Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kampung Kuliner Terpopuler yang Ada di Indonesia

List Artikel
26 November 2017 | 0 Komentar

Kuliner Indonesia memang tak akan bisa kita hitung jumlahnya karena memiliki banyak sekali ragam jenis, mulai dari makanan berat, minuman, hingga camilan. Masing-masing daerah yang ada di Indonesia memiliki kuliner yang menjadi ciri khasnya tersendiri. Bagi para pecinta kuliner, ketika sedang jalan-jalan ke luar kota, pastinya kamu selalu bertanya "apa sih kuliner yang menjadi khas di daerah tersebut?" bukan? Nah! Di Indonesia ternyata ada kampung-kampung kuliner yang bisa kamu kunjungi lho. Dinamakan kampung kuliner karena di kampung tersebut terdapat sentra industri makanan. Bisa dibilang hampir sebagian besar pekerjaan masyarakat di kampung tersebut menjual makanan. Dari sekian banyak kampung kuliner yang ada di Indonesia, ada lima yang paling terpopuler dan sudah banyak diketahui wisatawan, yaitu:

 

1. Kampung Gudeg Wijilan di Yogyakarta



Sumber : pergikuliner.com


Tak lengkap rasanya jika pergi ke Yogyakarta tanpa mencicip salah satu makanan khasnya seperti gudeg. Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan aneka bumbu rempah selama berjam-jam sehingga memiliki tekstur lembek serta rasa yang legit dan lezat. Di Yogyakarta, ada sebuah kampung yang sebagian besar penduduknya menjual gudeg. Karena hal itulah kampung ini terkenal dengan nama kampung Gudeg Wijilan. Kampung Gudeg Wijilan terletak tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Tepatnya berada di bagian selatan alun-alun utara. Kalau kamu ke sini bisa dijamin kamu pasti kebingungan ingin memilih mencicip gudeg yang mana. 

 

2. Kampung Pathuk di Yogyakarta



Sumber: bonvoyagejogja.com


Tak hanya gudeg yang menjadi kuliner khas Yogyakarta, ada bakpia yang menjadi kue khas Yogyakarta. Bakpia lebih sering dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk teman hingga kerabat. Di Yogyakarta, ada kampung yang semua penduduknya memproduksi bakpia di rumah mereka sendiri. Namanya adalah Kampung Pathuk yang terletak di Jalan AIP K.S Tubun, Ngampilan. Penduduk Kampung Pathuk menjual bakpia dengan merek angka yang berbeda tergantung dari nomor rumah mereka.

 

3. Kampung Sanan di Malang



Sumber: keripiktempepesanan.com


Mendegar kuliner Malang, pasti yang terbayang di lidah kamu adalah bakso Malang dan bakso bakarnya. Tapi ada lagi nih kuliner khas Malang yang selalu menjadi oleh-oleh wisatawan, yakni keripik tempe. Di Malang, tepatnya di Jalan R Tumenggung Suryo Purwanto Blimbing, ada sebuah kampung yang dinamakan Kampung Sanan. Di kampung ini ada sentra produksi keripik Malang rumahan yang terbilang cukup besar. Kamu bisa menemukan keripik tempe dengan berbagai rasa seperti rasa pizza, keju, jagung bakar, dan lain sebagainya.

 

4. Kampung Gang Sate di Ponorogo



Sumber : pergikuliner.com


Pernah mencoba sate Ponorogo? Sate Ponorogo ini memang berbeda dengan sate ayam kebanyakan. Kamu bisa melihat perbedaan dari bentuk potongan ayam dan bumbu yang digunakan karena menggunakan bumbu kacang tanah sangrai, bawang, ketumbar, dan gula merah sehingga warnanya agak pucat. Di Ponorogo sendiri, ada sebuah kampung yang dinamakan Kampung Gang Sate yang hampir semua penduduknya menjual sate ayam khas Ponorogo.


5. Kampung Gandu di Magetan



Sumber : pergikuliner.com


Terakhir ada Kampung Gandu di Magetan yang menjadi sentra kuliner ayam panggang. Meski merupakan industri rumahan, tapi ayam yang dipanggang setiap harinya bisa mencapai puluhan ekor. Keunikan dari ayam panggang Kampung Gandu adalah ayam ini dimasak dengan tungku tradisional sehingga cita rasanya berbeda daripada olahan ayam kebanyakan. Ada dua pilihan ayam panggang, yakni ayam panggang kuning dan ayam panggang merah yang bercita rasa pedas. Kamu bisa membawa ayam panggang ini dalam keadaan utuh untuk oleh-oleh atau menyantapnya di tempat dengan tambahan nasi, sambal, dan lalapan.


Itu dia lima kampung kuliner yang sangat populer di Indonesia. Nah! Sebelum kamu pergi jauh-jauh ke kampung-kampung tersebut, kamu juga bisa lho mencicipi aneka makanan seperti di atas karena PergiKuliner sudah merekomendasikan tempatnya buat kamu di bawah ini!

Gudeg Pejompongan

Foto Gudeg Pejompongan

Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati

Foto Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati

Sate Apjay

Foto Sate Apjay

Sate Ayam Kambing RSPP

Foto Sate Ayam Kambing RSPP

Seribu Rasa

Foto Seribu Rasa
Foto Seribu Rasa

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?