Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kue Natal khas Italia yang Bisa Jadi Inspirasi Sajian Natalmu

List Artikel
25 Desember 2019 | 0 Komentar

Italia menjadi salah satu negara di Eropa yang terkenal akan kuliner lezatnya. Ada beberapa kuliner khas Italia yang sangat terkenal di dunia seperti tiramisu hingga espresso. Berbicara tentang kuliner khas Italia, ternyata negara yang juga terkenal akan sepak bolanya ini juga punya kue Natal khasnya sendiri lho. Layaknya negara-negara Eropa pada umumnya, Italia juga punya kue khas Natal yang cita rasanya pasti bisa bikin kamu ketagihan. Rata-rata kue Natal khas Italia ini terbuat dari bahan campuran kacang-kacangan serta buah-buahan sehingga punya tekstur yang unik karena ada perpaduan renyah di dalamnya. Daripada penasaran, langsung cek aja yuk beberapa rekomendasinya di bawah ini!

 

1. Panettone



Sumber : Livitaly.com


Pertama ada panettone yang merupakan kue khas Natal Italia yang termasuk dalam kategori roti atau bakery. Panettone adalah roti dari Milan yang bentuk permukaannya ini mirip dengan kubah atau muffin. Meski terlihat kokoh, roti panettone punya tekstur yang sangat lembut dengan aroma jeruk yang wangi karena memang dibuat dari campuran manisan jeruk, lemon, dan kulit lemon parut. Selain itu ada kismis di dalamnya sehingga menambah cita rasa manis alaminya.

 

2. Panforte



Sumber : Californiawalnuts.com


Berikutnya ada panforte yang merupakan kue Natal dengan aroma yang sangat kuat karena dalam bahasa Italia, panforte memiliki arti kue bumbu lada. Tak heran kalau citarasa kue ini terbilang cukup unik karena ada rasa pedasnya. Kue ini sudah ada sejak abad  pertengahan dan masih terus dilestarikan hingga sekarang. Selain ada campuran lada di dalamnya, ada aneka kacang-kacangan dan buah kering yang digunakan.

 

3. Pandoro



Sumber : Manusmenu.com


Pandoro adalah kue Natal khas Italia yang berasal dari Verona. Kue ini punya tampilan yang cantik karena bagian luarnya seperti berwarna cokelat keemasan. Inilah mengapa kue ini dinamakan pandoro karena dalam bahasa Italia, pandoro artinya adalah roti emas. Kue ini memiliki bentuk 8 sisi dengan bahan pembuatan dari telur, gula dan mentega. Pada bagian atasnya nanti akan disiram dengan icing sugar yang beraroma vanilla.

 

4. Pangiallo



Sumber : Pinimg.com


Tak hanya pandoro saja yang punya warna keemasan, pangiallo yang merupakan salah satu kue khas Natal dari Italia juga punya warna keemasan pada lapisan paling luarnya. Kue ini terlihat sangat penuh isiannya karena memang dibuat dari campuran utama kacang-kacangan, kismis, rempah dan manisan buah. Pangiallo sudah ada sejak zaman kekaisaran Roma. Pada masa itu, masyarakat Roma sengaja membuatnya pada musim dingin untuk dijadikan persembahan bagi kembalinya matahari. Tak heran kalau lapisan luarnya diwarnai keemasan.

 

5. Torrone



Sumber : Archivio.letitwine.com


Melihat bentuknya pasti kamu sudah tahu kalau kue yang terakhir ini adalah nougat. Torrone adalah nougat khas Italia yang banyak disajikan saat perayaan Natal. Hal ini dikarenakan torrone memiliki warna putih yang mirip dengan warna salju pada saat Natal. Torrone dibuat dari bahan utama madu, gula, putih telur dan aneka kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan yang digunakan tergantung dari daerahnya karena beda daerah beda pula bahan campurannya.

 

Itulah beberapa kue Natal khas Italia yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk kue Natalmu tahun ini. Dari kelimanya, kamu ingin mencoba yang mana?

C for Cupcakes & Coffee

Foto C for Cupcakes & Coffee
Foto C for Cupcakes & Coffee
Foto C for Cupcakes & Coffee

Tous Les Jours Cafe

Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe
Foto Tous Les Jours Cafe

Exquise Patisserie

Foto Exquise Patisserie
Foto Exquise Patisserie
Foto Exquise Patisserie

Francis Artisan Bakery

Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery
Foto Francis Artisan Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?