Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner dari Daun Singkong yang Jadi Favorit Masyarakat Indonesia

List Artikel
6 Agustus 2019 | 0 Komentar

Siapa diantara kamu yang gemar mengonsumsi sayur terutama daun singkong? Mengonsumsi sayuran salah satunya daun singkong sangat baik untuk tubuh karena banyak memiliki manfaat dan kaya gizi. Selain itu, daun singkong bisa dengan mudah kamu dapatkan, seperti di pasar, bahkan di tukang sayur langganan kamu. Daun singkong juga memiliki beberapa olahan kuliner khas Indonesia yang berbahan dasar daun singkong, yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Kuliner tersebut memiliki cita rasa yang sangat khas dan berbeda dari kuliner lainnya dan dapat membuat kamu tidak ingin berhenti menyantapnya, apalagi dengan tambahan nasi putih hangat. Apa saja ya kuliner berbahan baku daun singkong tersebut?

 

1. Buntil



Sumber : Sajiansedap.grid.id


Kuliner pertama yang berbahan baku daun singkong paling favorit urutan pertama adalah buntil. Buntil daun singkong memang memiliki tekstur dan bentuk yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Bentuknya yang unik inilah dikarenakan daun singkong tersebut diolah dengan cara direbus dan dibentuk bulat-bulat terlebih dahulu, baru kemudian dimasak bersama kuah santan berbumbu. Kuah santan tersebut memiliki bumbu terdiri dari cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit bakar, kemiri, ebi, gula merah, garam dan pala yang dihaluskan terlebih dahulu, sehingga memiliki rasa sedikit pedas dan gurih dari santan tersebut.

 

2. Gulai Daun Singkong



Sumber : Resepkoki.id


Bosan dengan gulai yang dimasak bersama ayam atau daging sapi? Daun singkong bisa kamu jadikan gulai, loh. Daun singkong dimasak dengan bumbu gulai dan berbagai macam rempah, serta kuah santan encer berwarna orange keemasan dan ditaburi dengan teri medan goreng. Cita rasanya tidak kalah dengan gulai pada umumnya, sangat gurih dan sedikit agak pedas. Gulai daun singkong akan semakin nikmat dan lezat bila disajikan bersama nasi putih hangat.

 

3. Tumis Daun Singkong



Sumber : Sajiansedap.grid.id


Ingin kuliner dengan olahan tumisan? Tumisan yang satu ini menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Tumis daun singkong bisa kamu coba loh, karena bisa kamu temukan di rumah makan khas Indonesia dan juga bisa kamu buat sendiri di rumah karena sangat mudah membuatnya. Daun singkong yang direbus terlebih dahulu dan dimasukkan kedalam tumisan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, saus tiram, gula dan garam. Tumisan ini tidak lengkap kalau tidak diberi tambahan teri medan yang digoreng hingga garing dan juga nasi hangat.

 

4. Urap



Sumber : Berbagiresep.org


Kalau kamu suka menyantap olahan kuliner berbahan baku daun singkong pasti sangat mengenal yang satu ini, yaitu urap. Kuliner ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang di rebus, salah satunya daun singkong. Sayuran tersebut dicampur dengan bumbu kelapa parut yang menggunakan bumbu halus seperti kencur, bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun jeruk, garam, gula dan terasi. Biasanya campuran bumbu dan kelapa parut tersebut dikukus sebentar terlebih dahulu sebelum dicampur bersama sayur-sayuran. Selain rasanya yang sedikit pedas, gurih dan segar urap memiliki tekstur yang unik. Inilah yang menyebabkan urap kerap menjadi kuliner berbahan baku daun singkong paling favorit.

 

5. Rolade Daun Singkong



Sumber : Resepkoki.id


Kuliner berbahan baku daun singkong yang terakhir ada rolade daun singkong. Kuliner yang satu ini memang sedikit agak rumit dalam hal pembuatannya, oleh karena itu jarang ada yang membuatnya. Biasanya dalam proses pembuatan rolade yang satu ini dicampur bersama tahu putih yang dihancurkan untuk membantu proses penggulungan dan memadatkan adonan daun singkong tersebut. Tahu putih yang dicampur tersebut diaduk bersama bumbu-bumbu, lalu digulung bersama daun singkong rebus. Gulungan tersebut dikukus hingga matang, lalu dipotong-potong dan dicelupkan kedalam adonan telur dan digoreng hingga kecoklatan. Rasanya sangat gurih, tekturnya pun renyah di luar dan lembut di dalam.

 

Dari kelima kuliner lezat di atas, mana nih yang jadi favorit kamu? Sekarang mari kita simak dulu yuk beberapa restoran Indonesia yang bisa  kamu datangi berikut ini!

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Marco by Chef Marco Lim

Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim
Foto Marco by Chef Marco Lim

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?