Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Olesan Roti Terfavorit yang Bikin Roti Jadi Lebih Enak

List Artikel
21 Oktober 2018 | 0 Komentar

Roti menjadi salah satu makanan yang paling banyak disantap untuk menu sarapan. Selain untuk sarapan, roti juga sering disantap sebagai camilan pengganjal lapar di malam hari karena bisa mengenyangkan. Ini dikarenakan roti terbuat dari bahan baku utama tepung, air, ragi, dan telur sehingga memiliki tekstur lembut. Tak hanya bisa disantap begitu saja, roti juga sangat lezat jika dibakar atau dipanggang. Agar citarasanya jadi lebih lezat, biasanya roti diberi tambahan olesan. Dari sekian banyak olesan roti, ada lima yang menjadi favorit dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu:

 

1. Selai Strawberry



Sumber: Bakedbree.com


Pertama ada selai strawberry yang paling banyak digemari karena memiliki campuran rasa asam dan manis. Selai strawberry dibuat dari campuran buah strawberry yang direbus bersama dengan gula hingga menjadi kental. Selai strawberry asli biasanya berwarna merah tua dengan tekstur yang tidak terlalu halus alias masih ada serat-serat buah strawberry yang terasa kasar.


2. Selai Kacang



Sumber : Taste.com.au


Selain selai strawberry, ada selai kacang yang juga banyak penggemarnya. Selai kacang atau yang dikenal dengan nama peanut butter ini adalah selai yang terbuat dari kacang tanah yang disangrai lalu dihaluskan dan diberi gula dan garam. Teksturnya creamy dan rasanya bercampur antara gurih dan manis. Selain kacang tanah, selai kacang juga sering dibuat dari bahan kacang almond, hazelnut, dan kacang mede. Tapi sudah pasti harganya lebih mahal dibanding selai kacang dari kacang tanah.


3. Selai Cokelat



Sumber : Bakingobsession.com


Selanjutnya ada selai cokelat yang tak hanya sering dioleskan pada roti tawar saja, tapi juga pancake dan waffle. Selai cokelat ini biasanya tidak 100% terbuat dari bahan utama cokelat tapi terbuat dari campuran kokoa, minyak sayur, susu, dan gula sehingga cita rasanya cenderung lebih manis dengan tekstur yang creamy. Selain dijual dalam bentuk toples, ada juga selai cokelat yang dijual dalam bentuk kemasan plastik.


4. Selai Srikaya



Sumber : Rasamalaysia.com


Bagi penggemar kuliner Malaysia dan Singapura, kamu pastinya tahu kuliner kaya toast yang sering dijadikan sebagai menu sarapan. Kaya toast merupakan roti bakar yang diberi olesan selai srikaya. Kaya dalam bahasa Melayu memiliki arti srikaya. Berbeda dengan selai kebanyakan, selai srikaya ini diberi campuran santan, kuning telur, dan gula sehingga warnanya jadi agak kekuningan. Cita rasanya sudah pasti ada campuran antara gurih dan manis.


5. Mentega



Sumber : Livestrongcdn.com


Yang terakhir ini bukan termasuk dalam jenis selai. Mentega atau butter merupakan salah satu produk susu sehingga mengandung protein hewani di dalamnya. Cita rasanya sangat gurih asin dan aromanya wangi menggoda. Mentega bisa dioleskan begitu saja ke atas roti sebelum atau sesudah roti dipanggang atau dibakar sehingga aroma karamel yang tercium dari roti sangat pas berpadu dengan aroma mentega yang meleleh saat dioleskan.


Itu dia lima jenis olesan favorit roti yang bikin rasa roti jauh lebih enak. Kalau kamu kira-kira lebih suka menaruh olesan apa di roti kamu nih? 

Dan buat kamu yang kepingin mencicipi kelezatan roti-roti lainnya, kamu bisa langsung mengunjungi tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini!

Sandwich Bakar

Foto Sandwich Bakar
Foto Sandwich Bakar
Foto Sandwich Bakar

Dapoer Roti Bakar

Foto Dapoer Roti Bakar
Foto Dapoer Roti Bakar

Kedai Roti Kobi

Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi
Foto Kedai Roti Kobi

Roti Bakar 88

Foto Roti Bakar 88

EDC (Eat Drink Chat)

Foto EDC (Eat Drink Chat)

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?