Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kota di Indonesia yang Punya Seafood Terlezat

List Artikel
15 November 2018 | 0 Komentar

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki hasil kekayaan laut yang sangat melimpah. Maka tak heran jika ada banyak kuliner tradisonal berbahan dasar seafood yang pastinya akan membuat kamu lapar. Seafood di Indonesia memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga daging sapi. Oleh karena itu, tentunya kamu bisa mendapatkan aneka olahan seafood ini dengan mudah. Dari sekian banyak kota yang ada di Indonesia, ada lima kota nih yang ternyata memiliki kuliner seafood terlezat. Coba langsung simak saja yuk!


1. Makassar


Sumber : Koran-jakarta.com


Berbicara tentang kuliner seafood Indonesia pastinya tak boleh lepas dari kuliner-kuliner khas Makassar. Ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini memang sangat terkenal dengan kuliner seafood-nya karena hasil ikan lautnya sangat banyak. Seperti contoh ikan papakulu, kudu-kudu, kaneke, katamba, sukang dan masih banyak lagi. Kebanyakan ikan hasil tangkapan ini dimasak dengan cara dibakar bersama dengan sisiknya sehingga cita rasa ikan tersebut masih orginal. Setelah matang, ikan baru dilumuri dengan tambahan bumbu.


2. Manado


Sumber : Pergikuliner.com


Manado juga terkenal memiliki aneka kuliner seafood lezat. Manado memiliki hasil laut yang sangat melimpah, terutama ikan laut seperti ikan cakalang dan tuna. Beberapa kuliner Manado yang sangat populer di Indonesia adalah cakalang fufu saos, tuna balado, ikan woku, hingga sambal roa yang terbuat dari campuran ikan roa yang diasapi lalu dijemur selama berhari-hari kemudian diberi dengan tambahan bumbu pedas khas Manado.


3. Lombok



Sumber : Pergikuliner.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau Lombok menjadi salah satu daerah penghasil lobster terbesar di Indonesia. Dalam satu hari, ada sekitar 1.000 lobster yang ditangkap dan dijual ke pasaran. Selain lobster, masih ada hasil laut lainnya yang bisa dengan mudah ditemukan di Lombok seperti udang, kerang, ikan, hingga cumi. Kebanyakan dari hasil laut tersebut dimasak dengan cara dibakar atau direbus dengan menggunakan bumbu bawang putih atau kare.

4. Ambon

Sumber : Ksmtour.com

Ambon merupakan kota yang dikelilingi oleh lautan sehingga membuat hasil laut yang ada di sini sangat beragam. Ada beberapa jenis seafood yang populer di sini, yakni ikan gurapu, ikan mubara, ikan bawal, ikan kembung, sotong, dan cumi. Seafood di Ambon sering dimasak dengan cara dibakar atau digoreng lalu diberi tambahan sambal colo-colo sebagai pelengkapnya. Sambal ini diracik dengan irisan cabe rawit, tomat, bawang merah, bawang putih, daun kemangi dan perasan jeruk nipis sehingga cita rasanya lebih segar.

5. Cirebon


Sumber : Detik.net.id


Jika keempat kota di atas berlokasi di luar Pulau Jawa, kota yang satu ini berada di Pulau Jawa, tepatnya di daerah Jawa Barat. Cirebon menjadi penghasil seafood segar dan berkualitas tinggi yang sangat terkenal di Pulau Jawa. Selain dimasak, masyarakat Cirebon juga sering menjadikan ikan ini sebagai ikan asin dan dijual sebagai oleh-oleh. Hal ini bisa kamu buktikan dengan adanya banyak penjual ikan asin dengan harga yang murah di sepanjang jalan di kota ini.


Nah itu dia lima kota di Indonesia yang mempunyai kuliner seafood terlezat. Kamu sudah pernah coba yang mana saja nih teman PergiKuliner? Buat kamu yang sudah tak sabar ingin segera menyantap kenikmatan seafood ini, kamu bisa datang ke salah satu tempat di bawah ini ya!

Seafood Kalimati 94 Mulyono

Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono
Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono
Foto Seafood Kalimati 94 Mulyono

Top Seafood

Foto Top Seafood
Foto Top Seafood
Foto Top Seafood

Jenaha Seafood

Foto Jenaha Seafood
Foto Jenaha Seafood
Foto Jenaha Seafood

Layar Seafood

Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood
Foto Layar Seafood

Indah Seafood 94

Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94
Foto Indah Seafood 94

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?