Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Apel Paling Populer di Dunia, Ada Apel Malang Tidak Ya?

List Artikel
28 Februari 2020 | 0 Komentar

Apel merupakan salah satu jenis buah yang menjadi favorit banyak orang karena bisa disantap begitu saja, dijadikan minuman, hingga diolah menjadi aneka makanan lezat. Apel memiliki cita rasa yang manis, tetapi beberapa ada yang manis asam. Sedangkan untuk teksturnya tergantung dari jenis varian apelnya, ada yang teksturnya renyah dan ada  yang empuk. Berbicara tentang buah yang sangat kaya manfaat ini, tahukah kamu kalau ternyata ada ratusan jenis apel yang ada di seluruh dunia. Banyaknya jenis apel ini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari tanah dan cuaca setempat, hingga perpaduan bibit yang digunakan. Dari sekian banyaknya jenis apel yang ada di dunia, lima di bawah ini adalah yang paling terpopuler, yaitu:

 

1. Apel Fuji



Sumber : Shopify.com


Pertama ada apel fuji yang paling terkenal di dunia. Apel ini punya warna merah yang sangat menggoda. Nama apel ini memang diambil dari nama pegunungan di Jepang yaitu Gunung Fuji. Apel ini sudah ada di Jepang sejak tahun 1930-an, tapi di dunia baru mulai populer pada tahun 1980-an. Cita rasanya cenderung manis seperti perpaduan madu dan jeruk. Sementara teksturnya yang garing sehingga lebih sering disantap begitu saja atau dijadikan keripik.

 

2. Apel Royal Gala



Sumber : Chaeliesfruitwholesale.com.au


Apel royal gala atau yang dikenal dengan nama apel gala merupakan salah satu jenis apel yang mirip apel fuji. Hanya saja ukurannya lebih besar. Untuk teksturnya terbilang empuk tapi padat. Sedangkan cita rasanya manis dengan ada sedikit aroma bunga. Apel gala ini asalnya dari Selandia Baru dan sudah ada sejak tahun 1930-an. Apel gala banyak digunakan sebagai salad atau disantap begitu saja.

 

3. Apel Red Delicious



Sumber : Shopify.com


Dari sekian banyak jenis apel yang ada di dunia, apel red delicious ini termasuk jenis apel tertua di dunia karena sudah ada sejak tahun 1870-an. Apel red delicious memiliki ciri khas tampilan yang merah merona dengan ukuran yang lebih ramping dan kecil jika dibandingkan jenis apel lainnya. Untuk cita rasanya, apel red delicious terbilang cukup manis. Teksturnya empuk dengan ada sedikit tekstur tepung di dalamnya.

 

4. Apel McIntosh



Sumber : Naturehills.com


Selanjutnya ada apel McIntosh yang merupakan apel asal Amerika Serikat. Apel ini diberi nama sesuai dengan penemunya yakni John McIntosh. Apel yang warnanya merah kekuningan ini ditemukan pada tahun 1811. Masyarakat Amerika sangat suka dengan apel McIntosh karena teksturnya yang lembut. Sementara cita rasanya cenderung asam dengan campuran manis di dalamnya. Apel McIntosh lebih banyak diolah menjadi saus, selai, jus, hingga sari buah.

 

5. Apel Honeycrisp



Sumber : Vox.com 


Terakhir ada apel honeycrisp yang merupakan jenis apel baru karena kemunculannya sekitar 20 tahun yang lalu. Apel honeycrisp ini memiliki warna merah yang tidak dominan dengan campuran warna kuning kehijauan. Cita rasanya manis dengan tekstur yang renyah dan garing sesuai dengan namanya. Apel honeycrips banyak digunakan pada campuran salad buah, pai, serta makanan yang dipanggang karena teksturnya yang tidak mudah lembek.

 

Itulah beberapa jenis apel yang populer di dunia. Sayangnya apel Malang tidak termasuk di dalamnya. Tapi jangan khawatir, apel Malang ini termasuk jenis apel yang populer di Indonesia kok. Cita rasanya yang manis asam serta teksturnya yang renyah dan garing membuatnya sangat disukai. Semoga nantinya apel Malang bisa lebih dikenal di dunia dan bersanding dengan lima jenis apel di atas ya! Nah, sekarang mari simak dulu yuk beberapa referensi tempat makan yang menyajikan menu buah-buahan yang sehat dan nikmat yang bisa kamu cicipi!

The Local Garden

Foto The Local Garden
Foto The Local Garden
Foto The Local Garden

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Acai Parlor

Foto Acai Parlor
Foto Acai Parlor

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?