Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kesalahan Kecil yang Harus Dihindari Saat Membuat Pancake

List Artikel
8 Januari 2019 | 0 Komentar
Pancake merupakan salah satu kuliner yang identik dengan menu sarapan ala orang bule. Pancake dijadikan sebagai menu sarapan karena tergolong sangat mudah untuk dibuat. Meski terlihat mudah dibuat, tapi pada kenyataannya orang-orang yang sudah pernah membuat pancake lebih sering gagal seperti bantet, gosong, hingga memiliki tekstur yang tidak lembut alias keras. Sebenarnya permasalahan seperti ini bisa kamu atasi karena ternyata pancake yang gagal dibuat biasanya hanya disebabkan oleh permasalahan yang sepele seperti:


Sumber : Pergikuliner.com

 

1. Memakai Bahan Baku yang Sudah Lama
Kesalahan kecil yang paling umum terjadi adalah kamu membuat pancake dengan menggunakan bahan baku yang sudah lama berada di lemari makanan. Selalu gunakan tepung terigu, mentega, baking powder atau soda kue yang masih baru. Menggunakan bahan baku yang lama akan membuat cita rasa pancake jadi tidak lezat dan tidak bisa mengembang dengan sempurna. Jika bahan-bahan tersebut sudah melewati batas 6 bulan, maka lebih baik kamu membeli bahan-bahan baku yang baru.
 
2. Membuat dan Mengaduk Adonan Terlalu Lama
Kesalahan selanjutnya adalah membuat adonan terlebih dahulu beberapa jam sebelumnya. Padahal adonan pancake yang sudah dibuat tidak bisa didiamkan terlalu lama, apalagi sampai berjam-jam karena bisa membuat tekstur pancake keras ketika dimasak. Jika sudah membuat adonan pancake, maka kamu harus dengan segera memasaknya. Saat membuat adonan, kamu juga jangan mengaduknya terlalu lama karena jika diaduk terlalu lama maka gluten dalam tepung akan mengembang dan membuat tekstur pancake bantat.
 
3. Menggunakan Minyak
Tahukah kamu kalau sebaiknya ketika membuat pancake, kamu disarankan untuk tidak menggunakan minyak, baik itu minyak sayur atau minyak zaitun. Pergunakanlah mentega yang dilelehkan. Kenapa harus menggunakan mentega? Padahal mentega bisa sangat mudah hangus. Membuat pancake dengan menggunakan mentega bisa membuat pancake memiliki aroma wangi yang menggoda. Berbeda jika kamu menggunakan minyak yang tidak memiliki aroma wangi. Untuk mencegah supaya pancake tidak mudah hangus, maka masaklah dengan api sedang dan pergunakan wajan dengan lapisan cukup tebal.
 
4. Terlalu Banyak Memberi Isian
Salah satu penyebab pancake kamu gagal bisa jadi karena kamu terlalu banyak memberikan isian di dalamnya, mulai dari buah-buahan, meises, choco ships, keju, dan lain sebagainya. Dengan menaruh terlalu banyak isian, maka adonan pancake tidak bisa menyatu dengan sempurna dan bisa menyebabkan bantet. Jika ingin membuat cita rasa pancake jadi lebih berbeda, lebih baik kamu memisahkan isian tersebut dan menjadikannya topping sehingga tidak merusak tekstur dari pancake.
 
5. Membalikkan Pancake Tidak Pada Waktunya
Kesalahan kecil terakhir adalah membalikkan pancake tidak pada waktunya. Kita terkadang tidak sabar ketika sudah melihat adanya gelembung kecil pada bagian atas pancake dan langsung membaliknya. Padahal pancake tersebut belum matang. Untuk mengetahui kalau pancake sudah matang dengan sempurna, kamu bisa memastikan gelembung yang ada di permukaan pancake merata terlebih dahulu. Barulah kamu membaliknya. Membalik pancake cukup satu kali ya!
 
Sekarang kamu sudah tahu kan kesalahan-kesalahan yang harus dihindari saat membuat pancake? Nah, jika kamu malas membuatnya sendiri, kamu bisa langsung menyantapnya di salah satu tempat makan di bawah ini ya teman PergiKuliner!

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

Kamakura Japanese Cafe

Foto Kamakura Japanese Cafe
Foto Kamakura Japanese Cafe

Nanny's Pavillon

Foto Nanny's Pavillon
Foto Nanny's Pavillon
Foto Nanny's Pavillon

Toby's Estate

Foto Toby's Estate
Foto Toby's Estate

Mister Sunday

Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday
Foto Mister Sunday

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?