Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jajanan Manis Khas Sumatera Barat yang Cocok Jadi Cemilan!

List Artikel
12 Desember 2019 | 0 Komentar

Indonesia memang sangat terkenal akan kekayaan ragam kulinernya. Bukan hanya makanan besarnya saja,tetapi juga jajanan tradisionalnya. Berhubung masyarakat Indonesia terdiri dari suku dan budaya yang sangat bervariasi, maka sudah pasti jajanan tradisionalnya juga berbeda-beda. Salah satu daerah di Indonesia yang punya banyak jajanan tradisionalnya adalah Sumatera Barat. Di Sumatera Barat, kamu bisa menemukan beragam jajanan manis yang pastinya sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan. Buat yang ingin memanjakan diri dengan jajanan manis khas Sumatera Barat, ada lima pilihannya, yaitu:

 

1. Pisang Kapik



Sumber : Idntimes.com


Pertama ada pisang kapik yang merupakan olahan pisang khas Sumatera Barat. Dinamakan pisang kapik karena pisangnya diolah dengan cara dikapik atau dijepit lalu dibakar hingga mengalami proses karamelisasi dan berwarna kecoklatan. Setelah itu dipenyet dengan alat khusus dan yang terakhir adalah ditaburi dengan parutan kelapa yang sebelumnya sudah dimasak dan dicampur dengan gula merah terlebih dahulu.

 

2. Kue Bika Padang



Sumber : Tokopedia.net


Mendengar nama kue bika, pasti yang terbayang dibenakmu adalah bika ambon dari Sumatera Utara. Tapi kue bika yang satu ini berasal dari Padang sehingga dinamakan sebagai kue bika Padang. Kue bika Padang ini memiliki bentuk bulat dengan tampilan yang unik karena bagian bawahnya dialasi dengan daun baru atau daun jati. Citarasa dari kue bika Padang ini memiliki aroma wangi yang unik karena dimasak dengan cara dipanggang di atas tungku tradisional.

 

3. Pinyaram



Sumber : Kidalnarsis.com


Selanjutnya ada pinyaram yang dari segi bentuk dan warnanya memang tampak menarik. Pinyaram punya bentuk bulat kecil dengan aneka pilihan warna-warni yang bisa kamu pilih, mulai dari kuning, hijau, hingga merah muda. Sebenarnya pinyaram ini hampir serupa dengan kue cucur karena bahan pembuatannya dibuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula. Hanya saja bentuknya ini tidak pipih melainkan agak gendut. Kamu bisa menjumpai pinyaram dengan mudah di pasar tradisional atau pedagang kaki lima.

 

4. Pinukuik



Sumber : Bundapintarku.blogspot.com


Pinukuik merupakan jajanan manis khas Sumatera Barat yang tampilannya mirip dengan kue surabi atau kue apem panggang. Pinukuik ini dibuat dari bahan dasar tepung beras, santan, dan gula yang kemudian dipanggang dalam cetakan khusus. Untuk memanggangnya ini, kamu wajib menggunakan tungku arang sehingga cita rasa dan aromanya menjadi sangat tradisional sekali. Biasanya pinukuik ini disantap bersama dengan teh talua.

 

5. Galamai



Sumber : Tilik.id


Terakhir ada galamai yang merupakan dodol khas Sumatera Barat yang paling sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Galamai ini dibuat dari bahan dasar tepung beras ketan, gula aren, dan santan. Cita rasanya sudah pasti legit dan manis dengan tekstur yang kenyal. Galamai biasa disajikan dalam wadah tradisional yang dibuat dari anyaman janur kelapa atau daun pisang. Tapi ada juga yang dijual dalam kemasan plastik.

 

Itulah beberapa jajanan manis khas Sumatera Barat yang bisa kamu jadikan cemilan. Nah, jika kamu jadi kepengen makan cemilan-cemilan manis lainnya bisa coba mampir ke salah satu tempat di bawah ini ya!

Holland Bakery

Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery
Foto Holland Bakery

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Fins Recipe

Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe
Foto Fins Recipe

Pisang Goreng Djakarta

Foto Pisang Goreng Djakarta
Foto Pisang Goreng Djakarta

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?