Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Jenis Waffle di Dunia Berdasarkan Bentuknya, Intip Dulu Yuk!

List Artikel
15 November 2019 | 0 Komentar

Waffle merupakan salah satu menu sarapan yang banyak dipilih selain pancake. Tak jarang ada orang yang salah membedakan antara pancake dengan waffle. Padahal jika kamu perhatikan, ada banyak perbedaan antara waffle dan pancake. Untuk teksturnya, pancake memiliki tekstur yang lebih lembut, sedangkan waffle lebih kenyal dan padat. Hal ini dikarenakan adanya penambahan ragi di dalamnya. Selain itu, waffle memiliki bentuk yang lebih bervariasi karena ada yang berbentuk bulat, kotak, hingga hati. Sering dijadikan sebagai menu sarapan, waffle ternyata punya banyak jenisnya di dunia. Setidaknya ada lima jenis waffle di dunia yang berbeda-beda bentuknya, yaitu:

 

1. American Waffle



Sumber : Pergikuliner.com


Pertama ada American waffle yang sudah pasti waffle asal Amerika. Bentuk dasar dari waffle ini adalah kotak, tapi ada juga yang persegi panjang. Teksturnya lebih padat dan kenyal dengan ketebalan yang lebih tipis dibanding waffle lainnya. Pada bagian atasnya, American waffle biasanya disiram dengan aneka krim, sirup, es krim, hingga buah-buahan segar. American waffle lebih sering dijadikan sebagai menu dessert ketimbang menu sarapan.

 

2. Belgian Waffle



Sumber : Tastecooking.com


Berikutnya ada Belgian waffle yang membuatmu agak sulit untuk membedakannya karena ada Belgian waffle yang berbentuk persegi. Meski demikian, Belgian waffle ini lebih banyak berbentuk bulat dengan bagian pinggirannya yang tak sama. Ciri lainnya dari Belgian waffle adalah pada bagian atasnya yang hanya diberi topping taburan gula halus. Belgian waffle memang memiliki tampilan lebih simpel supaya bisa disantap kapan saja dan di mana saja. Jadi tak ada topping buah-buahan atau es krim di atasnya.

 

3. Hongkong Waffle



Sumber : Pergikuliner.com


Hongkong waffle memiliki tampilan yang tak biasa jika dibandingkan dengan jenis waffle lainnya karena memiliki permukaan yang bulat-bulat seperti benjolan. Hongkong waffle bisa disajikan dengan cara digulung atau diletakkan melebar. Biasanya waffle tersebut digulung jika ingin dibungkus untuk take away karena di negara asalnya, waffle banyak disantap sambil berjalan. Hongkong waffle bisa diberi aneka isian dan topping seperti selai, es krim, hingga aneka buah-buahan segar.

 

4. Scandinavian Waffle



Sumber : Thestayathomechef.com


Melihat bentuknya kamu pasti sudah tidak asing lagi, Scandinavian waffle ini merupakan jenis waffle yang berbentuk seperti hati. Scandinavian waffle ini memiliki tekstur yang lebih empuk tapi tetap kenyal dengan ketebalan yang agak tipis. Biasanya Scandinavian waffle ini banyak ditemukan pada sajian dessert karena disajikan bersama dengan es krim, sirup, dan aneka buah-buahan.

 

5. Stroopwafels



Sumber : Iamexpat.nl


Terakhir ada stroppwafels yang merupakan wafel ala Belanda. Keunikan dari wafel ini adalah bentuknya yang sangat tipis dengan tekstur yang lebih garing jika dibandingkan dengan jenis-jenis waffle lainnya. Berhubung wafel ini bertekstur garing, maka lebih awet disimpan. Kamu bisa menemukan stroopwafels dalam kemasan yang dijual di kedai kopi. Untuk menuantapnya bisa disantap begitu saja atau diberi tambahan sirup, selai, atau mentega.

 

Itulah beberapa jenis waffle di dunia tergantung dari bentuknya. Kamu sendiri lebih suka waffle jenis apa? 

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

MOREAU Chocolatier's Cafe

Foto MOREAU Chocolatier's Cafe
Foto MOREAU Chocolatier's Cafe

Wisdom Coffee n Waffle

Foto Wisdom Coffee n Waffle
Foto Wisdom Coffee n Waffle

Woodpecker Coffee

Foto Woodpecker Coffee
Foto Woodpecker Coffee
Foto Woodpecker Coffee

Bermvda Coffee

Foto Bermvda Coffee
Foto Bermvda Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?