Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Tanaman Rempah yang Sering Digunakan pada Bahan Masakan Eropa

List Artikel
21 Maret 2017 | 0 Komentar

Biasanya kalau kita mencicipi masakan eropa seringkali tercium aroma harum dari bumbu masakannya. Meskipun aromanya tidak terlalu tajam, siapa sangka jika aroma harum tersebut berasal dari aroma herbs atau tanaman rempah yang dicampurkan ke dalam masakan eropa. Ternyata biarpun namanya masakan eropa, tetap saja ya bahan yang digunakan itu adalah bahan-bahan rempah alami. Dan ini dia jenis tanaman herbs yang sering dijadikan bahan masakan eropa dan berhasil membuat kita terkecoh!



sumber : pergikuliner.com


1. Basil


Tanaman herbs yang sering kita temukan dalam masakan eropa, salah satunya adalah basil. Aroma dari daun basil sekilas mirip dengan aroma daun kemangi. Hal itulah yang membuat kita sering terkecoh dengan bahan masakan ini. Biasanya orang eropa menambahkan daun basil ke dalam masakan olahan seperti ikan, sup, pasta, atau salad sayuran.


2. Lada                  


Jangan heran ya kalau orang eropa juga suka dengan masakan pedas, terbukti dengan adanya bumbu lada dalam penambahan bahan masakan. Terdapat dua jenis lada yang kita kenal yaitu lada putih dan lada hitam. Keduanya ini ternyata sering digunakan sebagai bumbu pada beberapa masakan eropa. Baik itu dalam bentuk bubuk, ditumbuk secara kasar, atau lada utuh.


3. Mint


Daun mint diketahui memiliki aroma wangi dan sensasi rasa yang dingin. Aroma wangi dan sensasi dingin ketika kita memakan daun mint tersebut ternyata berasal dari senyawa mentol yang terdapat di dalamnya. Biasanya kita menemukan tanaman mint dalam bentuk permen karet yang berguna untuk menghilangkan bau mulut. Tetapi tak jarang pula, orang eropa menambahkan daun mint ini pada sajian salad atau penguat rasa pada teh herbal.


4. Rosemary                                                                                                                             


Paling cocok memang kalau menyantap hidangan eropa seperti ayam kalkun atau daging panggang (BBQ) ditambahkan dengan daun rosemary. Mengapa? Karena aroma daun rosemary yang kuat dan begitu khas dapat menghilangkan bau prengus pada daging panggang dan bau amis pada ikan. Penggunaan rosemary sendiri bisa dalam bentuk serbuk rosemary kering atau potongan daun rosemary segar.


5. Peterseli


Terakhir, ada daun peterseli yang biasanya lebih sering digunakan sebagai bumbu masakan atau garnis untuk mempercantik tampilan masakan. Selain itu, orang eropa juga sering mencampurkan daun peterseli yang telah dihaluskan ke dalam hidangan salad karena aromanya yang wangi namun tidak begitu kuat.


Sudah tahu kan apa saja tanaman rempah atau herbs yang sering banget kita jumpai di masakan-masakan Eropa? Kamu jadi ingin makan masakan Eropa? Yuk langsung aja kunjungi restoran-restoran dengan menu masakan Eropa yang sudah tim PergiKuliner rangkum di bawah ini!

Le Quartier

Foto Le Quartier
Foto Le Quartier
Foto Le Quartier
Foto Le Quartier
Foto Le Quartier

Sophie Authentique French Bakery

Foto Sophie Authentique French Bakery
Foto Sophie Authentique French Bakery
Foto Sophie Authentique French Bakery

Salt Grill

Foto Salt Grill
Foto Salt Grill
Foto Salt Grill
Foto Salt Grill
Foto Salt Grill

Ingin tahu lebih banyak dimana saja restoran yang menyediakan menu masakan Eropa di JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek PergiKuliner.com aja!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?