Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Es Khas Jawa Timur yang Bisa Hilangkan Dahagamu

List Artikel
16 Mei 2020 | 0 Komentar

Indonesia memang sangat kaya akan ragam kulinernya yang khas. Seperti yang kamu ketahui, beda daerah beda pula kuliner tradisionalnya. Di daerah Jawa Timur, kamu bisa menjumpai beragam kuliner lezat dengan cita rasa yang unik. Tak hanya makanannya saja, tetapi juga ada minuman dingin khas yang sulit kamu jumpai di daerah lain. Sambil menyeruput segarnya es khas Jawa Timur, kamu bisa mencicip manisnya minuman tradisional tersebut. Untuk mencaritahu ada es khas Jawa Timur apa saja yang lezat diseruput siang-siang, cek langsung saja daftar listnya di bawah ini!


1. Es Pleret



Sumber: Tokomesin.com


Pertama ada es pleret dari Blitar yang dari tampilannya terlihat cukup unik karena di dalamnya terdapat isian berbentuk bulat dengan bolong di tengahnya seperti donat. Es pleret menurut sejarah diambil dari nama Kyai Pleret. Tapi hingga saat ini kebenarannya belum dapat dipastikan. Es pleret dibuat dari pleret yang terbuat dari tepung kanji, tepung beras, garam, dan air. Sedangkan untuk kuahnya dibuat dari gula merah, gula pasir, santan, garam, dan daun pandan.


2. Es Buto Ijo



Sumber: Tokopedia.net


Mendengar namanya saja pasti kamu merasa seram. Buto ijo merupakan sosok tokoh raksasa legenda Jawa yang seluruh tubuhnya berwarna hijau. Nah, es buto ijo ini juga punya tampilan yang serupa yakni berwarna hijau sehingga dijuluki dengan nama es buto ijo. Buto ijo dibuat dari bahan dasar kelapa muda, nata de coco, kolang kaling, dan sagu mutiara yang kemudian disiram dengan sirup melon berwarna hijau dan ditambahkan susu kental manis.


3. Es Dawet Jabung



Sumber: Noviazulfa.student.umm.ac.id


Es dawet jabung adalah es tradisional yang asalnya dari Ponorogo. Dawet memang merupakan es tradisional khas Jawa Timur, tapi yang membuat es dawet jabung ini terlihat berbeda adalah bentuknya yang lebih kecil dan langsing dan juga ada bola ketan yang disajikan di dalamnya. Rasanya sangat gurih karena kuahnya dari santan dan juga terasa manis karena ada gula merahnya.


4. Es Gudir



Sumber: Jombangcityguide.blogspot.com


Selanjutnya ada es gudir yang asalnya dari Kediri. Es gudir ini dibuat dari bahan dasar agar-agar yang disajikan bersama dengan sirup manis dan santan yang sudah direbus dengan daun pandan. Kamu bisa menjumpai dengan mudah es gudir di pinggir jalan atau pasar tradisional karena ada banyak penjual es gudir di tempat-tempat tersebut.


5. Es Sinom



Sumber: Nulis.co.id


Terakhir ada es sinom yang dari warnanya saja sudah menggodamu karena tampilannya mirip dengan es jeruk pada umumnya. Es sinom ini sebenarnya adalah minuman yang sangat sehat dikonsumsi karena terbuat dari bahan dasar daun sinom yang masih muda, kunyit, asam jawa, gula merah, dan gula pasir yang direbus hingga mendidih lalu disaring dan didinginkan. Sebelum disajikan, es sinom disajikan bersama dengan es batu.

 

Itulah beberapa es khas Jawa Timur yang bisa hilangkan dahagamu. Menurut kamu, masih ada lagi tidak es lezat lainnya dari Jawa Timur?

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Es Teler G5

Foto Es Teler G5
Foto Es Teler G5

Mpek - Mpek & Es Campur Nana

Foto Mpek - Mpek & Es Campur Nana

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Cendol Queen Elizabeth

Foto Cendol Queen Elizabeth
Foto Cendol Queen Elizabeth
Foto Cendol Queen Elizabeth

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?