Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Mentega, No. 2 Cocok Buat Kamu yang Lagi Diet

List Artikel
29 November 2019 | 0 Komentar

Mentega atau butter merupakan salah satu produk bahan makanan yang banyak digunakan dalam dunia kuliner, baik itu untuk membuat aneka masakan hingga kue. Penggunaannya dalam makanan dan kue bisa membuat cita rasa menjadi lebih lezat dan gurih. Ditambah lagi aroma masakan dan kue yang diberi mentega akan menjadi lebih wangi. Mentega dibuat dari bahan dasar susu yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa menjadi bahan makanan yang bisa langsung digunakan. Tapi tahukah kamu kalau ternyata mentega tidak hanya punya satu jenis saja, tetapi ada banyak jenisnya, yaitu:

 


Sumber : Rd.com


1. Salted Butter

Pertama ada salted butter yang paling sering digunakan. Salted butter ini memiliki cita rasa asin dan gurih sehingga dinamakan salted butter atau mentega asin. Biasanya jenis mentega ini digunakan untuk membuat makanan-makanan yang bercita rasa asin seperti martabak telur, steak, nasi goreng, hingga aneka tumisan. Kelebihan dari salted butter adalah aromanya yang sangat wangi. Berhubung cita rasanya cenderung asin, maka jangan banyak-banyak menggunakannya ya!

 

2. Unsalted Butter

Berikutnya ada unsalted butter yang merupakan kebalikannya dari salted butter. Unsalted butter adalah mentega yang tidak memiliki rasa alias tidak ada rasa gurih dan asin. Unsalted butter memiliki rasa yang tawar sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan campuran pada kuliner manis seperti cake atau cookies. Kelebihan dari unsalted butter ini adalah teksturnya yang lebih creamy. 

 

3. Whipped Butter

Whipped butter adalah mentega yang tidak terlalu familiar bagi masyarakat Indonesia. Whipped butter memiliki tekstur yang lembut dan ringan seperti tekstur pada whipped cream. Mentega ini lebih banyak digunakan sebagai olesan roti atau pastry. Kelebihan dari whipped butter adalah kalorinya yang sangat rendah sehingga cocok untuk disantap bagi orang yang sedang diet.

 

4. Organic Butter

Organic butter adalah salah satu jenis mentega yang dibuat dari bahan organik. Jadi semua pembuatannya ini memang dibuat dari bahan organik. Susu sapinya dihasilkan dari sapi yang bebas obat-obatan dan tidak mengonsumsi rumput yang tidak mengandung pestisida. Jadi bisa dibilang kalau organic butter ini sehat untuk disantap. Organic butter terbagi menjadi dua jenis yakni unsalted organic butter dan salted organic butter.

 

5. Irish Butter

Terakhir ada irish butter yang dibuat dari bahan utama susu terbaik sehingga menteganya memiliki kualitas yang tinggi. Irish butter ini memiliki cita rasa yang lebih gurih sehingga bisa menjadikan cita rasa makanan jadi lebih lezat. Irish butter banyak digunakan pada aneka olahan masakan Eropa dan Amerika. Berhubung dibuat dari susu sapi terbaik, maka sudah pasti harganya jadi lebih mahal.

 

Itulah beberapa jenis mentega yang sering digunakan pada dunia kuliner. Menurut kamu masih ada lagi tidak jenis mentega lainnya? Nah, sekarang mari intip dulu aneka cemilan nikmat yang menggunakan mentega berikut ini yuk!

Martabak Bangka Akim

Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim
Foto Martabak Bangka Akim

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Baked Magic

Foto Baked Magic
Foto Baked Magic
Foto Baked Magic

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?