Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kebiasan Makan yang Dapat Memperparah Tingkat Stresmu

List Artikel
2 September 2020 | 0 Komentar

Kesehatan seseorang tak hanya bisa terlihat dari segi jasmaninya saja. Meskipun tubuh tidak menderita penyakit apapun, tapi kalau mentalnya tidak sehat, itu berarti tubuhmu tidak sehat sepenuhnya. Banyak orang yang mengalami permasalahan mental. Tapi kesehatan mental di sini bukanlah gangguan jiwa dan sebagainya, melainkan kesehatan mental seperti stress dan depresi. Belakangan ini masyarakat memang sangat rentan terkena stres dan depresi, baik itu yang diakibatkan oleh permasalahan yang ada di kantor, sekolah atau kampus, masalah keluarga, hingga hubungan percintaan. Kesehatan mental ini wajib diperhatikan supaya nantinya tubuhmu juga bisa tetap sehat. Kesehatan mental ternyata juga bisa menjadi parah jika kamu memiliki kebiasaan makan yang tidak baik, beberapa di antaranya adalah:


1. Sering Makan Junk Food



Sumber: Akamaized.net


Kebiasaan makan pertama yang bisa memperparah tingkat stres adalah sering makan junk food. Junk food atau makanan cepat saji sebenarnya boleh-boleh saja kita konsumsi, tapi jangan terlalu sering. Jika kamu menyantapnya setiap hari, maka akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh dan memperparah tingkat stres karena kandungan phthalate dan paparan BPA yang ada di dalamnya bisa mengurangi kadar vitamin D dalam tubuh yang berdampak pada penurunan kesehatan mentah.


2. Kurang Antioksidan



Sumber: Kompas.com


Antioksidan tak hanya penting untuk kesehatan tubuh kita, tetapi juga  bagus untuk menurunkan kadar stres dalam tubuh.Orang-orang yang mendapat antioksidan cukup, biasanya cenderung memiliki pemikiran yang lebih optimis sehingga bisa meredakan rasa stres, sedih, rendah diri, dan sifat-sifat buruk lainnya. Untuk mendapatkan antioksidan yang cukup, konsumsi buah dan sayur yang punya warna cerah karena buah dan sayur yang punya warna cerah memiliki kadar antioksidan yang tinggi.


3. Kurang Mendapat Asupan Vitamin C



Sumber: Webmd.com


Selain kurang antioksidan, orang yang kurang asupan vitamin C juga bisa memiliki kadar stres yang lebih tinggi karena kandungan vitamin C mampu menekan hormon pemicu stres. Vitamin C bisa membantu meningkatkan kesehatan jiwa dan kinerja kognitif. Asupan vitamin C tentunya bisa didapat dari buah dan sayur seperti paprika, jambu biji merah, jeruk, berry, dan lain sebagainya.


4. Menunda-nunda Waktu Makan


Sumber: Grid.id


Hayo siapa di antara kamu yang sangat suka menunda-nunda waktu makan? Menunda-nunda waktu makan bisa menyebabkan tingkat stres seseorang bertambah. Pasalnya ketika kita menunda waktu makan, maka tubuh bisa kehilangan nutrisi yang seharusnya didapat. Termasuk nutrisi yang dibutuhkan otak. Jika otak tidak mendapat nutrisi yang tepat, biasanya kita cenderung menjadi depresi, mudah kesal, marah, hingga bad mood.


5. Terlalu Sering Minum Minuman Beralkohol



Sumber: Post.healthline.com


Kebiasaan yang terakhir adalah terlalu sering minum minuman beralkohol. Sama seperti junk food, sebenarnya minuman beralkohol boleh-boleh saja kamu konsumsi. Hanya saja, jangan terlalu sering karena minuman beralkohol ternyata bisa memicu timbulnya hormon yang sama efeknya dengan hormon pemicu stres. Alkohol juga bisa memperpanjang perasaan tegang dan gelisah.


Sekarang kamu sudah tahu khan kebiasaan makan apa saja yang dapat memperparah tingkat stresmu. Jadi muli  sekarang jangan diulangi lagi ya!

Umauma Eatery & Shop

Foto Umauma Eatery & Shop
Foto Umauma Eatery & Shop
Foto Umauma Eatery & Shop

Serasa Salad Bar

Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar
Foto Serasa Salad Bar

Back Office Bistro

Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro
Foto Back Office Bistro

Lula Kitchen & Coffee

Foto Lula Kitchen & Coffee
Foto Lula Kitchen & Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?