Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Hidangan Ikan dari Eropa yang Kaya Akan Gizi

List Artikel
30 Juni 2019 | 0 Komentar
Tidak hanya daging ayam, sapi, kambing dan juga domba saja yang memiliki sumber protein yang tinggi dan baik untuk tubuh, daging ikan juga memiliki sumber protein yang sama bahkan menjadi paling favorit dan populer. Teksturnya yang unik ini membuat para pecinta masakan seafood menyukainya sehingga ingin terus menyantapnya. Berbicara tentang ikan, benua Eropa sangat kaya akan berbagai macam hidangan olahan ikan yang bahkan dijadikan sebagai menu andalan. Berbagai negara di Eropa juga memiliki hidangan ikan andalannya masing-masing. Bahkan, hidangan tersebut juga diolah dengan baik agar tetap terjaga akan kualitas gizi dan protein yang dimiliki di setiap ikan yang diolah. Kira-kira apa saja ya hidangan ikan dari Eropa yang kaya akan gizinya?

Fish and Chips dari Inggris 


Sumber : Pergikuliner.com

Pastinya kamu sudah sangat kenal dengan hidangan yang satu ini, bukan? Fish and chips berasal dari negara Inggris, yang terkenal akan hidangan olahan seafood-nya. Selain rasanya yang lezat, hidangan ini kaya akan kandungan gizi yang berasal dari ikan. Fish and chips biasanya menggunakan ikan dori yang memiliki tekstur daging yang sangat lembut di dalam dan kentang dengan potongan memanjang. Ikan dori yang lembut diberi baluran tepung lalu digoreng hingga kuning keemasan yang akan menghasilkan tekstur renyah diluar dan lembut di dalam, cita rasanya pun sangat gurih dan makin lezat disantap bersama kentang goreng serta saus sambal atau mayonaise.

Gravlax dari Swedia


Sumber : Traegergrills.com

Hidangan ikan yang kedua ada gravlax yang berasal dari Swedia. Gravlax merupakan hidangan ikan salmon yang diawetkan dengan memberinya bumbu seperti garam, lada, gula dan juga dill atau yang lebih dikenal sebagai adas sowa. Lalu ikan tersebut dimarinasi dengan cara disimpan ke dalam lemari es selama 1-3 hari agar bumbu meresap dengan baik. Biasanya masyarakat Swedia menghidangkan gravlax dengan cara menaruhnya di atas roti gandum yang ditambahkan dengan saus mustard khas Swedia atau perasan air lemon di atas ikan salmon yang telah dipotong tipis dan halus sesuai dengan arah serat. Kandungan gizi pada ikan salmon marinasi yang masih tetap segar tersebut masih terjaga dengan baik, sehingga baik dan sehat untuk tubuh.

Bacalhau dari Portugal


Sumber : Cooktube.in

Portugal juga tidak kalah akan hidangan ikannya yang lezat dan kaya gizi, salah satunya ada bacalhau. Bacalhau merupakan hidangan yang terbuat ikan kod yang dipotong suwir dan dibumbui dengan garam dan lada, lalu dipanggang bersama dengan bawang bombay, potongan kentang, keju, dan juga krim. Banyak di antara kamu yang mengenal ikan kod karena gizinya yang tinggi dan baik untuk meningkatkan kecerdasan otak. Hal inilah yang menyebabkan ikan kod populer di kalangan masyarakat Eropa dan menjadikannya salah satu menu hidangan ikan andalan mereka.
 

Psari dari Yunani


Sumber : Yolenis.com

Negara Yunani sangat terkenal dengan objek wisatanya yang indah, namun tidak hanya pemandangannya saja yang indah. Yunani juga memiliki berbagai macam hidangan yang dapat membuat para wisatawan selalu rindu akan cita rasanya yang khas. Terlebih lagi, Yunani juga memiliki berbagai macam hidangan ikan yang berbeda. Salah satunya adalah Psari, yaitu hidangan ikan yang dipanggang bersama dengan saus tomat yang terbuat dari campuran tomat, wine, madu, garam, dan lada. Ikan yang digunakan bisa berupa ikan salmon, tuna dan lainnya. Ikan-ikan yang dimasak bersama dengan saus tomat tersebut sangat kaya gizi, sehingga cocok untuk dimakan untuk semua kalangan, baik usia muda ataupun tua.

Romesco de Peix dari Spanyol


Sumber : Sbs.com.au

Hidangan ikan terakhir berasal dari negara Spanyol, yaitu romesco de peix. Hidangan ikan khas Spanyol ini terbuat dari ikan yang dimasak bersama kaldu ikan, tomat, potongan paprika, bawang bombay, garam, lada, kacang almond dan saffron. Romesco de peix ini tidak hanya menggunakan ikan saja, namun bisa juga menambahkan beberapa macam jenis seafood di dalamnya, tergantung pada selera masing-masing. Tentu saja hidangan yang kaya akan jenis-jenis seafood inilah kandungan gizinya sudah pasti tinggi. Cita rasanya juga sudah pasti sangat lezat.
 
Dari hidangan ikan yang bergizi di atas, mana yang bikin kamu tertarik untuk menyantapnya? Oh iya, jangan lupa setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung datangi salah satu dari beberapa tempat makan di bawah ini untuk menyantap hidangan ikan yang lezat dan pastinya sulit ditolak ya!

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

The Manhattan Fish Market

Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market
Foto The Manhattan Fish Market

Fish & Co.

Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.
Foto Fish & Co.

Fish Streat

Foto Fish Streat
Foto Fish Streat
Foto Fish Streat

O! Fish

Foto O! Fish
Foto O! Fish
Foto O! Fish

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?