Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kudapan Berbahan Dasar Kelapa di Asia Yang Nikmatnya Pecah di Mulut

List Artikel
9 Juli 2020 | 0 Komentar
Kelapa merupakan buah yang sering diolah menjadi berbagai kudapan. Hampir seluruh bagian dari buah kelapa bisa dimanfaatkan menjadi makanan atau minuman segar. Bahkan buah kelapa yang kaya akan manfaat ini sudah diakui oleh negara-negara di Asia. Terbukti dengan banyaknya olahan makanan yang berbahan dasar kelapa yang tak hanya bercita rasa gurih dan manis, namun juga manis nan nagih lho. Penasaran dengan kudapan berbahan dasar kelapa? Simak nih 5 kudapan lezat dari berbagai negara di Asia yang terbuat dari kelapa!

1. Bika Ambon - Indonesia


Sumber: Sajiansedap.grid.id

Awas tertipu, meskin namanya Bika Ambon tetapi aslinya kudapan ini berasal dari Medan lho. Kue Bika Ambon memang sangat populer karena banyak orang yang menyukainya. Kue Bika Ambon pada dasarnya terbuat dari santan yang dicampur dengan tepung, gula, kuning telur dan aneka bahan lainnya yang dipanggang dengan suhu tertentu. Sehingga jadilah Bika Ambon yang bercita rasa manis dan gurih, serta sangat lembut ketika dimakan.

2. Khanom Buang - Thailand


Sumber: Pinterest.com

Khanom Buang merupakan salah satu jenis crepes khas Thailand yang sangat populer. Jajanan kaki lima khas Thailand ini dipercaya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu sebagai makanan kuno dari Ayyuthaya di era Buddha. Bahan utamanya hampir sama dengan crepes pada umumnya dengan isian kelapa. Khanow Buang ditaburi parutan kelapa dan wijen yang sudah disangrai. Rasanya sangat lezat dan renyah.

3. Kyauk Kyaw - Myanmar


Sumber: Pinterest.com

Kyauk Kyaw adalah dessert khas Myanmar yang terbuat dari santan, agar-agar, air, gula dan garam. Bahan-bahan tersebut kemudian direbus hingga mendidih sebelum akhirnya campuran dibiarkan pada suhu ruangan terbuka. Kudapan ini memiliki dua lapisan yakni lapisan kelapa putih dan lapisan bening. Bentuknya mirip seperti jeli dan bertekstur kenyal. Sangat cocok dinikmati dalam keadaan dingin dan rasanya cukup menyegarkan tenggorokan.

4. Basbousa - Timur Tengah


Sumber: Lurpak.com

Basbousa merupakan sejenis kue khas Timur Tengah yang terbuat dari kelapa parut, tepung semolina, gula, vanila dan kacang almond sebagai topping di atasnya yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Ketika sudah matang, biasanya Basbousa akan disajikan dengan siraman sirup yang terbuat dari perasan lemon sehingga membuat kue ini nampak mengkilat. Rasanya sudah tak perlu ditanya, super gurih dan menggiurkan!

5. Coconut Ladoo - Asia Selatan


Sumber: Badhiyarecipe.com

Selanjutnya, ada si bola manis yakni Coconut Ladoo yang sangat populer di negara-negara kawasan Asia Selatan. Kue ini terbuat dari kelapa yang dicampur dengan kacang mete, kapulaga, susu dan gula. Setelah dibentuk bulat, permukaan kue akan diselimuti dengan kelapa parut. Maka dari itu, Coconut Ladoo sering disebut juga dengan bola salju karena bentuknya yang bulat dan berwarna putih.

Itu dia beberapa kudapan lezat berbahan dasar kelapa yang bisa kamu coba. Di Jakarta, mungkin agak susah ya menemukan beberapa kudapan di atas? Jangan sedih, kamu masih bisa nikmatin berbagai kuliner berbahan dasar kelapa yang bisa kamu coba di tempat makan rekomendasi Pergikuliner di bawah ini!

Hey Beach!

Foto Hey Beach!
Foto Hey Beach!
Foto Hey Beach!

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Coco Time

Foto Coco Time
Foto Coco Time
Foto Coco Time

Cocowell

Foto Cocowell
Foto Cocowell

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?