Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Udang yang Banyak Digunakan Pada Kuliner Jepang

List Artikel
30 Juli 2020 | 0 Komentar

Udang merupakan salah satu seafood yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Cita rasanya yang gurih dengan dagingnya yang lembut membuat udang banyak disukai. Selain itu, udang juga cocok untuk diolah menjadi aneka kuliner apa saja. Udang memiliki banyak sekali jenisnya. Di Indonesia sendiri, jenis udang yang paling banyak dikonsumsi adalah udang jerbung, udang galah, udang vaname, hingga udang rebon. Rata-rata udang yang digunakan memiliki ukuran cukup besar. Berbeda dengan Jepang, jenis-jenis udang yang digunakan cenderung sedang dan kecil. Tapi ada juga bentuk udang yang besar. Buat kamu yang sering makan kuliner Jepang, di bawah ini ada beberapa jenis udang yang populer di masakan Jepang, yaitu:


1. Shiroebi



Sumber: Wixstatic.com


Jenis udang yang banyak dijumpai pada kuliner Jepang adalah shiroebi yang merupakan udang berukuran kecil mirip dengan udang kering dari Indonesia. Hanya saja ukurannya ini lebih panjang dan kurus. Panjang shiroebi kira-kira hanya 6 cm saja. Warnanya keputihan dengan kulit udang yang agak tipis. Shiroebi banyak digunakan sebagai campuran pada kakiage atau bakwan khas Jepang. Selain itu, shiroebi juga banyak ditemukan sebagai campuran kaldu pada masakan Jepang.


2. Kuruma Ebi



Sumber: Kiheji.com


Kuruma ebi merupakan salah satu jenis udang yang banyak digunakan pada masakan Jepang, terutama pada kuliner berkuah seperti shabu-shabu. Meski demikian, kuruma ebi juga sering digoreng tepung menjadi tempura. Kuruma ebi memiliki ukuran yang cukup besar dan panjang dengan kulit yang belang-belang sehingga sering dijuluki dengan nama udang harimau. Berhubung bentuknya besar, maka harga jualnya juga mahal sehingga menjadi salah satu kuliner mewah di Jepang.


3. Sakura Ebi



Sumber: Detik.net.id


Kebalikannya dari kuruma ebi, sakura ebi adalah jenis udang Jepang yang sekilas memang mirip dengan shiroebi karena ukurannya sekitar 4-6 cm. Tapi jenis udang ini jika diperhatikan sangat jauh berbeda dengan shiroebi. Meski ukurannya mirip, tapi tampilan warnanya berbeda. Sesuai dengan namanya, sakura ebi memiliki warna merah muda agak oranye sehingga tampilan terlihat cantik. Biasanya sakura ebi diolah menjadi gorengan tempura atau campuran pada makanan berkuah.


4. Amaebi



Sumber: Twimg.com


Berikutnya ada amaebi yang merupakan jenis udang yang banyak dijumpai pada olahan sushi dan sashimi. Bentuknya sedang dengan bagian kulit yang berwarna belang putih dan oranye kemerahan. Jika dibelah, maka lapisan warnanya akan terlihat jelas. Amaebi memiliki citarasa yang manis meski tidak dibumbui dengan apapun sehingga lebih banyak dinikmati dalam keadaan masih mentah.


5. Botan Ebi



Sumber: Tripadvisor.com


Terakhir ada botan ebi yangjuga banyak digunakan pada sajian sushi dan sashimi. Bedanya botan ebi dengan amaebi adalah ukurannya yang lebih besar dengan warna daging yang lebih orange kemerahan. Selain dijadikan sushi dan sashimi, botan ebi juga sering digunakan pada rebusan shabu-shabu. Botan ebi juga punya cita rasa manis, tapi lebih manis amaebi sehingga banyak orang yang memasaknya terlebih dahulu baru disantap.


Itulah lima jenis udang yang sering digunakan pada kuliner atau masakan Jepang. Nah, sekarang kamu sudah tahu kan? Dan jadi ingin makanan dengan campuran udang atau masakan Jepang? Langsung aja simak rekomendasinya di bawah ini!

Mie Udang Singapore Mimi

Foto Mie Udang Singapore Mimi
Foto Mie Udang Singapore Mimi
Foto Mie Udang Singapore Mimi

Lotus - Mie Udang Singapore

Foto Lotus - Mie Udang Singapore
Foto Lotus - Mie Udang Singapore

Marugame Udon

Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon
Foto Marugame Udon

Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski

Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski
Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski
Foto Oku Japanese Restaurant - Hotel Indonesia Kempinski

Sushi Tei

Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei
Foto Sushi Tei

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?