Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Fakta Tentang Es Krim Gelato yang Perlu Kamu Tahu

List Artikel
23 Februari 2016 | 0 Komentar

Siapa yang tidak tahu es krim gelato? Es krim gelato yang berasal dari Italia ini sangat terkenal di dunia. Cukup banyak gerai es krim gelato yang ada di Jakarta. Penggemarnya pun juga beragam, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berikut ada lima fakta tentang es krim gelato yang perlu kamu ketahui: 


1. Es Krim Gelato Berasal dari Es Serut

Gelato awalnya berupa es serut yang diciptakan oleh Ruggeri, seorang peternak ayam yang mengikuti kompetisi dessert dingin paling enak di Italia yang diadakan oleh keluarga Medici di Florence, Italia. Ruggeri menciptakan dessert dari es serut yang dilumuri jus buah. Saking enaknya, dessert dingin ini pun memenangi kompetisi. Salah satu anggota keluarga Medici yang bernama Catherine membawa es serut Ruggeri ini ke Prancis sehingga dessert dingin ini semakin dikenal masyarakat Eropa.  


2. Nama Asli Es Krim Gelato

Es serut Ruggeri yang dikenal di Eropa kemudian sampai di Amerika pada tahun 1770. Seorang pria Italia yang bernama Giovanni Basiolo membawa es serut Ruggeri ini ke Amerika. Giovanni membawa dua jenis es serut Ruggeri, yakni yang terbuat dari air yang kemudian diberi nama sorbetto alias sorbet dan yang terbuat dari susu yang kemudian dikenal dengan nama es krim gelato.


3. Bahan Pembuat Es Krim Gelato

Es Krim Gelato dibuat menggunakan whole milk yang mengandung lemak yang sedikit jika dibanding es krim yang menggunakan susu full cream. Awalnya es krim gelato tradisional dibuat dengan sedikit campuran kuning telur, namun sekarang bahan utama es krim gelato hanya susu, krim, dan gula.


4. Tekstur Es Krim Gelato

Es krim gelato mengandung lebih sedikit udara di dalamnya. Proses pembuatan es krim gelato dikocok dengan cara yang lebih lambat sehingga lebih sedikit udara yang terbentuk. Proses tersebut rupanya dapat menghasilkan tekstur es krim gelato yang lebih padat, lembut, dan creamy.


5. Suhu Temperatur Es Krim Gelato

Suhu es krim gelato sebenarnya jauh lebih hangat dibanding es krim. Temperatur optimal untuk penyajian es krim gelato adalah minus 3 derajat celsius. Sementara es krim paling nikmat disajikan di temperatur minus 15 derajat celsius.

Ilvero Gelateria

Foto Ilvero Gelateria
Foto Ilvero Gelateria
Foto Ilvero Gelateria

Locco Gelato

Foto Locco Gelato
Foto Locco Gelato
Foto Locco Gelato

Grom Gelato

Foto Grom Gelato
Foto Grom Gelato
Foto Grom Gelato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?