Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Tomat yang Populer di Dunia, Pecinta Tomat Merapat!

List Artikel
6 Agustus 2020 | 0 Komentar

Tomat merupakan salah satu jenis buah dan sayur yang banyak digunakan untuk aneka olahan masakan, serta minuman. Tomat memiliki warna yang merah agak bulat dengan kandungan air di dalamnya cukup tinggi. Inilah yang membuatkan sangat kaya akan nutrisi. Tomat memiliki kandungan vitamin C, K, A, kalium, folat, serta antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat cocok jika dikonsumsi sehari-hari. Mungkin ada beberapa di antara kamu yang mengira kalau tomat hanya punya dua jenis saja, yakni yang berwarna merah dan hijau (yang masih belum matang benar). Padahal ada banyak jenis tomat di dunia yang perlu kamu ketahui. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah:


1. Tomat Cherry



Sumber: Honestdocs.id


Pertama ada tomat cherry yang memiliki bentuk bulat kecil seperti buah cherry. Tomat cherry ini memiliki cita rasa yang agak manis dengan kandungan air yang banyak. Biasanya tomat ini tidak diolah menjadi masakan melainkan disantap begitu saja dalam sajian salad. Tomat bisa dihidangkan utuh maupun dibelah menjadi dua. Tomat cherry banyak dijumpai di negara-negara Eropa.


2. Tomat Anggur



Sumber: Akamaized.net


Selain tomat cherry, ada tomat anggur yang bentuknya mirip dengan anggur. Bentuknya yang lonjong membuatnya terlihat unik. Tidak seperti tomat cherry, tomat anggur ini punya kadar air yang lebih rendah sehingga lebih cocok untuk disantap begitu saja atau dijadikan sebagai campuran dalam sajian salad sayur maupun buah. Tomat anggur banyak dijumpai di negara-negara Eropa dan juga Asia Timur.


3. Tomat Bistik



Sumber: Pixabay.com


Berikutnya ada tomat bistik yang mungkin terdengar agak aneh karena memang di Indonesia sendiri tomat ini bukan dijuluki dengan nama tomat bistik melainkan tomat sapi karena ukurannya yang cukup besar. Warnanya merah cerah serta daging dan kadar airnya terbilang sangat banyak. Cita rasanya cenderung tidak terlalu manis jika dibandingkan kedua jenis tomat di atas. Tomat bistik lebih banyak dijadikan aneka olahan seperti dipanggang, dijadikan saus, hingga dijadikan sup.


4. Tomat Pusaka



Sumber: Pixabay.com


Tomat pusaka adalah jenis tomat yang sekilas mirip dengan tomat bistik. Hanya saja ada sedikit perbedaan dari ukurannya. Pada bagian atas tomat pusaka terdapat kerutan yang menguncup pada ujung atasnya. Meski ukurannya cukup besar, tapi tomat pusaka punya cita rasa yang manis. Jenis tomat ini lebih banyak digunakan sebagai bahan utama saus tomat maupun sup tomat.


5. Tomat Roma



Sumber: Tokopedia.net


Terakhir ada tomat roma yang paling familiar bagi masyarakat Indonesia karena jenis tomat ini banyak di jumpai di negara kita. Tomat roma memiliki bentuk yang lonjong agak membulat dengan warna merah terang, dagingnya cukup banyak dan berair. Cita rasanya agak sedikit manis. Di Indonesia, jenis tomat seperti ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau dijadikan campuran dalam sambal.


Itulah beberapa jenis tomat yang paling populer di dunia. Di Indonesia, biasanya tomat dapat dikonsumsi begitu saja, di jus, dijadikan campuran makanan, sambal dan lain sebagainya. Sama seperti halnya di luar negeri, tomat juga sering diolah menjadi saus campuran untuk pizza maupun pasta seperti yang bisa kamu nikmati di beberapa tempat makan di bawah ini!

Osteria Gia

Foto Osteria Gia
Foto Osteria Gia

Pizza Place

Foto Pizza Place
Foto Pizza Place
Foto Pizza Place

Pizza Maru

Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru
Foto Pizza Maru

Ambiente Ristorante - Hotel Aryaduta Menteng

Foto Ambiente Ristorante - Hotel Aryaduta Menteng
Foto Ambiente Ristorante - Hotel Aryaduta Menteng
Foto Ambiente Ristorante - Hotel Aryaduta Menteng

Pizza Marzano

Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano
Foto Pizza Marzano

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?