Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Ikan Fillet Terfavorit yang Bikin Kamu Nggak Usah Repot Misahin Duri

List Artikel
3 Juli 2018 | 0 Komentar

Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki nilai gizi tinggi. Bahkan kadar gizinya bisa melampui daging ayam dan sapi. Tapi sayangnya, ketenaran ikan berada di bawah keduanya. Hanya sebagian orang yang lebih memiliki untuk menyantap daging ikan dibanding daging ayam dan sapi. Alasan utamanya adalah karena ikan memiliki aroma yang cukup amis sehingga harus diolah menggunakan teknik-teknik khusus. Selain itu, orang malas menyantap ikan karena tidak mau berurusan dengan duri-durinya yang kalau tertelan bisa tersangkut di tenggorokan dan susah untuk dihilangkan. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ada beberapa jenis ikan yang seringkali dimasak tanpa duri karena sudah difillet terlebih dahulu sehingga kamu tak perlu repot memisahkan durinya. Bagaimana jika langsung melihat apa saja jenis-jenis ikan tersebut?


1. Ikan Salmon



Sumber : Pergikuliner.com


Ikan salmon selalu identik dengan kuliner khas Jepang karena sering dijadikan bahan utama sushi dan sashimi sehingga jarang sekali kita melihat ikan yang satu ini masih ada durinya. Ternyata keberadaan fillet salmon ini tak hanya terlihat pada kuliner Jepang saja, tapi juga kuliner Barat seperti steak. Meski memiliki daging yang cukup lembut, tapi tekstur salmon cenderung kenyal. Ketika dijadikan steak, biasanya kulit salmon masih disisakan sehingga ketika dipanggang, dagingnya tidak mudah hancur.


2. Ikan Tuna



Sumber : selerasa.com


Tak jauh berbeda dengan ikan salmon, ikan tuna yang juga merupakan jenis ikan air laut ini kerap kali terlihat pada kuliner Jepang seperti sushi dan sashimi. Meskipun duri dari ikan tuna tergolong lebih besar dibanding duri-duri ikan lainnya, tapi ikan tuna lebih banyak dijual dan diolah dalam bentuk fillet yang sudah dibekukan. Belakangan ini, ikan tuna bisa kamu jumpai dalam menu olahan fusion Indonesia berupa tuna sambal matah yang disajikan dalam menu rice bowl. Tuna yang sudah dipotong-potong kemudian digoreng renyah dan diberi tambahan sambal matah yang segar.


3. Ikan Dori



Sumber : Pergikuliner.com


Kalau jenis ikan yang satu justru sangat identik dengan kuliner fish and chips yang berasal dari Inggris. Ikan dori memiliki tekstur daging yang sangat lembut saat digoreng sehingga harus diberi balutan tepung terlebih dahulu. Ketika disantap, daging ikan dori seperti terasa langsung lumer di mulut. Biasanya ikan dori yang dijadikan fish and chips ini disajikan bersama dengan kentang goreng dan salad sayuran serta tak boleh ketinggalan siraman saus tar-tar atau saus keju yang gurih dan lezat.


4. Ikan Gurame



Sumber : Pergikuliner.com


Jika kamu sering makan di rumah makan tradisional, terutama rumah makan khas Sunda, pastinya kamu akan menemukan menu ikan gurame goreng tepung, gurame saus asam manis, serta sup ikan gurame. Ketiga menu ini tidak menggunakan gurame dengan durinya, melainkan ikan gurame fillet. Untuk ikan gurame goreng tepung, daging ikan yang difillet harus digoreng dengan tepung hingga garing. Cara penyajiannya cukup unik karena badan ikan beserta durinya tidak dibuang dan disajikan bersama gurame filletnya. Hal ini tak jauh berbeda dengan gurame saus asam manis.


5. Ikan Kakap



Sumber : selerasa.com


Terakhir ada ikan kakap yang identik dengan masakan Padang, gulai kepala ikan kakap. Padahal ikan kakap ini juga banyak dijumpai dalam olahan fillet. Salah satu olahan ikan kakap fillet yang paling terkenal adalah kakap asam manis yang proses memasak dan bumbunya tak jauh berbeda dengan gurame asam manis. Hanya saja pada sajian kakap asam manis ini, kamu tidak menemukan badan ikan. Selain dimasak asam manis, ikan kakap juga bisa kamu jumpai pada kuliner steak.

 

Jadi sekarang tidak ada alasan lagi ya untuk tidak makan ikan. Kalau kamu ingin menyantap ikan fillet dengan cita rasa yang lezat, mampir saja ke salah satu restoran di bawah ini!

Fish Streat

Foto Fish Streat
Foto Fish Streat
Foto Fish Streat

Wyl's Kitchen - Veranda Hotel Pakubuwono

Foto Wyl's Kitchen - Veranda Hotel Pakubuwono

The Fctry Bistro & Bar

Foto The Fctry Bistro & Bar
Foto The Fctry Bistro & Bar
Foto The Fctry Bistro & Bar

Sushi Sei

Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei
Foto Sushi Sei

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?