Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Fakta Menarik Tentang Donat Paling Menghebohkan

List Artikel
20 Desember 2017 | 0 Komentar

Siapa sih yang tidak suka ngemil donat? Camilan berbentuk kue bulat yang di tengah-tengahnya bolong. Camilan ini memang sangat populer sejak zaman dahulu. Toppingnya yang beraneka ragam dan warna-warni sungguh menarik untuk dilihat apalagi dimakan. Namun disamping itu semua, ternyata camilan ini juga menyimpan banyak fakta tersembunyi di dalamnya yang mungkin saja kamu belum pernah tahu tentang fakta tersebut. Coba intip ada fakta tersembunyi apa saja yuk seputar donat!



Sumber : pergikuliner.com

1. Kue Berminyak

Tahukah kamu kalau donat ternyata disebut sebagai kue berminyak ketika pertama kali ditemukan? Hal ini karena saat sebelum perang revolusi di Amerika, pembuatan kue dengan cara digoreng masih belum lazim. Zaman dahulu, kebanyakan kue umumnya dipanggang di atas tungku. Beda sekali dengan donat yang harus digoreng menggunakan minyak. Oleh karena itu, donat dahulu dikenal juga dengan sebutan oily cakes atau kue berminyak.


2. Ketidaksengajaan

Sampai saat ini sebenarnya belum diketahui siapa penemu donat yang pertama. Tetapi sebuah kisah menyebutkan bahwa adonan donat yang bolong di tengahnya itu ternyata berasal dari ketidaksengajaan. Adonan donat tersebut tidak sengaja terinjak oleh sapi dan ketendang hingga masuk ke minyak panas, itu mengapa kue ini memiliki bagian bolong di tengahnya.


3. Donat Sebagai Kue Tersehat

Banyak yang mengatakan kalau kue donat ini tidak sehat karena dibuat dengan cara digoreng. Cara ini akan menimbulkan banyak kalori karena minyak yang menjadi penyebab utama penyakit kolesterol dan cara pembuatannya juga tidak terdapat banyak gizi. Namun, setelah diteliti lebih lanjut, perbandingan kalori antara kue donat jelly, bagel dan croissant, justru kue donatlah yang memiliki jumlah kalori terendah diantara ketiganya.


4. Gadis Pengantar Donat

Pada zaman perang, donat menjadi makanan favorit para tentara yang berada di medan perang. Gadis yang bertugas membuat donat dan mengantarkan donat tersebut ternyata disebut sebagai doughnut girl. Sedangkan, prajurit yang menanti kedatangan gadis pengantar donat tersebut disebut dengan doughnut boy.


5. Rekor Makan Donat

Ada dua rekor makan donat yang pernah dibuat, yaitu makan donat berselai dan makan donat yang berlumuran bubuk gula. Untuk donat selainya, rekor makan ini dipegang oleh Lup Fun Yau dan Steve McHugh, keduanya berasal dari Inggris. McHugh pertama kali membuat rekor makan 6 donut berselai di tahun 2002 dan Fun Yau di tahun 2007. Di tahun 2012, Patrick Bertoletti yang berasal dari Amerika Serikat bahkan memakan tiga donut berselai dalam satu menit.


Itu dia cerita singkat tentang fakta menarik dari donat. Sangat menarik bukan? Nah! Buat kamu yang jadi tertarik untuk menikmati manis dan lembutnya donat, kamu wajib banget cobain donat-donat di tempat yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Mister Donut

Foto Mister Donut
Foto Mister Donut
Foto Mister Donut

Krispy Kreme

Foto Krispy Kreme
Foto Krispy Kreme
Foto Krispy Kreme

Bake-a-Boo

Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo

Louis Doughnut & Coffee

Foto Louis Doughnut & Coffee
Foto Louis Doughnut & Coffee
Foto Louis Doughnut & Coffee

Ponut Donat Kentang

Foto Ponut Donat Kentang
Foto Ponut Donat Kentang

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?