. Rasanya hampir di semua daerah yang ada di Indonesia, kita bisa temukan minuman es untuk melepas dahaga di siang hari. Salah satu daerah yang punya banyak ragam es adalah Pulau Sumatera. Ternyata ada banyak sekali ragam es segar yang dimiliki oleh Sumatera. Ingin tahu sesegar apa es-es asal Sumatera ini? Bagaimana kalau kita cek langsung di bawah ini!

 

1. Es Teler Sumatera



Sumber : Detik.net.id


Pertama ada es teler Sumatera yang paling terkenal di antara es-es asal Sumatera lainnya. Sesuai dengan namanya, es ini memang bisa membuat kamu teler saking enaknya. Es teler Sumatera dibuat dari bahan campuran yang berbeda dari es teler dari Jawa. Jika es teler kebanyakan menggunakan bahan utama nangka, kelapa muda, dan alpukat, es teler Sumatera ini tidak menggunakan satu pun dari ketiga bahan tersebut. Es teler Sumatera dibuat dari bahan dasar semangka, melon, blewah, kolang-kaling, sagu mutiara, hingga jelly yang kemudian diberi es serut lalu disiram dengan santan cair dan susu kental manis.

 

2. Es Campur Medan



Sumber : Ikoma.co.id


Es campur Medan juga tak kalah populernya dibanding es teler Sumatera. Coba tebak, es campur Medang ini dibuat dari bahan apa saja? Bahan pembuatan es campur Medan ini lebih dari sangat beragam macamnya loh. Di dalam es campur Medan terdapat cendol, kacang merah, sagu mutiara, nangka, tape singkong dan cincau yang diberi es serut lalu disiram dengan santan, gula merah dan gula pasir cair. Teksturnya lebih kental karena ada larutan tepung maizena yang dimasak bersama dengan santan. Meski demikian, cita rasanya tak kalah lezat dari es lainnya.

 

3. Es Air Mata Pengantin



Sumber : Colours-indonesia.com


Siapapun yang mendengar namanya pasti akan merasa aneh. Es air mata pengantin memang salah satu es paling fenomenal karena namanya yang unik. Bagaimana tidak, memangnya ada air mata pengantin yang dijadikan es? Ternyata nama tersebut hanya istilah saja karena es ini sering disajikan di acara pernikahan. Es asal Riau ini punya tampilan yang sangat cantik karena perpaduan berbagai macam warna di dalamnya. Es air mata pengantin dibuat dari agar-agar dengan tiga warna yang dicetak lalu diberi campuran selasih, blewah, sirup, air dan es batu.

 

4. Es Laksamana Mengamuk



Sumber : Akamaized.net


Masih dengan es asal Sumatera yang punya nama unik lainnya, ada es laksamana mengamuk. Nama es ini konon diambil dari cerita rakyat Sumatera yang mengisahkan kalau dulu ada laksamana yang mengamuk karena istrinya dibawa kabur oleh pemilik kebun mangga. Laksamana yang mengamuk tersebut menebaskan pedangnya ke segala penjuru kebun sehingga mangga kweni yang sedang berbuah pada saat itu berjatuhan. Es laksamana mengamuk memang dibuat dari potongan mangga yang diberi campuran biji selasih dan es serut lalu disiram dengan santan dan gula kelapa.

 

5. Es Tebak



Sumber : Grid.id


Terakhir ada es tebak yang asalnya dari kota Padang. Es tebak adalah es yang dibuat dari bahan dasar cincau hitam, kolang-kaling, tape ketan hitam, es serut, santan, susu kental manis, sirup merah, pastinya tebak. Tebak ini dibuat dari tepung sagu, tepung beras, air, garam dan air kapur sirih yang dibentuk panjang-panjang seperti cendol. Cita rasanya sebenarnya hambar karena tidak ada campuran gulanya, tapi setelah dijadikan es dan dipadukan dengan bahan lainnya, maka akan semakin lezat.

 

Terlihat enak dan menyegarkan bukan kelima es asal Sumatera di atas? Jika disuruh memilih, dari kelimanya ini, kamu ingin menyantap yang mana? Nah, jika kamu juga jadi ingin yang segar-segar setelah membaca artikel ini, kamu bisa mampir dulu aja ya ke salah satu tempat di bawah ini!

Es Teler 77

Foto Es Teler 77
Foto Es Teler 77

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)
Foto Es Campur Jelly Acen (Es Pluit Sakti Raya)

Mpek - Mpek & Es Campur Nana

Foto Mpek - Mpek & Es Campur Nana

Es Kode

Foto Es Kode
Foto Es Kode
Foto Es Kode

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?