Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Fakta Gyoza, Si Pangsit Khas Jepang yang Sering Jadi Pendamping Ramen

List Artikel
6 November 2019 | 0 Komentar

Jika kita datang ke restoran Jepang, pastinya kamu akan menemukan Gyoza pada bagian menu makanan pembuka. Gyoza memang termasuk dalam salah satu makanan khas Jepang dan cocok untuk dijadikan sebagai menu makanan pembuka karena bentuknya yang tidak terlalu besar sehingga bisa disantap dalam satu kali suapan. Gyoza pada dasarnya hanya memiliki isian daging cincang, kubis, bawang putih, dan kucai. Untuk jenis dagingnya bisa berupa daging babi, ayam, hingga sapi. Meski demikian, terkadang ada isian gyoza vegetarian yang hanya diisi dengan sayuran. Cocok untuk dijadikan camilan, ada beberapa fakta menarik dari gyoza yang perlu kamu ketahui, yaitu:



 Sumber : Pergikuliner.com


1. Aslinya Berasal dari China

Kita selama ini kita mengenal gyoza sebagai kuliner khas Jepang. Padahal aslinya gyoza ini justru berasal dari China. Gyoza merupakan turunan dari jiaozi atau dumpling yang memang memiliki adonan kulit yang sama persis dan isiannya juga sama. Satu hal yang membuat gyoza Jepang berbeda dengan jiaozi adalah gyoza Jepang kebanyakan dimasak dengan cara dipanggang atau pan fry.

 

2. Gyoza Terbagi Menjadi Tiga Jenis

Gyoza memiliki tiga jenis yang dikelompokkan dari segi cara memasaknya. Ada yaki gyoza yang merupakan gyoza pan fry alias yang dimasak dengan cara dipanggang menggunakan minyak wijen. Lalu ada age gyoza yang merupakan gyoza yang digoreng deep fry sehingga teksturnya sangat garing. Terakhir ada sui gyoza yang merupakan gyoza yang direbus atau dikukus. Gyoza ini sangat sulit dijumpai di Jepang karena kebanyakan masyarakat Jepang lebih suka jenis yaki gyoza dan age gyoza.  

 

3. Gyoza Jadi Jajanan yang Murah Meriah

Bukan tanpa alasan mengapa gyoza sangat disukai oleh masyarakat Jepang. Gyoza memiliki harga yang sangat terjangkau, bahkan cenderung murah meriah. Cukup dengan 300 yen saja kamu sudah bisa menikmati gyoza yang enak. Satu porsi gyoza biasanya hanya beisi 4-6 buah gyoza saja karena memang kuliner ini hanya untuk camilan saja.

 

4. Gyoza Selalu Jadi Pendamping Makanan Jepang

Anehnya, meski gyoza masuk dalam kategori jajanan, tapi gyoza ini justru lebih banyak dijumpai di kedai mie, seperti kedai udon, kedai ramen, hingga kedai yakisoba. Biasanya gyoza yang disajikan di kedai mie adalah jenis yaki gyoza atau age gyoza yang memiliki tekstur renyah sehingga cocok disantap bersama mie yang berkuah seperti ramen atau soba.

 

5. Ada Kota Gyoza di Jepang

Saking disukainya, ada tempat di Jepang yang dijuluki sebagai ‘Gyoza Town’ karena ada banyak sekali restoran gyoza yang berjajar di sepanjang jalanannya. Ada dua Gyoza Town di Jepang, pertama ada di kota Utsunomiya yang terletak di Prefektur Tochigi dan kedua ada di kota Hamamatsu yang ada di Prefektur Shizuoka. Di kedua tempat tersebut, kamu bisa menemukan semua jenis gyoza dengan bentuk yang besar sehingga memuaskanmu saat menyantapnya. Selain itu ada gyoza dengan isian yang unik seperti isi seafood.

 

Itulah beberapa fakta menarik gyoza yang perlu kamu ketahui. Nah, jika kepengen makan gyoza setelah membaca artikel ini, kamu bisa mendatangi salah satu tempat makan di bawah ini saja ya!

Ikkudo Ichi

Foto Ikkudo Ichi
Foto Ikkudo Ichi

Osaka Ohsho

Foto Osaka Ohsho
Foto Osaka Ohsho

Marutama Ra-men

Foto Marutama Ra-men

Kashiwa

Foto Kashiwa
Foto Kashiwa

RamenYA

Foto RamenYA

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?