Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Susu Menyehatkan yang Bisa Kamu Temukan di Indonesia

List Artikel
23 November 2018 | 0 Komentar

Susu menjadi minuman yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Kamu pastinya ingat slogan empat sehat lima sempurna. Susu sangat disarankan untuk diminum setiap hari karena susu memiliki kandungan nilai gizi yang sangat baik seperti berbagai macam vitamin, protein, magnesium, fosfor, zinc dan pastinya kalsium yang sangat dibutuhkan untuk tulang dalam masa pertumbuhan. Banyaknya manfaat susu ini membuat susu bisa dengan mudah ditemukan, baik itu di pasar tradisional, supermarket, hingga cafe. Dari sekian banyak jenis susu yang ada di dunia, kamu bisa menemukan lima jenis susu ini di Indonesia dengan mudah, simak satu persatu yuk!

 

1. Susu Sapi


Sumber : Hellosehat.com


Jenis susu pertama yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia adalah susu sapi yang sering dikonsumsi sehari-hari. Susu sapi di Indonesia bisa ditemukan dalam bentuk kemasan hingga susu segar jika kamu membelinya langsung di peternakan. Susu sapi mengandung lemak, mineral, vitamin B , vitamin D, protein, kalium, yodium, dan potasium yang bisa mencegah osteoporosis dan mengontrol tekanan daerah serta bisa mencegah penyakit asam urat.

 

2. Susu Kambing



Sumber : Quoracdn.net


Selain susu sapi ada susu kambing yang juga kaya akan manfaatnya bagi tubuh. Susu kambing ini dipercaya bisa mencegah pelunakan tulang serta anemia karena di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi, kalsium, fosfor, serta magnesium. Susu kambing juga ampuh untuk mengurangi radang usus dan membangun sistem imun dalam tubuh. Keunggulan susu kambing dibanding susu sapi adalah lemaknya lebih sedikit sehingga teksturnya cenderung lebih encer dibandingkan dengan susu sapi.

 

3. Susu Kedelai



Sumber : Maskeruntukwajah.com


Ketiga ada susu kedelai yang menjadi solusi bagi kamu yang alergi susu hewan. Susu kedelai ini sebenarnya sudah popular di Indonesia sejak 10 tahun yang lalu karena harganya yang sangat terjangkau dan bisa kamu jumpai di warung atau pedagang kaki lima. Meski terbuat dari biji kedelai, susu ini memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang bisa memperkuat pembuluh darah, mencegah kanker prostat, dan mencegah osteoporosis. Susu kedelai dijual dalam bentuk kemasan plastik dan karton.


4. Susu Kuda


Sumber : Dream.co.id


Beralih ke susu kuda yang lebih sering mendapat julukan dengan nama susu kuda liar. Kamu pasti bingung kenapa dinamakan susu kuda liar. Ternyata susu yang dihasilkan bukan dari jenis kuda yang digunakan untuk olahraga atau pacuan kuda, tapi dari kuda liar yang hidup di peternakan. Susu kuda liar ini mengandung banyak protein, karbohidrat, lemak, laktosa, kalium, kalsium dan juga magnesium. Kalori yang dihasilkan susu kuda ini lebih sedikit dibanding susu sapi dan susu kambing sehingga cocok dikonsumsi orang yang sedang berdiet dan tidak ingin cepat gemuk.


5. Susu Kelapa


Sumber : Draxe.com


Yang terakhir ada susu kelapa yang sering disebut dengan nama santan oleh orang Indonesia. Jika di luar negeri susu kelapa dijadikan minuman sehat, di Indonesia susu kelapa justru lebih banyak digunakan untuk memasak. Padahal, jika kamu meminumnya secara murni alias tidak digunakan untuk bahan memasak, maka kandungan di dalamnya seperti mineral, zat besi dan vitamin tidak akan hilang.


Jadi, itu dia lima jenis susu yang ada di Indonesia dan ternyata juga menyehatkan lho. Kamu sudah pernah coba yang mana saja nih? Nah, lima tempat yang ada di bawah ini juga menggunakan bahan baku susu lho ke dalam campuran minumannya, pastikan kamu tidak lupa mampir ya!

Bake-a-Boo

Foto Bake-a-Boo
Foto Bake-a-Boo

Harapan Djaya

Foto Harapan Djaya
Foto Harapan Djaya

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Tuku Kopi

Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi
Foto Tuku Kopi

Kopimana27

Foto Kopimana27
Foto Kopimana27

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?