Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Krim yang Paling Sering Digunakan sebagai Isian Pastry

List Artikel
29 Desember 2023 | 0 Komentar

Krim dalam industri kuliner sangat identik dengan cake dan pastry. Krim dipergunakan untuk melapisi kue hingga dijadikan sebagai isian. Dengan menambahkan krim, maka cake dan pastry akan memiliki rasa yang lebih enak, teksturnya juga bisa menjadi lebih kaya. Krim pada umumnya memiliki tekstur yang cenderung kental dan creamy dengan rasa yang pastinya manis. Krim biasanya dibuat dari tiga bahan dasar, yakni susu, telur, dan tepung. Namun, tentu saja selain ketiga bahan tersebut, ada juga bahan tambahan lainnya tergantung dari jenis krimnya. Dari sekian banyak jenis krim, berikut ini ialah 5 jenis krim yang paling sering digunakan sebagai isian pastry.

 

1. Custard Cream



Sumber: cookingwithmanuela.com


Jenis krim yang paling sering digunakan sebagai isian pastry adalah custard cream. Custard cream atau yang juga kerap disebut sebagai krim vla adalah krim yang dibuat dari bahan dasar tepung maizena, susu, kuning telur, dan gula pasir. Semua bahan ini dimasak bersama hingga membentuk krim, lalu ditambahkan vanila sehingga aromanya menjadi wangi. Custard cream memiliki tampilan warna yang agak kekuningan karena adanya kuning telur dalam komposisinya. Selain itu, teksturnya cenderung tidak terlalu kental tetapi juga tidak terlalu encer. Custard cream ini paling sering digunakan dalam dunia pastry, yakni sebagai isian kue sus hingga croissant.

 

2. Mousseline Cream



Sumber: embassychocolate.com


Mousseline cream merupakan jenis krim yang juga sering digunakan sebagai isian pastry. Mousseline cream adalah krim yang terbuat dari perpaduan custard cream dengan butter cream. Keduanya dicampurkan secara merata dengan cara dikocok hingga mengembang betul dan menghasilkan tekstur yang lembut dan ringan.  Krim ini berasal dari Prancis dan sering digunakan sebagai isian pastry seperti croissant hingga choux. Agar kamu bisa membedakannya dengan mudah, mousseline cream ini memiliki tampilan warna yang sedikit lebih pucat jika dibandingkan dengan custard cream.

 

3. Anglaise Cream



Sumber: recipewinners.com


Anglaise cream dari segi tampilannya sangat mirip dengan mousseline cream sehingga sulit membedakan keduanya. Tapi jika kamu mengecek teksturnya, kamu pasti akan menemukan perbedaan yang cukup kentara. Pasalnya, anglaise cream ini tidak menggunakan campuran tepung maizena sehingga teksturnya jauh lebih encer jika dibandingkan dengan mousseline cream. Oleh karena itu, sebelum digunakan, disarankan untuk menyimpan anglaise cream ke dalam kulkas terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lebih padat. Tidak hanya sering digunakan sebagai isian pastry, anglaise cream juga sering digunakan dalam lapisan puding dan cake.


4. Diplomat Cream



Sumber: theflavorbander.com


Jika mousseline cream dibuat dengan mencampurkan custard cream dengan butter cream, maka diplomat cream terbuat dari campuran custard cream dengan whipped cream. Inilah yang membuat teksturnya menjadi lebih kokoh tapi tetap ringan. Meskipun tampilan dan teksturnya mirip dengan mousseline, diplomat cream memiliki perbedaan rasa yang mencolok karena kehadiran lemak susu sapi dalam campurannya. Rasanya tentu lebih kaya dan creamySaat disantap, diplomat cream terasa lebih ringan jika dibandingkan dengan mousseline cream sehingga tidak mudah menimbulkan sensasi eneg.

 

5. Chantilly Cream



Sumber: theendlessmeal.com


Jenis cream yang terakhir adalah chantilly cream. Tampilan krim ini mirip dengan butter cream karena memiliki warna yang agak keputihan dengan tekstur yang kokoh dan kental. Untuk membuat krim ini, kamu perlu mencampurkan gelatin dan icing sugar. Karena menggunakan kedua bahan tersebut, krim ini sangat mudah meleleh meskipun terlihat kokoh. Oleh karena itu, chantilly cream biasanya baru akan ditambahkan sebagai isian pastry saat pastry tersebut akan disajikan.

 

Itulah lima jenis krim yang paling sering digunakan sebagai isian pastry. Semoga informasi di atas bisa membantu kamu dalam mengenali isian pastry dengan lebih baik, ya. Buat kamu yang suka menyantap pastry, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang menyajikan ragam pilihan pastry yang menggugah selera!

Olive Tree House of Croissants

Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants
Foto Olive Tree House of Croissants

Oui! Croissant Bar

Foto Oui! Croissant Bar
Foto Oui! Croissant Bar
Foto Oui! Croissant Bar

Khoe Pek Goan Bloemenstad

Foto Khoe Pek Goan Bloemenstad
Foto Khoe Pek Goan Bloemenstad
Foto Khoe Pek Goan Bloemenstad

Social Affair Coffee & Baked House

Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House
Foto Social Affair Coffee & Baked House

Becca's Bakehouse

Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse
Foto Becca's Bakehouse

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?