Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jajanan Tusuk dari Asia Timur Ini Punya Rasa yang Nampol

List Artikel
22 September 2019 | 0 Komentar

Suka menyantap kuliner yang ditusuk? Indonesia memiliki banyak ragam kuliner yang ditusuk, beberapa di antaranya termasuk kuliner kaki lima dan juga jajanan kaki lima. Misalkan saja sate, sempol ayam, singkong sundut, cimol dan masih banyak lagi. Kuliner yang ditusuk ini memiliki keunggulan tersendiri dibanding dari kuliner lainnya. Pertama adalah karena unik dan kedua adalah karena mudah menyantapnya. Biasanya tusukan yang digunakan ini bisa terbuat dari bambu atau batang lidi. Ternyata kuliner yang ditusuk ini tidak hanya bisa kita jumpai di Indonesia, tapi juga ada di beberapa negara Asia, termasuk Asia Timur. Di Asia Timur ini, ada lima jajanan tusuk yang cita rasanya lezat. Ada yang manis dan gurih. Yuk, coba lihat ada jajanan tusuk apa saja!

 

1. Dango dari Jepang



Sumber : Favy-jp.com


Jajanan pertama yang ditusuk adalah kue dango dari Jepang. Kue ini memang sering kita lihat di anime atau komik ketika masih kecil. Dango merupakan kue berbentuk bulat-bulat yang kemudian ditusuk dengan tusukan sate. Kue ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung ketan. Biasanya pada bagian dalamnya diberi gula atau kacang merah. Setelah bahan-bahan dicampur dengan rata, dango kemudian dikukus atau direbus lalu ditusuk dan disajikan. Biasanya dango disajikan bersama dengan taburan kedelai bubuk.

 

2. Odeng dari Korea Selatan


Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada odeng yang merupakan jajanan tusuk asal Korea Selatan. Sekilas bentuknya memang seperti usus yang besar. Padahal jajanan ini bukan terbuat dari usus melainkan dari ikan yang dihaluskan lalu dicampur dengan tepung dan dibentuk lembaran. Odeng sering dijuluki sebagai fish cake atau kue ikan karena memang dibuat dari ikan. Odeng disajikan bersama dengan kuah sehingga cocok disantap saat malam hari.

 

3. Bing Tanghulu dari China



Sumber : Onthegas.org


Bing tanghulu atau yang lebih dikenal dengan nama tanghulu merupakan manisan buah yang ditusuk. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar buah-buahan seperti strawberry, kiwi, apel, jeruk sunkist, anggur dan lain sebagainya. Semua bahan dari buah-buahan ini dicuci bersih lalu dilapisi dengan sirup gula hingga mengeras. Biasanya jajanan ini disantap ketika musim panas karena terasa manis dan segar.

 

4. Gui Hua Gao dari Tiongkok



Sumber : Imstillhungry.net


Melihat tampilannya sekilas, beberapa dari kita pasti menganggap kalau gui hua gao ini merupakan jajanan yang dibuat dari buah-buahan. Padahal aslinya kuliner ini terbuat dari beras ketan dan bunga osmanthus. Di dalamnya juga terdapat campuran madu dan kurma sehingga citarasanya manis alami. Jajanan ini awalnya dibentuk dalam loyang lalu kemudian dipotong-potong panjang dan ditusuk dengan tusukan supaya mempermudah dalam menyantapnya.

 

5. Curry Fish Ball dari Hongkong



Sumber : Pinimg.com


Terakhir ada curry fish ball atau bola ikan kari. Sekilas jajanan ini memang mirip cilok ala Indonesia. Kuliner yang berasal dari Hongkong ini memang dibuat dari ikan seperti namanya. Curry fish ball berbahan dasar adonan ikan giling yang dibentuk dan dikukus bersama dengan bumbu. Setelah matang, bola-bola ikan tersebut disiram dengan kuah kari lalu ditusuk dengan tusukan. Cara menyantapnya memang mirip cilok ya!

 

Itulah beberapa jajanan tusuk asal Asia yang cocok untuk cemilan. Kamu sendiri lebih suka menyantap yang mana? nih? Nah, jika kamu ingin menikmati aneka kuliner tersebut bisa mencobanya di salah satu tempat di bawah ini ya!

Endoq Telor Gulung & Cilor

Foto Endoq Telor Gulung & Cilor
Foto Endoq Telor Gulung & Cilor
Foto Endoq Telor Gulung & Cilor

Old Chang Kee

Foto Old Chang Kee
Foto Old Chang Kee
Foto Old Chang Kee

Shigeru

Foto Shigeru
Foto Shigeru

Samjin Amook

Foto Samjin Amook
Foto Samjin Amook
Foto Samjin Amook

Shao Kao

Foto Shao Kao
Foto Shao Kao
Foto Shao Kao

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?