Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jajanan Tradisional dari Bahan Dasar Telur yang Gurih Enak

List Artikel
21 September 2022 | 0 Komentar

Meski saat ini sudah banyak jajanan modern, jajanan tradisional masih tetap menjadi favorit banyak orang. Jajanan tradisional Indonesia memiliki ciri khas bentuk serta rasa yang berbeda dari jajanan modern. Oleh karena itu jajanan tradisional menjadi sangat disukai. Jajanan Indonesia secara rasa terbagi menjadi dua kategori, yakni yang memiliki rasa asin dan manis. Untuk jajanan tradisional manis biasanya dibuat dengan campuran gula merah sehingga rasanya menjadi lebih legitdan cocok untuk dijadikan sebagai makanan penutup. Sedangkan untuk jajanan dengan rasa yang gurih atau asin lebih cocok dijadikan sebagai camilan saat iseng atau camilan pengganjal rasa lapar. Di bawah ini ada beberapa jajanan pasar dengan rasa gurih yang berbahan dasar telur, yaitu:

 

1. Telur Gulung



Sumber: Pergikuliner.com


Jajanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar telur paling populer adalah telur gulung. Telur gulung dikenal sebagai jajanan kaki lima yang sering muncul di dekat gerbang sekolah. Jajanan ini sebenarnya sangat sederhana karena hanya dibuat dari bahan dasar telur saja yang diberi sedikit garam, lada, dan perasa. Hanya saja untuk menggorengnya dibutuhkan teknik khusus sehingga hasilnya bisa menempel dengan sempurna membentuk gulungan. Gulungan telur dibuat dengan cara menggulung adonan telur menggunakan lidi atau batang bambu di dalam minyak goreng panas.Telur gulung nantinya bisa disantap begitu saja, tapi ada juga yang diberi siraman saus.

 

2. Kerak Telor



Sumber: Fimela.com


Kerak telur sudah sangat dikenal sebagai jajanan tradisional yang dibuat dari bahan dasar telur. Kerak telur adalah jajanan khas Betawi yang dibuat dari bahan dasar telur, ketan, dan bumbu rempah yang dipanggang dengan cara unik yakni memanggangnya menggunakan panci yang dibalik. Kerak telor punya perpaduan banyak rasa, yakni gurih, asin, dan juga manis.

 

3. Telur Dadar Mini



Sumber: Sweetrip.com


Selanjutnya ada telur dadar mini yang tak hanya termasuk jajanan tradisional tetapi juga jajanan kaki lima yang banyak dijumpai di dekat gerbang sekolah dasar. Jajanan tradisional dari telur ini sangat simpel karena hanya menggunakan bahan dasar telur, garam, lada, dan irisan daun bawang. Semua bahan-bahan dicampur rata dan dimasak dalam cetakan khusus berbentuk setengah lingkaran dengan diameter sekitar 3 cm. Setelah dimasak hingga matang, telur dadar mini akan disajikan bersama dengan siram saus asam, manis, dan pedas.

 

4. Cilur



Sumber: Orami.co.id


Jajanan tradisional dari bahan dasar telur yang paling populer saat ini adalah cilur. Cilur adalah singkatan dari cilok dan telur. Sesuai dengan namanya, cilur memang dibuat dari dua bahan dasar utama yakni cilok dan telur. Untuk membuatnya, kamu harus membuat cilok seperti biasa. Hanya saja ukurannya dibuat lebih kecil. Nanti setelah matang, adonan cilok yang sudah direbus akan dicampurkan ke dalam telur dan digoreng hingga bagian luarnya matang.

 

5. Maklor



Sumber: Rasabunda.com


Jajanan tradisional berbahan dasar telur yang terakhir adalah maklor. Maklor adalah singkatan dari makaroni telur. Jadi nantinya hanya akan menggunakan dua bahan utama, yakni makaroni dan telur. Tentu saja akan ada bahan tambahan lain seperti bumbu rempah di dalamnya. Untuk membuat maklor ini, makaroni harus direbus terlebih dahulu baru dicampur dengan telur dan dimasak dengan cetakan khusus berbentuk setengah lingkaran hingga matang. Setelah matang, barulah maklor akan disiram dengan saus pedas.

 

Itulah jajanan tradisional dari bahan dasar telur yang gurih dan enak. Jajanan tradisional berbahan dasar telur mana yang paling sering kamu beli saat sekolah dulu?

Eggtime

Foto Eggtime
Foto Eggtime
Foto Eggtime

Blacklisted

Foto Blacklisted
Foto Blacklisted
Foto Blacklisted

La Moda

Foto La Moda
Foto La Moda
Foto La Moda

Mister Sunday

Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?