Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Ikan yang Cocok Jadi Hidangan Sup

List Artikel
29 Juli 2023 | 0 Komentar

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, ikan bisa dengan mudah didapat di Indonesia, baik itu ikan air tawar hingga ikan air laut. Masyarakat Indonesia biasanya mengolah ikan dengan cara dibakar dan digoreng. Selain kedua cara memasak tersebut, ikan juga sering direbus untuk dijadikan sebagai sup. Biasanya bumbu yang digunakan untuk sup ikan adalah bumbu pedas atau asam. Penggunaan bumbu asam atau pedas ini juga bisa jadi cara agar bau amis ikan tidak tercium lagi. Jenis ikan yang dijadikan sebagai sup rata-rata memiliki daging yang cukup tebal sehingga tidak mudah hancur. Di bawah ini, ada beberapa pilihan jenis ikan yang cocok untuk dijadikan sebagai sup. Yuk, simak uraiannya!

 

1. Ikan Gurame



Sumber: detik.net.id


Jenis ikan pertama yang sering dijadikan hidangan sup adalah ikan gurame. Ikan gurame memiliki daging yang cukup tebal sehingga tidak mudah hancur saat direbus. Ikan gurame merupakan ikan air tawar yang bentuknya bulat pipih dengan warna kulit keabuan. Ikan gurame yang dijadikan sup akan memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga saat masuk mulut akan terasa lumat. Sup ikan gurame biasanya ditambahkan dengan irisan wortel, kentang, daun bawang, dan seledri.

 

2. Ikan Patin



Sumber: resepkoki.id


Ikan patin menjadi jenis ikan selanjutnya yang juga sering digunakan sebagai hidangan sup. Ikan patin termasuk ikan air tawar dengan daging yang cukup tebal sehingga cocok dijadikan sup. Ikan patin bisa dijumpai dalam dua jenis sup berkuah, yakni sup berkuah bening dan sup berkuah kuning. Masing-masing memiliki ciri khas rasa yang berbeda. Sup ikan patin kuah bening rasanya lebih segar, sedangkan sup ikan kuah kuning lebih aromatik karena banyaknya rempah yang digunakan.

 

3. Ikan Kakap



Sumber: kompas.com


Selanjutnya, ada ikan kakap yang sangat dikenal sebagai ikan untuk aneka sup, baik itu sup bening, sup pedas, hingga sup kuning. Ikan kakap merupakan jenis ikan laut. Ada dua jenis ikan kakap, yakni kakap merah dan kakap putih. Keduanya memiliki tekstur dan rasa yang tak jauh berbeda. Hidangan sup ikan kakap biasanya disertai juga dengan sayuran kemangi, tomat, atau perasan jeruk limau sehingga tidak ada amis yang tercium.

 

4. Ikan Tenggiri



Sumber: pergikuliner.com


Mungkin ada banyak pecinta kuliner yang sudah sangat familiar dengan penggunaan ikan tenggiri yang sering digunakan untuk hidangan sup. Salah satu olahan sup ikan tenggiri yang terkenal adalah tekwan. Tekwan asal Palembang adalah sup yang dibuat dari ikan tenggiri yang digiling lalu ditambahkan tepung tapioka dan aneka bumbu, kemudian direbus bersama dengan bahan tambahan lainnya seperti jamur kuping, bunga sedap malam, irisan seledri, bihun, dan sebagainya. Rasanya sangat gurih dengan tekstur yang cukup kenyal.

 

5. Ikan Tuna



Sumber: topwisata.com


Jenis ikan terakhir yang cocok untuk dijadikan sebagai hidangan sup adalah ikan tuna. Berbeda dengan ikan-ikan di atas yang jika direbus akan memiliki tekstur lembut, ikan tuna justru memiliki tekstur yang cenderung agak padat karena memiliki serat yang besar. Ikan tuna yang dijadikan sup akan dipotong agak besar sehingga tidak mudah hancur. Kebanyakan sup ikan tuna menggunakan bumbu kuning atau bumbu merah pedas, karena kaya akan rempah sehingga bisa menghilangkan aroma amis dari ikan tuna yang termasuk jenis ikan air laut.

 

Itulah beberapa jenis ikan yang cocok untuk dijadikan sebagai hidangan sup. Kamu sendiri lebih sering mengonsumsi ikan yang mana? Buat yang suka menyantap ikan, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat makan yang menyajikan olahan ikan lezat. Yuk, mampir!

Tsamara Resto & Function Hall

Foto Tsamara Resto & Function Hall
Foto Tsamara Resto & Function Hall
Foto Tsamara Resto & Function Hall

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Radja Gurame

Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame
Foto Radja Gurame

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan

Foto Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan
Foto Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan
Foto Pondok Ikan Bakar Khas Kalimantan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?