Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Souffle yang Lembutnya Membuatmu Melayang

List Artikel
23 Maret 2020 | 0 Komentar

Suka dessert? Pasti kamu tak asing lagi dengan souffle. Kue asal Perancis ini memang sedang naik daun di Indonesia. Pasalnya souffle punya tekstur yang super lembut sehingga menjadi sensasi unik ketika kita santap. Souffle dibuat dari bahan-bahan dasar pembuatan kue ppada umumnya. Hanya saja yang membuatnya berbeda adalah metode dan cara pembuatannya sehingga bisa menghasilkan kue dengan tekstur yang super lembut dan empuk. Jika dilihat dari penamaannya, souffle memang berasal dari bahasa Perancis ‘souffler’ yang artinya adalah memompa seperti bagian atasnya yang menggelembung. Souffle ini ternyata punya banyak jenisnya loh. Berhubung sedang tren di dunia kuliner Indonesia, coba kita lihat ada jenis souffle apa saja yang bisa kamu nikmati!

 

1. Vanilla Souffle



Sumber : Ytimg.com


Pertama ada vanilla souffle yang merupakan jenis souffle klasik karena awalnya souffle hanya ada rasa vanilla saja. Tampilannya ini putih kekuningan dengan bagian atas yang kecoklatan. Biasanya saat menyajikan vanilla souffle ini ada dua cara penyajian, yakni diberi mentega dan taburan gula halus atau disajikan bersama dengan es krim. Penambahan bahan-bahan tersebut pada saat penyajian bisa menambah lezat cita rasanya.

 

2. Chocolate Souffle



Sumber : Marthastewart.com 


Kedua ada chocolate souffle yang juga termasuk dalam jenis souffle klasik setelah vanilla souffle. Berbeda dengan vanilla souffle yang menonjolkan aroma wanginya, chocolate souffle ini punya daya tarik lelehan cokelat yang ada di dalamnya. Pastinya tekstur cokelat leleh bisa membuat lidahmu bergoyang. Tak jauh berbeda dengan vanilla souffle, chocolate souffle ini juga disajikan dengan taburan gula halus. Tapi belakangan chocolate souffle lebih banyak disajikan dengan es krim dan potongan buah-buahan segar.

 

3. Pancake Souffle



Sumber : Pergikuliner.com


Sekarang kita beralih pada jenis souffle yang sedang fenomenal yakni pancake souffle atau yang lebih dikenal dengan nama Japanese pancake. Pancake souffle ini tidak disajikan dalam wadah mangkuk tahan panas seperti jenis pancake-pancake di atas, melainkan disajikan di atas piring layaknya penyajian pancake pada umumnya. Pancake souffle punya tekstur yang sangat fluffy sehingga kamu harus menyantapnya segera. Biasanya pancake souffle disajikan dengan es krim dan buah-buahan segar, tapi belakangan ini pancake souffle justru banyak disajikan dengan es krim dan boba.


4. Cheese Souffle



Sumber : Leitesculinaria.com


Cheese souffle jadi alternatif buat kamu yang tak terlalu suka rasa manis karena citarasa dari souffle ini gurih, asin, dengan masih adanya sentuhan rasa manis yang tak dominan. Sesuai namanya, cheese souffle memang menonjolkan keju karena di dalamnya terdapat campuran keju. Jenis keju yang digunakan adalah keju cheddar dan parmesan. Dari tampilannya, cheese souffle memang kerap kali salah dikenali dengan vanilla souffle. Untuk mempermudah kamu membedakannya, pada bagian atas cheese souffle ini terlihat lebih padat dan tidak mudah goyang serta ada retakan-retakan yang terlihat.

 

5. Potato Souffle



Sumber : Homecookingadventure.com


Pernah mendengar potato souffle? Jenis souffle yang satu ini terbuat dari bahan dasar kentang. Tapi bahan-bahan dasar souffle lainnya juga masih tetap digunakan seperti telur, tepung, dan lain sebagainya. Selain adanya tambahan kentang, biasanya potato souffle ini juga diberi tambahan sayuran lainnya seperti wortel atau brokoli. Citarasa potato souffle ini memang berbeda dari kebanyakan souffle karena rasanya yang gurih asin. Kamu bisa menjadikan potato souffle sebagai menu sarapan atau pengganjal rasa lapar karena di dalamnya kaya serat.

 

Ternyata ada banyak jenis souffle di dunia. Dari semuanya, kamu sendiri sudah mencicipi jenis souffle yang mana aja nih teman PergiKuliner! Buat kamu yang jadi ingin menikmati pancake setelah membaca artikel ini, bisa langsung mampir ke salah satu tempat makan di bawah ini aja ya!

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Gram Cafe & Pancakes

Foto Gram Cafe & Pancakes
Foto Gram Cafe & Pancakes
Foto Gram Cafe & Pancakes

Pan & Co.

Foto Pan & Co.
Foto Pan & Co.
Foto Pan & Co.

Kamakura Japanese Cafe

Foto Kamakura Japanese Cafe
Foto Kamakura Japanese Cafe
Foto Kamakura Japanese Cafe

Hoshino Coffee

Foto Hoshino Coffee
Foto Hoshino Coffee
Foto Hoshino Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?