Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Potongan Daun Bawang yang Disesuaikan dengan Jenis Masakannya

List Artikel
16 Agustus 2019 | 0 Komentar

Daun bawang menjadi salah satu jenis sayuran yang palung banyak digunakan pada masakan Asia, terutama Indonesia. Tidak seperti daun pada umumnya, daun bawang ini memiliki bentuk yang cukup panjang dengan bagian atas yang berwarna kehijauan sementara bagian bawah dekat akarnya justru berwarna keputihan. Penggunaan daun bawang bisa kamu temukan pada kuliner martabak telur, sop, soto, tumisan dan masih banyak lagi. Aromanya memang tidak terlalu kuat, tapi penggunannya bisa membuat cita rasa masakan jadi lebih lezat. Berhubung bentuk aslinya cukup panjang, daun bawang tidak serta merta dimasukkan begitu saja pada masakan, tetapi harus diiris-iris terlebih dahulu. Ada beberapa jenis potongan daun bawang yang disesuaikan dengan jenis masakannya, yaitu:



Sumber : Npr.org


1. Potongan Bulat Tipis
Pertama ada jenis potongan bulat tipis yang paling banyak digunakan. Jenis potongan ini memotong daun bawang hingga sebesar 1 cm saja. Biasanya jenis potongan bulat tipis lebih sering digunakan sebagai bahan taburan atau bahan pelengkap pada masakan. Misalkan saja taburan pada ramen, mie ayam, bakso, bakwan malang dan lain sebagainya. Selain itu, potongan bulat tipis ini juga sering digunakan pada daun bawang untuk isian martabak telur hingga isian omelet.
 
2. Potongan Bulat Panjang
Selanjutnya ada potongan bulat panjang yang sudah pasti lebih panjang ukurannya dari potongan di atas. Untuk potongan bulat panjang ini, kamu bisa menemukannya pada sajian BBQ, sate, sop, hingga beragam kuliner berkuah lainnya. Berbeda dengan potongan bulat tipis yang disajikan mentah, daun bawang yang dipotong bulat panjang ini dikhususkan untuk dimasak. Tujuan dari potongan ini adalah supaya bentuk dari daun bawang tidak mudah hancur saat dimasak.
 
3. Potongan Panjang Tipis
Untuk potongan panjang tipis ini memang tergolong langka digunakan pada masakan Indonesia karena memang penggunannya lebih banyak pada kuliner Chinese. Beberapa masakan yang menggunakan jenis potongan panjang tipis adalah tumisan. Tapi ada juga beberapa yang menggunakannya sebagai bahan taburan pada beberapa kuliner tertentu. Tujuan dari memotong daun bawang dengan ukuran panjang tipis ini supaya kamu bisa menyantap daun bawang dalam keadaan mentah, tapi tidak terasa langu.
 
4. Potongan Serong Miring
Potongan serong miring sebenarnya terbilang multifungsi karena bisa digunakan untuk beragam jenis masakan seperti tumisan hingga kuliner berkuah. Meski banyak digunakan pada beragam jenis masakan, tapi yang paling banyak digunakan pada masakan tumisan. Sesuai dengan namanya, potongan serong miring ini memiliki bentuk miring dengan ketebalan hingga 1 cm dan panjang sekitar 2-3 cm.
 
5. Potongan Bunga
Terakhir adalah potongan bunga. Sebenarnya jenis potongan bunga ini kebanyakan bukan untuk disantap tetapi hanya disajikan sebagai bahan penghias makanan saja. Bentuk potongannya memang merekah sehingga dijuluki dengan nama potongan bunga. Untuk dapat membuat potongan bunga, kamu memang harus menerapkan trik khusus supaya potongannya bisa merekah yakni dengan cara merendam potongan daun bawang tersebut dalam air es.
 
Itulah beberapa potongan daun bawang yang telah kamu ketahui, sekarang sudah tidak bingung lagi kan? Nah, sekarang intip dulu yuk deretan makanan yang bisa kamu cicipi setelah membaca artikel ini!

Ramen SeiRock-Ya

Foto Ramen SeiRock-Ya
Foto Ramen SeiRock-Ya
Foto Ramen SeiRock-Ya

Marutama Ra-men

Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men

Tsurukamedou

Foto Tsurukamedou
Foto Tsurukamedou
Foto Tsurukamedou

Martabak Rudy

Foto Martabak Rudy
Foto Martabak Rudy

Martabak Akhim

Foto Martabak Akhim

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?