Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Dimsum yang Paling Populer di Indonesia

List Artikel
26 Januari 2023 | 0 Komentar

Dimsum merupakan kuliner dari China yang sangat terkenal di dunia. Di negara asalnya, nama dimsum diartikan sebagai makanan yang berbentuk kecil. Dimsum awalnya hanya disantap sebagai menu sarapan karena bentuknya yang cukup kecil sehingga cocok untuk dijadikan sebagai teman minum teh. Tapi lama kelamaan, dimsum kemudian juga disantap dalam berbagai kesempatan. Dimsum umumnya disajikan dengan kukusan yang terbuat dari bambu karena kuliner ini lebih banyak dimasak dengan cara dikukus dibanding digoreng. Dari sekian banyak jenis dimsum, ada lima yang paling popular dan menjadi kegemaran masyarakat Indonesia, yaitu:

 

1. Shiomai



Sumber: Pergikuliner.com


Shiomai adalah dimsum yang terbuat dari aneka daging giling yang dibungkus dengan kulit berwarna kekuningan lalu dibentuk bunga dan dihias dengan telur kepiting di atasnya. Di China, shiomai menggunakan daging babi. Shiomai atau siomay yang ada di Indonesia sudah diadaptasi dari segi isi. Shiomai di Indonesia terbuat dari daging ikan, udang, atau ayam yang dibungkus kulit pangsit lalu dikukus hingga matang.

 

2. Hakau



Sumber: Pergikuliner.com


Di urutan kedua ada hakau yang dari segi penampilannya terlihat sangat cantik karena memiliki warna yang transparan dengan bentuk kerang yang indah. Hakau terbuat dari cincangan udang yang dibungkus dengan kulit khusus lalu dikukus hingga matang. Hakau memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga saat digigit, bagian isinya langsung lumer di mulut.

 

3. Xiao Long Bao



Sumber: Pergikuliner.com


Xiao long bao merupakan dimsum yang bentuknya mirip dengan kuncup bunga karena pada bagian atasnya terdapat kerutan yang mengerucut. Dari luar, xiao long bao terlihat seperti dimsum yang memiliki kulit tebal, tapi saat digigit ternyata kulitnya sangat tipis dan di dalamnya selain terdapat aneka isian juga ada kuah kaldu sehingga membuat perpaduan tektsurnya sangat beragam. Xiao long bao lebih banyak dijual dengan warna yang beragam seperti warna pelangi.

 

4. Cha Siu Bao



Sumber: Pergikuliner.com


Mendengar namanya pasti terasa asing, padahal cha siu bao ini adalah roti kukus atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama bakpau. Cha siu bao aslinya meerupakan roti kukus yang berisi daging babi cincang, tapi sekarang ada banyak pilihan isian seperti kacang hijau, kacang merah, daging ayam, telur asin, hingga sayuran. Tak seperti roti kebanyakan, tekstur cha siu bao sangat lembut seperti kapas.

 

5. Phoenix Claws



Sumber: Pergikuliner.com


Phoenix claws atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan nama chicken feet atau ceker ayam ini tak pernah ketinggalan dalam daftar dimsum favorit masyarakat Indonesia. Ceker ayam yang memiliki sedikit daging dan banyak tulang rawan biasanya dimasak dengan cara dikukus atau direbus bersama dengan saus hitam atau saus douchi hingga matang, meresap, dan tulang rawannya menjadi empuk.


Itu dia kelima jenis dimsum yang paling populer di Indonesia. Dari kelima jenis dimsum di atas, kira-kira mana yang jadi favorit kamu nih, teman PergiKuliner? Kalau kamu masih bingung menentukan yang mana jenis dimsum favorit kamu, mending langsung aja cobain dimsum enak di tempat makan yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya di bawah ini!

Haka Dimsum Shop

Foto Haka Dimsum Shop
Foto Haka Dimsum Shop
Foto Haka Dimsum Shop

Winglok Hongkong Dimsum

Foto Winglok Hongkong Dimsum
Foto Winglok Hongkong Dimsum
Foto Winglok Hongkong Dimsum

One Dimsum

Foto One Dimsum
Foto One Dimsum
Foto One Dimsum

Yinyang Dimsum

Foto Yinyang Dimsum
Foto Yinyang Dimsum
Foto Yinyang Dimsum

Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar

Foto Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar
Foto Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar
Foto Ocean 8 Seafood & Dimsum Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?