Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jajanan Kaki Lima Khas Palembang yang Wajib Dicicip

List Artikel
29 Agustus 2018 | 0 Komentar

Pertandingan Asian Games 2018 yang diadakan di dua kota yakni Indonesia dan Palembang membuat kedua kota ini menjadi sorotan di mata orang-orang Asia. Seperti yang kamu tahu, Jakarta dan Palembang tak hanya terkenal akan pariwisatanya, tapi juga kuliner-kulinernya, terutama jajanan kaki lima. Jika Jakarta yang terkenal akan kerak telor dan asinannya, Palembang terkenal akan pempeknya. Tapi tahukah kamu kalau ternyata masih ada lima jajanan kaki lima khas Palembang yang rasanya sangat enak sehingga wajib kamu icip saat datang ke Palembang, yaitu:

 

1. Srikaya Ketan


Sumber : Detik.net.id 


Berbicara tentang jajanan khas Palembang pasti tak akan lepas dari srikaya ketan. Sesuai dengan namanya, srikaya ketan ini merupakan campuran dari ketan dan srikaya yang dimasak dengan cara dikukus. Biasanya srikaya ketan ini memiliki warna hijau untuk adonan srikaya dan putih untuk adonan ketan. Cita rasanya manis dan gurih karena terdapat campuran gula dan santan di dalamnya.


2. Lenggang


Sumber : Idntimes.com


Berbeda dengan pempek, lenggang dibuat dengan cara yang mudah dan sangat simpel karena hanya menggunakan campuran tepung, ikan, dan telur yang dimasak dalam wadah kotak yang terbuat dari daun pisang lalu dibakar di atas arang hingga kering dan tidak ada cairan lagi di dalamnya. Berhubung menggunakan daun pisang dan dibakar di atas arang, maka sudah pasti kuliner ini memiliki aroma wangi yang sangat khas dan menggoda.


3. Kue Gandus


Sumber : Masakankoki.com


Jajanan yang sekilas mirip dengan kue talam ini memang sering membuat kamu keliru. Tapi jika kamu melihat bagian atasnya yang diberi taburan bawang goreng, ebi kering, daun seledri, dan cabai merah, ini adalah tanda kalau jajanan ini bernama kue gabus khas Palembang. Kue ini sangat mudah dijumpai di pasar tradisional karena harganya yang sangat terjangkau. Kue gandus ini terbuat dari campuran santan kental, tepung beras, dan garam sehingga rasanya sangat gurih.


4. Ragit Jala


Sumber : Akurat.co


Masih dengan kuliner yang punya rasa asin dan gurih, kamu bisa mencicip ragit jala yang merupakan roti berbentuk jala yang digulung lalu disajikan bersama dengan kuah kari yang didalamnya terdapat potongan daging sapi. Bahan pembuatan ragit jala ini sangat sederhana karena hanya membutuhkan tepung terigu, air, telur ayam, dan garam. Sedangkan untuk karinya, kamu bisa menggunakan bumbu kari daging.


5. Sate Mawar Mangga


Sumber : Idntimes.com


Terakhir ada jajanan kaki lima yang sedang viral di Palembang, namanya sate mawar mangga. Mendengar namanya pasti kamu akan bingung seperti apa sih jajanan ini? Tapi saat kamu sudah melihatnya, kamu pasti langsung tahu kalau ternyata sate mawar mangga ini sebenarnya hanya sebuah mangga utuh yang dibentuk bentuk mawar lalu ditusuk dengan tusukan sate. Pada bagian atasnya kemudian diberi taburan bumbu yang sesuai dengan seleramu.


Nah, itu dia lima jajanan kaki lima khas Palembang yang bisa kamu cicipi ketika jalan-jalan ke Palembang. Kalau terlalu jauh pergi ke Palembang, kamu bisa kok mencicipi aneka kuliner Palembang di tempat-tempat yang sudah PergiKuliner rekomendasikan di bawah ini!

Pempek Palembang Gaby

Foto Pempek Palembang Gaby
Foto Pempek Palembang Gaby

Pempek Palembang Awan

Foto Pempek Palembang Awan
Foto Pempek Palembang Awan

H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Pempek Megaria

Foto Pempek Megaria
Foto Pempek Megaria
Foto Pempek Megaria

Pempek Sriwijaya

Foto Pempek Sriwijaya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?