Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Martabak Gurih yang Ada di Seluruh Dunia

List Artikel
2 Februari 2020 | 0 Komentar

Martabak merupakan salah satu kuliner yang masuk dalam jajaran street food kesukaan masyarakat Indonesia. Martabak disukai karena punya cita rasa yang lezat dan porsinya lumayan banyak sehingga cocok untuk disantap beramai-ramai. Di Indonesia sendiri, martabak terbagi menjadi dua jenis, yakni martabak manis dan martabak gurih. Untuk martabak manis atau martabak bulan biasanya diberi topping keju, meises, kacang, cokelat dan lain sebagainya. Sedangkan untuk martabak gurih yang merupakan martabak telur, di dalamnya terdapat telur, daging cincang, dan daun bawang. Berbicara tentang martabak gurih, tahukah kamu kalau ternyata martabak gurih ini tak hanya dimiliki oleh Indonesia saja. Ada beberapa negara yang juga memiliki beberapa menu martabak gurih lho, coba simak satu-satu yuk ada martabak apa saja!

 

1. Muttabaq dari Yaman



Sumber : Butfirstchai.com


Pertama ada muttabaq dari Yaman. Sebenarnya muttabaq ini adalah nama lain dari martabak yang ada di Timur Tengah. Dan di Yaman, martabak juga dijuluki dengan nama muttabaq. Muttabaq ala Yaman memiliki tampilan yang tak jauh berbeda dari martabak kebanyakan. Hanya saja untuk isiannya hanya menggunakan daging sapi cincang saja. Muttabaq Yaman disajikan bersama dengan kuah kari yang punya cita rasa pedas. Perbedaannya dari kari India adalah saus kari yang digunakan pada muttabaq Yaman warnanya lebih cokelat pekat.

 

2. Mhajeb dari Afrika



Sumber : Ytimg.com


Selanjutnya ada mhajeb yang asalnya dari Afrika, tepatnya Afrika Utara. Mhajeb adalah martabak yang bentuknya sedikit berbeda dari martabak kebanyakan. Bentuknya lebih kecil dengan ketebalan yang lebih tipis sehingga menjadikan teksturnya jadi lebih garing dan renyah. Mhajeb juga punya ciri khas lain yang membedakannya dari martabak lainnya yakni pada bagian dalamnya terdapat tambahan isian saus tomat sehingga cita rasanya tak hanya gurih, tetapi juga asam manis.

 

3. Gozleme dari Turki



Sumber : Bestrecipes.com


Turki tak hanya terkenal akan es krim dan permennya saja, tetapi juga ada martabak yang tak kalah lezatnya dari dua jenis martabak gurih di atas. Martabak ala Turki dinamakan gozleme. Gozleme ini punya tampilan yang lebih tipis dan kering. Untuk isian di dalamnya ini dibuat dari daging domba cincang dan keju feta. Dengan ditambahkannya keju ke dalam isian martabak, maka sudah pasti rasanya akan lebih creamy, asin, dan gurih dibanding martabak lainnya.

 

4. Murtabak dari Singapore


Sumber : Thetravelmentor.com


Singapore juga punya martabak khas sendiri. Murtabak ala Singapore ini punya tekstur yang kenyal dengan ketebalan yang tipis. Biasanya murtabak Singapore disantap dengan saus kare dan juga acar mentimun. Acar mentimun dibuat dengan cara direndam dalam air cuka. Tujuan diberikan acar mentimun agar kamu tidak mudah eneg saat menyantapnya. Tak hanya di Singapore saja, murtabak ini juga kerap kali dijumpai di negara Malaysia.

 

5. Martabak Mesir dari Indonesia



Sumber : Resepkoki.id


Yang terakhir ada martabak mesir ala Indonesia. Pastinya kamu bingung mendengar nama martabak mesir kok asalnya dari Indonesia? Martabak mesir adalah martabak kubang yang dibuat dengan bahan isian daging sapi atau kambing dengan bumbu rempah yang sangat kuat. Banyak yang mengatakan kalau isian martabak mesir ini citarasanya mirip dengan rendang atau kari daging. Sama seperti martabak telur ala Indonesia lainnya, martabak mesir ini disajikan dengan kuah cocolan dan acar mentimun dan wortel.

 

Terlihat menggiurkan bukan kelima martabak gurih di atas? Dari kelimanya, mana kira-kira yang bisa menjadi favoritmu? Nah, berikut ini ada beberapa martabak gurih yang bisa kamu coba ya!

Martabakku

Foto Martabakku
Foto Martabakku

H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Martabak Rudy

Foto Martabak Rudy
Foto Martabak Rudy

Martabak Akhim

Foto Martabak Akhim

Orient Martabak

Foto Orient Martabak

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?