Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kreasi Bolu Pisang yang Bikin Nggak Bosan Menyantapnya

List Artikel
22 Juni 2020 | 0 Komentar

Bolu menjadi salah satu jenis kue yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Pasalnya bolu punya tekstur yang padat tapi lembut dengan citarasa manis yang pas. Kue yang dimasak dengan cara dipanggang dalam oven ini punya banyak sekali varian, mulai dari bolu klasik, bolu keju, bolu pandan, bolu cokelat, hingga bolu pisang. Berbicara tentang bolu pisang, kue yang dibuat dari bahan dasar tepung terigu, telur, gula pasir, mentega, dan pisang ini punya tekstur yang lebih legit jika dibandingkan bolu kebanyakan. Ditambah lagi aromanya sangat wangi menggoda. Jenis pisang yang bagus digunakan untuk bolu pisang adalah pisang yang sudah sangat matang karena memiliki citarasa manis alami dan tekstur yang lembut. Bolu pisang ternyata juga punya banyak variannya loh, yuk kita lihat apa saja variannya!


1. Bolu Pisang Keju



Sumber: Fimela.com


Pertama ada bolu pisang keju. Bolu pisang keju sebenarnya punya adonan yang tak jauh berbeda dengan bolu pisang biasa. Hanya saja cita rasanya sangat jauh berbeda. Berhubung di dalamnya terdapat campuran keju, maka cita rasanya akan menjadi lebih gurih asin. Keju yang digunakan biasanya adalah jenis keju cheddar, tapi beberapa ada juga yang menambahkan krim keju pada bagian tengahnya sehingga saat menggigit bagian tengah akan merasakan cita rasa yang sangat berbeda.


2. Bolu Pisang Cokelat



Sumber: Blog.tokowahab.com


Selain bolu pisang keju, ada bolu pisang cokelat yang juga sangat populer. Bolu pisang cokelat ini punya tampilan yang sangat menggugah selera. Tampilannya sekilas memang mirip dengan brownies, hanya saja ketika kamu mencium aromanya akan jauh berbeda. Bolu pisang cokelat memiliki aroma pisang yang khas dan wangi yang lebih merebak. Teksturnya juga lebih padat tapi tetap empuk. Cokelat yang digunakan dalam adonan bolu pisang cokelat bisa berupa cokelat bubuk, choco chips, cokelat batang, hingga cokelat meises.

 

3. Bolu Pisang Karamel



Sumber: Pillsburybaking.com


Selanjutnya ada bolu pisang karamel yang punya cita rasa manis yang legit. Sesuai dengan namanya, bolu pisang karamel ini menggunakan saus karamel dalam campuran adonannya dan juga sebagai siramannya.  Dengan menggunakan karamel pada adonan bolu pisang, maka cita rasanya akan jadi lebih manis dan legit. Biasanya bolu pisang karamel akan disajikan bersama dengan taburan kacang sangrai atau irisan pisang.


4. Bolu Pisang Kacang



Sumber: Ytimg.com


Ada juga kreasi bolu pisang yang dipadukan dengan kacang-kacangan sehingga sajian bolu akan lebih kaya akan kandungan seratnya. Ditambah lagi, kacang-kacangan juga bisa memperkaya tekstur pada bolu pisang sehingga ada rasa krenyes saat kamu mengigitnya. Kacang yang digunakan kebanyakan adalah kacang almond atau kenari yang sudah diiris tipis-tipis lalu disangrai terlebih dahulu sebelum dicampur dengan adonan bolu.


5. Bolu Pisang Blueberry



Sumber: Dinneratthezoo.com


Terakhir ada bolu pisang blueberry yang dibuat dengan campuran buah blueberry di dalamnya. Bolu pisang blueberry di Indonesia memang tidak terlalu terkenal, tapi di Eropa dan Amerika, keberadaannya sangat populer karena buah blueberry lebih mudah didapat jika dibandingkan pisang itu sendiri. Bolu pisang blueberry punya campuran cita rasa asam segar yang berpadu dengan manisnya pisang sehingga membuatnya unik.

 

Ada banyak bukan kreasi dari bolu pisang yang bisa kamu nikmati. Dari kelimanya ini, manakah yang paling cocok dengan seleramu?

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Adora Lezat

Foto Adora Lezat
Foto Adora Lezat
Foto Adora Lezat

Tata Cakery

Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery

Sollie Cafe & Cakery

Foto Sollie Cafe & Cakery
Foto Sollie Cafe & Cakery

Sponji Traditional Spongecake

Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?