Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jamu Tradisional yang Bisa Sehatkan Badan

List Artikel
19 Maret 2020 | 0 Komentar

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan rempah-rempahnya. Tak heran kalau negara yang terletak di garis katulistiwa ini dulunya menjadi incaran para penjajah. Kamu bisa menemukan beragam jenis rempah, mulai dari kencur, kunyit, lengkuas, jahe, sereh, pala, ketumbar, dan lain sebagainya. Berbicara tentang rempah-rempah Indonesia, ternyata tak hanya bisa membuat rasa masakan jadi lebih lezat, tapi juga bisa dikonsumsi menjadi jamu yang bisa menyehatkan tubuh. Berhubung saat ini negara kita sedang dilanda virus Corona, untuk mencegahnya kamu bisa mengonsumsi aneka jamu tradisional di bawah ini yang dibuat dari rempah2, yaitu:

 

1. Beras Kencur



Sumber: Harapanrakyat.com


Pertama ada beras kencur yang paling terkenal dalam dunia perjamuan Indonesia. Beras kencur dibuat dari bahan dasar beras dan kencur. Loh kok jamu menggunakan beras? Jadi beras yang digunakan adalah beras yang dihaluskan. Meski namanya beras kencur, tapi bahan pembuatannya tak hanya dua itu saja, tetapi ada juga rimpang jahe, asam kawak, biji kedaung, garam dan gula merah atau gula pasir. Rasanya terbilang manis dengan sentuhan sedikit rasa pedas dan teksturnya light. Beras kencur bisa mengobati perut kembung, meringankan batuk, dan juga menghilangkam demam.

 

2. Kunyit Asam



Sumber: Kompas.com


Primadona kedua dalam dunia perjamuan adalah kunyit asem. Tidak seperti beras kencur yang teksturnya light, kunyit asem ini punya tekstur agak kental dengan rasa asam dan agak sedikit pahit. Kunyit asem dibuat dari asam jawa dan kunyit yang diparut lalu dimasak dan disaring. Biasanya kunyit asem ini ditambahkan sedikit gula jawa. Kunyit asem berkhasiat untuk mengobati sariawan, mendinginkan perut yang mual, hingga meringankan nyeri di perut pada saat haid.

 

3. Kunci Suruh



Sumber: Cookpad.com


Kunci suruh mungkin terdengar agak asing bagi beberapa di antara kamu. Kunci suruh ini adalah salah satu ramuan jamu tradisional yang dibuat dari bahan campuran rempah temu kunci, jahe, kunyit, daun sirih, dan asam jawa. Kunci suruh bisa menghilangkan bau badan, mencegah keputihan, menguatkan gigi, dan masih banyak lagi. Untuk rasanya ada campuran asam dan pedas serta sedikit rasa pahit.

 

4. Pahitan



Sumber: Jamutradisional.blogspot.com


Mendengar namanya saja pasti kamu akan merasa takut untuk meminumnya. Ramuan jamu tradisional ini memang punya citarasa yang paling pahit alias terpahit di antara ramuan jamu lainnya. Pahitan dibuat dari bahan dasar sambiloto, bratawali, bidara laut, dara putih, dan pulai. Warnanya agak kehitaman dengan tekstur yang agak kental. Pahitan ini bisa menghilangkan bau badan, menurunkan kolesterol, mencegah jerawat, mengobati gatal-gatal, mencegah perut kembung, dan lain sebagainya.

 

5. Uyup-uyup



Sumber: Suaramuslim.net


Terakhir ada uyup-uyup yang namanya terdengar lucu. Bahan pembuat uyup-uyup ini adalah kencur, kunyit, jahe, temulawak, dan gula jawa. Untuk citarasanya cenderng asam dan manis. Uyup-uyup sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati perut kembung, menghilangkan bau badan, mengobati rasa mual, membuat kulit jadi lebih sehat, memperlancar ASI, dan masih banyak lagi manfaatnya.

 

Itulah beberapa jamu tradisional yang bisa kamu konsumsi untuk menyehatkan badan. Selain kelimanya, masih ada banyak sekali jamu tradisional seperti temulawak, cabai puyang, kudu laos, sinom, dan lain sebagainya. Jadi, jangan malas minum jamu setiap hari ya agar kesehatan badan kita tetap terjaga. 

Suwe Ora Jamu

Foto Suwe Ora Jamu
Foto Suwe Ora Jamu

Acaraki

Foto Acaraki
Foto Acaraki
Foto Acaraki

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Tropicale Juice Bar

Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar
Foto Tropicale Juice Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?