Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Fakta Menarik Regginang yang Wajib Kamu Tahu

List Artikel
27 Mei 2020 | 0 Komentar

Rengginang merupakan salah satu cemilan khas Indonesia berbentuk buluat dengan tekstur garing dan renyah. Rasanya yang gurih dan asin membuat makanan satu ini cocok disantap buat kamu yang tak terlalu suka makanan manis. Rengginang dibuat dari bahan dasar beras ketan yang dicuci bersih lalu dibumbui dan dibentuk bulat pipih dan dikukus lalu dijemur hingga kering. Setelah kering, barulah rengginang digoreng hingga matang. Bisa dikatakan kalau proses pembuatan rengginang ini mirip dengan pembuatan kerupuk. Rengginang biasanya dijadikan sebagai cemilan atau hidangan untuk disuguhkan pada tamu yang datang ke rumah. Rengginang juga identik dengan cemilan khas lebaran, terutama di daerah-daerah yang ada di Jawa. Selain itu, rengginang juga punya beragam fakta menarik lainnya yang bisa kamu simak, yaitu:



Sumbe : Brilio.net


1. Asal Usulnya yang Selalu Diperdebatkan

Fakta menarik pertama adalah rengginang ini punya asal usul yang selalu diperdebatkan. Sebagian orang ada yang mengatakan kalau rengginang ini asalnya dari Betawi, tapi sebagian ada yang bilang asalnya dari Jawa. Padahal aslinya rengginang ini berasal dari Jawa Barat dan Banten. Konon diduga, awalnya rengginang ini tidak sengaja dibuat. Jadi awalnya masyarakat Jawa Barat tersebut ingin membuat tape ketan, tapi karena raginya tidak ada dan beras ketan sudah terlanjur dikukus, maka dijemurlah dan dijadikannya sebagai kerupuk.


2. Jadi Kuliner yang Merakyat

Rengginang menjadi salah satu kuliner yang merakyat alias murah meriah. Hal ini dikarenakan rengginang dibuat dari bahan-bahan yang simpel, mudah, dan murah. Jika malas membuatnya, kamu bisa dengan menemukan rengginang mentah yang tinggal langsung goreng di pasaran. Kalau masih malas lagi menggorengnya, rengginang juga banyak dijumpai dalam bentuk sudah matang dan dikemas dalam plastik.


3. Simbol Persatuan

Rengginang ternyata punya makna di baliknya, yakni menjadi simbol persatuan bagi banyak orang. Filosofinya adalah rengginang terbuat dari beras ketan yang lengket sehingga menyimbolkan persatuan antar sesama masyarakat. Tak hanya itu saja, bentuknya yang terdiri dari campuran beberapa beras ketan yang menyatu menjadi satu ini juga melambangkan kebersamaan.


4. Sering Ditemukan Pada Toples Wafer atau Kaleng Kue

Ada fakta menarik tentang rengginang yang banyak dijumpai yakni terkena zonk pada saat membuka toples wafer atau kaleng kue karena yang ditemukannya adalah rengginang, bukan wafer, astor, atau biskuit. Rengginang memang biasanya ditaruh dalam toples bening, tapi tak jarang ada yang memasukkannya dalam kaleng biskuit karena tidak muat dalam toples. Inilah yang kerap kali menjadikan kita melongo saat menemukan rengginang dalam kaleng biskuit.


5. Ada Banyak Varian Rengginang Kekinian

Meski tergolong dalam camilan jadul, tapi rengginang sudah mengalami banyak evolusi, terutama dari segi rasa. Rengginang kekinian punya beragam rasa, terutama rasa manis seperti rasa matcha, cokelat, strawberry, hingga berbagai rasa manis lainnya. Tentu kamu penasaran bukan dengan citarasa rengginang yang manis?

 

Itulah beberapa fakta tentang rengginang yang perlu kamu ketahui. Lebaran kali ini apakah di rumahmu menyediakan camilan rengginang sebagai cemilan lebaran? 

Makaroni Ngehe

Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe

Snack Zone

Foto Snack Zone
Foto Snack Zone
Foto Snack Zone

Magi Planet

Foto Magi Planet
Foto Magi Planet
Foto Magi Planet

Pisang Original

Foto Pisang Original
Foto Pisang Original
Foto Pisang Original

Chicago Popcorn

Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?