Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Sushi yang Mudah Dibuat di Rumah

List Artikel
20 Oktober 2015 | 0 Komentar
Sushi merupakan makanan khas Jepang yang masuk dalam jajaran makanan terlezat di dunia. Sushi terbuat dari nasi, potongan sayur, daging, atau raw seafood, serta nori (rumput laut) yang digulung lalu dipotong kecil-kecil. Cita rasanya yang segar dan juicy bisa tertinggal lama di dalam mulut dan tidak akan bisa terlupakan. Sushi biasa dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam soy sauce untuk menambah cita rasanya. Jika ingin rasa agak pedas, kamu bisa menambahkan wasabi saat memakannya. Kelezatan sushi yang nikmat terkadang sebanding dengan harga yang ditawarkan, jarang ada sushi murah dengan rasa yang nikmat. Nah, jika kamu sedang ngidam kuliner Jepang yang satu ini, kamu juga bisa lho membuat sushi sendiri di rumah. Berikut ada lima jenis sushi yang bisa kamu buat di rumah:


1. Salmon Nigiri


Sumber: pergikuliner.com

Nigiri adalah jenis sushi yang dimakan mentah. Agar rasanya tetap yummy dan juicy, kamu harus pintar-pintar memilih bahan bakunya alias ikan segarnya. Salmon nigiri, terkenal dengan rasa chewy dari ikan salmonnya yang layak dicoba. Bahan yang kamu butuhkan adalah nasi khusus sushi (bisa dibeli di supermarket Jepang), ikan salmon segar, dan wasabi.


2. California Roll


Sumber: pergikuliner.com

California roll adalah gabungan dari nasi, daging kepiting, potongan alpukat, timun, nori, serta biji wijen. Harga California roll memang lebih mahal dibanding sushi jenis lainnya karena menggunakan bahan baku kepiting. Nah, untuk membuat california roll ini kamu bisa mengganti daging kepiting olahan atau yang disebut dengan surimi yang bisa dengan mudah kamu beli di supermarket Jepang.


3. Spicy Tuna Sushi


Sumber: pergikuliner.com

Penggemar pedas pasti suka dengan sushi ini. Spicy tuna sushi terbuat dari nasi, ikan tuna (kamu bisa menggunakan tuna kaleng), green onion, nori, dan biji wijen. Cara membuatnya mudah, kamu tinggal meletakkan campuran tuna, green onion di atas nasi lalu gulung dan taburi dengan biji wijen. Setelah dipotong-potong, kamu bisa memakannya dengan cocolan mayonaise pedas.


4. Sushi Maki Tuna


Sumber: pergikuliner.com

Sushi jenis ini adalah sushi yang paling mudah dibuat. Bahan yang kamu butuhkan juga mudah didapat. Kamu hanya perlu menyediakan nasi Jepang, tuna, mentimun, nori, dan juga wasabi. Tata nasi di atas sushi matt lalu susun tuna, mentimun, serta sedikit wasabi di atasnya lalu gulung dan potong-potong. 


5. Sushi Sayuran


Sumber: blog.carionline.com

Kamu tidak suka ikan salmon atau tuna? Kamu bisa mencoba membuat sushi sayuran yang tak kalah lezatnya. Jenis sayuran yang bisa digunakan adalah timun, paprika, wortel, serta bayam. Untuk bayam, kamu bisa merebusnya hingga matang lalu beri garam dan lada. Sementara untuk paprika dan wortel, kamu bisa merebusnya setengah matang. 

Sudah tahu kan sushi apa saja yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Jika kamu tidak mau repot membuat sendiri, kamu bisa membeli sushi dengan harga terjangkau di beberapa restoran sushi di bawah ini!


Umaku Sushi Resto

Foto Umaku Sushi Resto
Foto Umaku Sushi Resto
Foto Umaku Sushi Resto

Kenji Sushi

Foto Kenji Sushi
Foto Kenji Sushi
Foto Kenji Sushi

Sushi Naru

Foto Sushi Naru
Foto Sushi Naru
Foto Sushi Naru

Ichiban Sushi

Foto Ichiban Sushi
Foto Ichiban Sushi
Foto Ichiban Sushi

Sushi Ya

Foto Sushi Ya
Foto Sushi Ya
Foto Sushi Ya

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?