Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Cokelat yang Ada di Dunia, Kamu Harus Tahu!

List Artikel
25 September 2018 | 0 Komentar
Cokelat adalah salah satu kudapan yang kehadirannya nggak pernah ditolak oleh siapapun, karena selain rasanya yang enak serta cokelat juga dipercaya bisa membuat bahagia. Cokelat berasal dari biji pohon kakao, yang kemudian diolah menjadi beberapa produk olahan seperti cemilan, minuman sampai produk untuk bahan dasar kue. Disajikan dalam bentuk apa pun olahan makanan atau minuman dari biji kakao ini tetap banyak peminatnya. Nggak hanya satu jenis, nyatanya ada banyak sekali jenis cokelat yang beredar di dunia. Meskipun memiliki warna yang hampir sama, setiap jenis cokelat rupanya memiliki kandungan pasta cokelat dan lemak cokelat yang berbeda sebagai ciri khasnya. Kamu wajib tahu nih lima jenis cokelat yang ada di dunia biar kamu nggak sembarangan mengolahnya, yuk simak beberapa jenisnya di bawah ini!

1. Cokelat Couverture


Sumber : PergiKuliner.com

Kata couverture berasal dari kata Perancis yang artinya melapisi. Oleh karena itu sesuai dengan artinya maka cokelat jenis ini sering digunakan sebagai bahan dasar untuk melapisi kue, dessert, dan pembuatan kue lainnya. Cokelat ini juga mengandung lemak yang lebih tinggi yaitu 32 – 39% sehingga memberikan cita rasa yang lebih enak dibandingkan cokelat jenis lainnya, dan warnanya lebih mengilap. Couverture chocolate biasanya tersedia dalam bentuk bittersweet, semisweet, dan white chocolate. Cocok untuk membuat coklat praline, truffle, dan permen cokelat lainnya.

2. Cokelat Bubuk



Sumber : Cariwaralaba.com

Sesuai namanya, jenis cokelat yang satu ini berbentuk bubuk dan terbuat dari cocoa asli. Sebagian besar cocoa powder mengandung lemak cokelat, tetapi semuanya nggak mengandung pemanis buatan. Cokelat bubuk yang berwarna pekat dan beraroma pahit sangat berguna karena mempunyai sifat mengeringkan adonan kue. Sedangkan, cokelat bubuk untuk minuman atau sarapan (kadar lemak cokelat di atas 22%) biasanya digunakan dalam pembuatan susu bubuk cokelat dan cokelat bubuk yang diproses dengan teknik dutch.

3. Cokelat Compound



Sumber : Wikipedia.org

Cokelat compound komposisinya hampir sama dengan cokelat couverture, tetapi cocoa butter yang ada digantikan oleh lemak nabati seperti minyak kelapa atau soya. Compound Chocolate ini rasanya tidak terlalu manis. Cokelat ini lebih banyak digunakan dalam membuat cokelat dekorasi karena harga nya yang lebih murah. Cokelat compound terbagi menjadi 3 jenis, yaitu: dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate.


4. Cokelat Butir




Sumber : Ukocicek.cz


Disebut juga rice chocolate, produk coklat yang satu ini dibuat dari bubur coklat padatan atau coklat murni, lemak coklat, minyak goreng, gula, susu, essence dan lesitin. Bentuknya mirip dengan beras, dan terkadang juga hadir dalam aneka warna. Coklat butir ini biasa digunakan sebagai penambah rasa untuk kue, roti, martabak, donat, es krim dan sebagai penghias makanan.


5. Coklat Cair




Sumber : PergiKuliner.com


Cokelat cair adalah produk minuman yang mengandung kadar gula dan massa kakao yang cukup tinggi. Diantaranya terdapat cokelat dengan tambahan gula dan susu, maupun cokelat berbahan kakao murni tanpa campuran apa pun. cokelat murni, atau disebut juga kakao murni, nggak mengandung gula atau susu. Sudah pasti kakao murni memiliki kalori yang lebih rendah ketimbang yang ada kandungan gula dan susu, sehingga lebih aman bagi yang sedang program diet.


Nah itu dia tadi jenis-jenis cokelat yang ada di dunia. Kamu sudah pernah coba yang mana saja nih? Sekarang sudah nggak bingung lagi dong ya bedainnya. Buat yang jadi ngiler karena kita bahas cokelat, langsung aja yuk serbu tempat di bawah ini yang menyajikan cokelat super enak di Jakarta. Atau kamu bisa cek langsung di aplikasi PergiKuliner ya untuk versi lengkapnya!

Better Chocolate Than Never

Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never
Foto Better Chocolate Than Never

BRUN Premium Chocolate

Foto BRUN Premium Chocolate
Foto BRUN Premium Chocolate
Foto BRUN Premium Chocolate

Pipiltin Cocoa

Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa
Foto Pipiltin Cocoa

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?