Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Es Krim Berdasarkan Bentuknya, Kamu Suka yang Mana?

List Artikel
7 Juli 2019 | 0 Komentar
Siapa tak suka es krim? Es krim merupakan salah satu dessert yang sangat terkenal di dunia. Kuliner bersensasi dingin ini disukai semua kalangan masyarakat dan usia karena bisa menjadi penyegar saat cuaca sedang terik. Es krim memiliki bahan baku utama susu yang dicampur sehingga nilai gizinya cukup tinggi. Dilihat dari sejarahnya, es krim sudah ada sejak zaman Romawi kuno. Es krim memiliki banyak jenis, bentuk, dan cita rasa. Dari sekian banyak jenis es krim di dunia, ada lima jenis es krim yang populer berdasarkan bentuknya, yaitu:

1. Es Krim Bucket


Sumber : Pergikuliner.com

Pertama ada es krim bucket yang berbentuk wadah mangkok. Es krim bucket menjadi bentuk es krim yang paling sering kamu jumpai karena bentuknya yang paling simpel. Es krim bucket ini memiliki beberapa ukuran, mulai dari kecil untuk disantap sendiri hingga yang berukuran besar sehingga cukup disantap untuk satu keluarga. Cara menyantap es krim ini cukup dengan menggunakan sendok yang biasanya berbentuk kayu.

2. Es Krim Cone


Sumber : Pergikuliner.com

Jenis es krim yang paling terkenal adalah jenis es krim yang bagian bawahnya berbentuk cone yang di bagian bawahnya dilapisi dengan waffle tipis membentuk kerucut atau corong. Es krim cone ini punya sejarah unik karena diciptakan secara tidak sengaja pada tahun 1904 oleh Ernest A Hamwi yang menggunakan waffle yang digulung lalu diberi es krim di atasnya. Bentuk inovasi lainnya dari es krim cone adalah taiyaki yang menggunakan kue berbentuk ikan untuk menggantikan waffle.

3. Es Krim Tangkai



Sumber : Pergikuliner.com

Es krim tangkai atau yang juga dijuluki dengan nama ice cream stick merupakan jenis es krim yang pada bagian bawahnya ditusuk dengan tusukan atau stick. Tekstur dari es krim tangkai ini lebih padat jika dibandingkan es krim bucket dan es krim cone. Cita rasa yang dihadirkan es krim tangkai ini jauh lebih segar karena biasanya diberi campuran rasa buah-buahan seperti jeruk, strawberry, mangga, semangka, dan lain sebagainya. Tapi selain rasa buah-buahan juga ada rasa manis seperti cokelat, vanila, dan susu. 

4. Es Krim Parfait


Sumber : Pergikuliner.com

Selanjutnya ada es krim parfait yang sekilas mirip dengan sundae. Perbedaan dari es krim parfait dan sundae ini terletak pada penambahan bahan-bahan topping lainnya. Es krim parfait merupakan es krim yang disajikan di dalam gelas kaca transparan lalu diberi aneka isian topping seperti buah-buahan segar, meises, kacang, wafer, dan saus cokelat atau strawberry. Jenis es krim parfait ini sangat terkenal di Jepang.

5. Es Krim Cake


Sumber : Pergikuliner.com

Terakhir ada es krim berbentuk kue alias es krim cake yang keberadaannya juga sangat terkenal karena sering dijadikan sebagai hadiah atau sajian saat perayaan ulang tahun. Es krim cake ini biasanya tak hanya berisi es krim saja, tapi di dalamnya biasanya ada campuran bolu, biskuit, cokelat serut, hingga buah-buahan segar sehingga cita rasa dan teksturnya jadi lebih beragam.

Itu dia lima jenis es krim berdasarkan bentuknya. Nah, kalau sekarang kamu jadi kepingin makan es krim, gampang banget lho. Kamu bisa buka aplikasi PergiKuliner dan cari es krim favorit di Jakarta atau di daerah sekitar kamu atau kamu bisa langsung lihat rekomendasinya di bawah ini!

Shirokuma

Foto Shirokuma
Foto Shirokuma

La Casa Ice Cream Zangrandi

Foto La Casa Ice Cream Zangrandi
Foto La Casa Ice Cream Zangrandi

Haagen - Dazs

Foto Haagen - Dazs
Foto Haagen - Dazs

Orbit Gelato

Foto Orbit Gelato
Foto Orbit Gelato
Foto Orbit Gelato

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?