Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Kacang Terpopuler di Dunia dan Manfaatnya untuk Tubuh

List Artikel
10 April 2019 | 0 Komentar

Kacang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering digunakan atau diolah menjadi beragam menu makanan dan minuman yang lezat, contohnya saja seperti praline truffle cokelat, susu almond, tumis ayam kacang mede dan lain sebagainya. Selain itu, kacang juga  memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat kesehatan untuk tubuh sering dijadikan sebagai menu diet sehat. Biasanya kacang yang digunakan untuk diet diolah terlebih dahulu dengan cara disangrai atau dipanggang hingga matang, baru kemudian ditaburkan di atas salad atau smoothie bowl. Dari sekian banyak jenis kacang yang ada di dunia, ada lima yang paling populer dan banyak digunakan, yaitu:

 

1. Kacang Almond



Sumber : Organicfacts.com


Pertama ada kacang almond yang memiliki bentuk lonjong seperti tetesan air mata. Tekstur luarnya terbilang cukup keras, tetapi bagian dalamnya sangat empuk. Kacang almond biasanya dijual dalam bentuk utuh atau irisan tipis-tipis sehingga mudah diolah kembali. Kacang almond memiliki manfaat mengontrol nafsu makan sehingga kamu yang sedang diet bisa mengurangi berat badan dengan menyantap almond. Selain itu, kacang almond juga bisa mencegah resiko kanker, memperkuat tulang dan meningkatkan kekebalan tubuh.

 

2. Kacang Mede



Sumber : Keepfitkingdom.com


Jenis kacang kedua yang terpopuler setelah almond adalah kacang mede. Kacang mede merupakan jenis kacang yang aslinya berasal dari buah-buahan, yakni jambu. Jambu mede merupakan tanaman yang berasal dari Brazil. Pada bagian dasar buah, ada kacang yang jika dikeringkan dan digoreng bisa menjadi camilan enak. Kacang mede memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung, memperlancar pencernaan, dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

 

3. Kacang Kenari



Sumber : Medicalnewstoday.com


Kacang kenari atau walnut lebih sering digunakan oleh masyarakat Eropa dan Amerika karena di negara-negara Asia, jenis kacang ini memang tergolong sulit untuk ditemukan. Kacang kenari ini kebanyakan dijual dalam dua bentuk, yakni yang masih ada kulitnya dan yang tidak ada kulitnya. Kacang kenari memiliki manfaat bisa mengurangi resiko diabetes, menjaga kesehatan jantung, mengurangi kadar stres dalam tubuh, dan mengurangi resiko terkena kanker payudara.

 

4. Kacang Pistaschio



Sumber : Freshaprilflours.com


Jika biasanya biji kacang berwarna kecoklatan, kacang pistaschio justru berwarna kehijauan. Kacang pistaschio merupakan jenis kacang yang paling banyak digunakan pada olahan dessert dan kue selain kacang almond. Kacang pistaschio bisa dijadikan isian pie, biskuit, es krim, cake, dan lain sebagainya. Kacang ini bisa mengurangi resiko diabetes, mencegah kanker, mengurangi tekanan darah tinggi, dan bisa menyembuhkan atritis reumatoid atau peradangan kronis pada sendi.

 

5. Kacang Hazelnut



Sumber : Medicalnewstoday.com


Yang terakhir ada kacang hazelnut yang memiliki bentuk bulat dan berwarna cokelat muda. Kacang hazelnut ini banyak ditemukan di negara Turki, Italia, Yunani, Inggris, Spanyol dan Amerika Serikat. Kacang ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung, membantu menyembuhkan atritisi reumatoid, mencegah terjadinya alzeimer dan mencegah datangnya penyakit kanker.

 

Setelah mengetahui beberapa manfaat tersebut, kamu tak akan ragu lagi bukan untuk mengonsumsi kacang-kacang di atas? Nah, untuk memenuhi manfaat dari kacang-kacangan tersebut kamu bisa menikmati aneka smoothie bowl yang ada di bawah ini ya!

Beets and Bouts

Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts
Foto Beets and Bouts

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell

Back Office Bistro

Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro

Nalu Bowls

Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls
Foto Nalu Bowls

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?