Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kue Cemilan Khas Meksiko yang Mendunia

List Artikel
11 Desember 2015 | 0 Komentar

Meksiko, salah satu negara yang terletak di bagian Amerika Latin bukan hanya terkenal dengan telenovelanya tapi juga karena kulinernya. Kuliner Meksiko memang masih cocok di lidah orang Indonesia. Oleh karena itu restoran Meksiko juga menjamur di sini. Cemilan khas Meksiko yang terkenal di dunia adalah nachos dan tortilla. Selain kedua cemilan tersebut ternyata masih ada lima cemilan lezat lainnya yang tenar di dunia. Mau tahu apa saja? Mari kita lihat!



1. Tacos Al Pastor



Sumber: pergikuliner.com


Jangan heran jika cemilan yang satu ini mirip dengan kebab Turki. Tacos al pastor memang merupakan kuliner yang mengadopsi makanan asal Libanon yakni shawarma, yang dibawa oleh imigran ke Meksiko. Tacos al pastor menggunakan daging babi di dalamnya. Daging babi yang digunakan dibumbui terlebih dahulu dengan cabai kering, rempah, dan juga nanas. Setelah dibumbui, daging babi lalu dipanggang dengan api kecil. Daging tersebut dipanggang secara vertikal persis mirip kebab. Setelah matang, daging diiris-iris dan disajikan di atas tortilla bersama dengan potongan bawang, ketumbar, nanas, perasan lemon, serta salsa pedas.



2. Taquito



Sumber: flickr.com


Sekilas cemilan yang satu ini memang mirip dengan lumpia Semarang. Taquito yang bisa disebut sebagai taco gulung, atau flautas yang berarti taco emas terbuat dari tortilla yang digulung dengan isi daging sapi, keju, ataupun potongan ayam. Tortilla isi yang digulung kemudian digoreng renyah hingga berwarna cokelat keemasan. Camilan taco goreng itu kemudian dihidangkan dengan saus yang terbuat dari krim asam dan guacamole. Guacamole adalah sejenis salad yang terdiri dari alpukan lumat yang diberi garam dan beberapa bumbu lain, seperti tomat, bawang merah, bawang putih, perasan lemon, merica, basil, dan jalapeno.


 

3. Mole Poblano



Sumber: bradajohnson.com


Mole poblano adalah kuliner Meksiko yang paling otentik. Mole poblano terdiri setidaknya atas 20 bahan, termasuk lada dan cokelat. Mole sendiri sebenarnya adalah sebutan untuk saus yang biasa disajikan pada makanan Meksiko. Mole poblano disajikan bersamaan dengan kalkun pada perayaan pernikahan, ulang tahun, pembaptisan, dan natal.


 

4. Cemita



Sumber: eatmexico.com


Cemilan dengan nama cantik ini pada dasarnya mirip dengan sandwich. Cemita yang berasal dari Puebla, Meksiko, ini menggunakan bread roll yang kemudian disajikan dengan potongan alpukat yang segar, daging, keju putih, bawang, dan herba papalo, serta salsa roja merah.


 

5. Chilaquiles



Sumber: tripadvisor.com


Chilaquiles terbuat dari tortilla yang dipotong menjadi empat dan digoreng lalu diberi salsa hijau ataupun merah. Salsa merupakan saus yang berbahan dasar tomat namun diberi berbagai tambahan lain seperti bawang, kacang, jagung, dan beragam rempah. Selain salsa, saus lain yang dapat menjadi bahan Chilaquiles adalah saus mole yang terbuat dari lada, rempah, roti, kacang, dan cokelat. Chilaquiles biasanya diberi tambahan topping daging ayam, bacon, serta keju.

Taco Local

Foto Taco Local
Foto Taco Local
Foto Taco Local

La Hoya Comida Mexicana

Foto La Hoya Comida Mexicana
Foto La Hoya Comida Mexicana
Foto La Hoya Comida Mexicana

Chili's Grill and Bar

Foto Chili's Grill and Bar
Foto Chili's Grill and Bar

Picante

Foto Picante
Foto Picante
Foto Picante

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?