Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Istilah Kopi yang Populer di Kalangan Pecinta Kopi

List Artikel
20 November 2020 | 0 Komentar

Kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup di kota besar karena kebanyakan orang selalu mengawali hari mereka dengan menyeruput secangkir kopi. Dengan meningkatnya konsumsi kopi maka muncullah beberapa cafe dan kedai kopi, selain itu beberapa istilah kopi juga menjadi populer. Nah kali ini PergiKuliner sudah merangkum lima istilah kopi yang sering digunakan oleh para pecinta kopi.



Sumber: Americastestkitchen.com


1. Pour Over

Istilah ini datang dari cara barista membuat kopi. Pour over adalah cara manual yang paling ​banyak ​memakan banyak waktu untuk menyeduh kopi. Meksipun cara ini tergolong cukup menyita waktu, tapi cara ini sangat populer di kalangan pecinta kopi. Prosesnya mirip kopi saring, namun pour over menggunakan kain tipis untuk menyaring bubuk kopi. Saringan ini ditaruh di atas kopi dan air panas dengan sangat perlahan dituang​ perlahan mengelilingi kopi bubuk dalam wadah.​ Dengan cara ini, aroma kopi lebih keluar maksimal.


2. Cold Brew

Jika kopi biasanya diseduh dengan air panas dan membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 10 menit. ​Teknik cold brew menyeduh kopi dengan air yang bersuhu ruangan dan menampung tetesan sarinya selama 12 jam lamanya. Teknik ini sangat populer karena orang awam juga bisa melakukannya.


3. Single Origin

Barista sering mencampur beberapa jenis biji kopi dalam satu wadah untuk mendapatkan rasa kopi yang unik. Misalnya, kopi dengan aroma kuah dipadukan dengan biji kopi dengan aroma unik. Single origin hanya menyajikan satu jenis biji kopi yang berasal dari satu daerah ​saja sehingga rasanya masih murni alias asli.


4. Edible Coffee

Edible punya arti layak untuk dikonsumsi. Tak hanya untuk diseduh, kopi juga bisa dibuat untuk campuran makanan dan minuman lain. Kopi bukan hanya menambahkan aroma, tapi juga rasa yang khas. Bubuk kopi bisa sebagai bahan campuran dalam puding, yogurt, brownies, kue, biskuit, hingga bumbu daging.


5. Bulletproof

Di dunia kopi, bulletproof adalah racikan kopi yang diciptakan oleh Dave Asprey. Racikan ini terdiri dari kopi hitam dengan mentega vegetarian, dan minyak kelapa murni. Racikan bulletproof ini telah populer dan banyak yang mencobanya sebagai konsumsi sehari-hari.

Itu dia lima istilah kopi yang populer di kalangan pecinta kopi. Sebagai pecinta kopi khususnya buat teman kuliner yang masih pemula, tentu tidak mau dong ketinggalan info-info dan fakta menarik tentang kopi yang bisa menambah pengetahuan kamu? Makanya. pantengin terus artikel PergiKuliner. Dan buat teman kuliner yang kepingin ngopi, PergiKuliner sudah punya lima rekomendasi coffee shop enak di bawah ini!

FC Coffee

Foto FC Coffee
Foto FC Coffee
Foto FC Coffee

kopimanyar

Foto kopimanyar
Foto kopimanyar
Foto kopimanyar

Kenal Coffee

Foto Kenal Coffee
Foto Kenal Coffee
Foto Kenal Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?