Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Telur yang Paling Sering Dipakai di Dunia Kuliner dan Manfaatnya

List Artikel
6 Maret 2017 | 0 Komentar

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan di dunia. Mulai dari omelet, sandwich, cake, mie, hingga aneka dessert manis dan gurih. Telur memiliki banyak manfaat bagi tubuhmu karena mengandung protein hewani yang sangat tinggi, kalori, lemak, serta vitamin. Baik itu bagian putih maupun kuningnya sangat bagus untuk dikonsumsi. Telur juga bisa meningkatkan kecerdasan untuk anak-anak. Ada banyak sekali jenis telur di dunia, tapi tak semuanya menjadi favorit dan banyak digunakan dalam dunia kuliner. Berikut ada lima jenis telur yang paling sering dipakai dalam dunia kuliner, yaitu:

 

1. Telur Ayam



Sumber: tradekorea.com


Telur ayam menempati urutan pertama dalam daftar telur yang paling banyak digunakan di dunia kuliner. Telur ayam memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga banyak digunakan sebagai menu sarapan karena bisa menjadi cadangan energi kamu. Selain itu, telur ayam juga mengandung vitamin B, vitamin E, vitamin A, kalsium, fosfor, lemak, karbohidrat, serta protein yang tinggi. Telur ayam memiliki dua jenis, yakni telur ayam negeri dan telur ayam kampung. Dari segi ukuran, telur ayam kampung lebih kecil dengan warna yang lebih pucat sementara telur ayam negeri lebih besar dengan warna yang lebih kecoklatan.

 

2. Telur Bebek



Sumber: sndimg.com


Telur bebek memiliki warna yang kebiruan dengan bagian kuning telur yang jauh lebih pekat cenderung orange dibanding dengan telur ayam. Telur bebek memiliki kandungan vitamin B komplek, vitamin A, vitamin E, dan zat besi yang sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi telur bebek, kamu bisa menjaga kesehatan mata kamu, memperkuat sistem imun, mencegah tulang keropos, serta menangkal radikal bebas. Selain sering difermentasikan menjadi telur asin, telur bebek juga banyak digunakan dalam pembuatan martabak telur karena rasanya lebih gurih.

 

3. Telur Puyuh



Sumber: healthydietbase.com


Telur yang satu ini memang memiliki bentuk yang paling imut dan kecil dibanding dengan jenis telur lainnya. Meski ukurannya kecil, tapi kandungan gizi yang dimiliki telur ini tak main-main loh. Telur puyuh mengandung vitamin D dan B12 yang sangat tinggi sehingga bagus untuk pertumbuhan tulang anak-anak. Telur puyuh juga mengandung ovomucoid yang mampu melawan gejala timbulnya alergi pada tubuh. Selain itu, nutrisi kolin yang terdapat pada telur puyuh juga mampu menguatkan fungsi otak pada masa usia produktif.

 

4. Telur Kalkun



Sumber: dailymail.co.uk


Telur kalkun memang sangat jarang ditemukan di Indonesia, tapi telur kalkun menjadi telur terfavorit nomer dua di negara-negara Eropa. Ukuran telur kalkun lebih besar dibanding jenis telur lainnya dan memiliki warna krem dan bintik-bintik cokelat yang menyelimutinya. Telur kalkun memiliki kandungan kalsium RDA yang sangat bagus untuk pembentukan otot. Selain itu telur kalkun juga memiliki kandungan omega3, omega6, serta protein yang sangat tinggi. Meski memiliki protein tinggi, telur kalkun rendah lemak dan non kolesterol sehingga sangat bagus untuk menu diet kamu.  

 

5. Telur Ikan



Sumber: vegcaviar.com


Terakhir adalah telur ikan. Telur ikan ini lebih mudah kamu temukan dalam bentuk kaviar, yakni telur ikan yang diawetkan dengan diberi garam sehingga bisa bertahan lama. Telur ikan sangat kaya akan kandungan antioksidan sehingga bagus untuk menangkal radikal bebas. Telur ikan juga kaya akan kandungan zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, kalsium, dan pastinya omega3. Telur ikan yang berbentuk kaviar bisa dengan mudah kamu jumpai di makanan Jepang seperti sushi. Berhubung sangat sulit mendapatnya, telur ikan memiliki harga yang cukup mahal dibanding dengan jenis telur lainnya. Telur ikan sangat ampuh untuk mencegah anemia, menjaga tekanan darah, mencegah alzheimer, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

 

Selain kelima telur di atas, masih ada jenis telur lainnya seperti telur angsa yang memiliki kandungan protein, zat besi, dan vitaminA-nya yang lebih kaya daripada telur ayam. Lalu ada telur hilsa yang kaya akan asam lemak omega-3, dan masih banyak lagi. Jadi pengen makan telur? Yuk mampir saja ke restoran yang menyajikan menu telur di bawah ini!

Benedict

Foto Benedict
Foto Benedict
Foto Benedict

Sunny Side Up

Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up
Foto Sunny Side Up

Maple & Oak

Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak
Foto Maple & Oak

Baconerie

Foto Baconerie

Spumante

Foto Spumante
Foto Spumante
Foto Spumante

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?