Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Hal Simpel yang Bisa Mencegah Dehidrasi Saat Puasa

List Artikel
13 Mei 2019 | 0 Komentar
Indonesia dikenal sebagai negara tropis dengan cuaca yang terbilang cukup panas sehingga rentan dengan dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika tidak dalam keadaan berpuasa maka kamu tinggal meminum air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun bagaimana jika kamu sedang berpuasa? Kekurangan cairan saat berpuasa tentunya bisa berakibat tidak baik bagi tubuh, mulai dari gangguan pencernaan, kulit kering, hingga sakit kepala. Nah, lima hal simpel di bawah ini ternyata bisa mencegah kamu terkena dehidrasi saat sedang puasa lho. Yuk simak ulasannya, berikut ini:


Sumber : life.trubus.id

1. Air Hangat 
Saat kamu berbuka puasa dan sahur, ingatlah untuk selalu minum dengan air hangat. Air hangat akan membuat cairan dalam tubuh kamu lebih seimbang dan bertahan lama karena air dingin justru membuat kamu lebih cepat terdehidrasi. Selain itu air hangat juga sangat bagus untuk pencernaan karena bisa mencerna makanan lebih maksimal.

2. Minum Smoothies 
Buatlah smoothies atau jus buah untuk mendapatkan kembali nutrisi dan cairan yang hilang selama berpuasa. Vitamin dari buah selain bisa mencegah kamu terkena dehidrasi juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu saat berpuasa. Sebaiknya jangan tambahkan gula ya dalam smoothies atau jus buah kamu. Jika ingin tambahan rasa manis, kamu bisa menambahkan madu alami. 

3. Minuman Tradisional 
Pernahkan kamu minum minuman tradisional setelah berbuka puasa? Minum minuman tradisional seperti wedang jahe atau beras kencur ternyata bisa mencegah kamu terkena dehidrasi. Kandungan rempah pada minuman tradisional juga mampu membuat lambung kamu lebih nyaman dan mencegah perut begah seusai berbuka. 

4. Hindari Aktivitas Berat 
Kamu jangan terlalu memaksakan diri untuk mengeluarkan banyak energi pada siang hari karena udara panas pada siang hari akan lebih cepat membuat kamu terkena dehidrasi. Jika kamu  harus beraktivitas di luar ruangan, maka usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. 

5. Jangan Lupa Sahur 
Hal yang satu ini memang terlihat simpel, tapi ternyata sangat berpengaruh besar untuk aktivitas kamu selama satu hari penuh saat berpuasa. Sebaiknya kamu jangan melewatkan sahur karena pada saat sahur, kamu bisa makan buah atau minum air putih agar tidak terkena dehidrasi saat berpuasa.

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

BubbleZ

Foto BubbleZ
Foto BubbleZ
Foto BubbleZ

Jamba Juice

Foto Jamba Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?