Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Gorengan Dari Sayur yang Cocok Untuk Jadi Pendamping Nasi

List Artikel
5 Oktober 2020 | 0 Komentar

Siapa yang suka gorengan? Masyarakat Indonesia sangat suka sekali makan gorengan karena teksturnya yang gurih dan renyah sehingga menimbulkan sensasi unik saat digigit dan dikunyah. Gorengan adalah sebutan untuk makanan yang dimasak dengan cara digoreng. Gorengan sebenarnya bisa dibuat dari bahan apa saja, mulai dari jenis daging-dagingan, ikan, kacang, hingga sayuran. Mendengar kata gorengan yang terbuat dari sayuran, pastinya yang terlintas dibenakmu adalah bakwan sayur atau bakwan jagung. Kedua jenis gorengan yang dibuat dari bahan dasar sayur ini memang sangat populer. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada gorengan lain yang juga dibuat dari sayuran? Nah, berikut ini Pergikuliner akan kasih tau teman kuliner tentang 5 gorengan dari sayur yang cocok jadi pendamping nasi. Apa saja? Cek langsung di bawah ini!

 

1. Kol Goreng



Sumber: Kumparan.com


Buat yang suka makan pecel ayam atau pecel lele pastinya tahu gorengan yang satu ini. Kol goreng dibuat dari kol putih yang direndam air sebentar agar sedikit layu lalu dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng hingga garing. Kol goreng sangat cocok disantap dengan cocolan sambal dan nasi putih hangat. Selain pada pecel lele atau pecel ayam, kol goreng juga kerap kali muncul sebagai menu tambahan pada ayam geprek hingga ayam penyet.


2. Kembang Kol Goreng



Sumber: Idntimes.com


Selain kol goreng, ada kembang kol goreng yang juga banyak dijumpai pada sajian masakan Indonesia yang memiliki sambal di dalamnya. Kembang kol goreng dibuat menggunakan kembang kol yang sudah dipotong perkuntum lalu dicelupkan dalam adonan tepung dan digoreng hingga renyah. Biasanya jenis tepung yang digunakan untuk menggoreng kembal kol adalah tepung tempura sehingga hasilnya lebih krispi.


3. Bayam Goreng



Sumber: Resepkoki.id


Bayam juga sangat cocok untuk dijadikan gorengan renyah karena bentuknya yang tipis sehingga saat digoreng teksturnya akan sangat garing. Bayam goreng digoreng dengan menggunakan campuran baluran tepung terigu, tepung beras, bawang putih, ketumbar, dan garam. Berhubung ada bumbu di dalamnya, maka cita rasanya akan menjadi lebih berbumbu dan aromanya lebih wangi. Jika kol goreng dan kembang kol goreng cocok disantap dengan sambal dan nasi, bayam goreng lebih enak dijadikan sebagai cemilan.

 

4. Terong Goreng



Sumber: Dapurkobe.com


Berikutnya ada terong goreng yang juga terasa enak jika digoreng karena menghasilkan perpaduan tekstur yang unik. Pada bagian luar terong goreng akan bertekstur garing sementara bagian dalamnya ini lembut sehingga ketika kamu menggigit pada gigitan pertama akan terasa garing, tapi pada gigitan kedua, terong goreng akan lumer di dalam mulut. Terong goreng cocok disantap bersama dengan cocolan sambal terasi.

 

5. Buncis Goreng



Sumber: Dapurkobe.com


Terakhir ada buncis goreng. Kalau buncis goreng ini seringkali kita jumpai pada restoran Jepang. Buncis yang sudah dicuci bersih dibalurkan ke dalam adonan tepung lalu digoreng hingga krispy. Teksturnya akan garing pada bagian luar dan dalam. Buncis goreng juga cocok jika disantap dengan sambal terasi, tapi juga cocok disantap dengan sambal botolan sebagai cemilan soremu.


Bagaimana teman kuliner? Dari kelima sayuran yang Pergikuliner bahas, ada tidak nih yang masuk daftar favorit kamu atau justru kamu belum pernah mencobanya? Ceritain di kolom komentar ya!

Bakwan Pontianak

Foto Bakwan Pontianak
Foto Bakwan Pontianak

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Restaurant Baku Sayang

Foto Restaurant Baku Sayang

Shingen Izakaya

Foto Shingen Izakaya

Shigeru

Foto Shigeru
Foto Shigeru
Foto Shigeru

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?