Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Dengan Olahan Abon yang Menggugah Selera Makan

List Artikel
1 Juni 2020 | 0 Komentar

Abon merupakan salah satu kuliner yang banyak dijadikan sebagai lauk pauk. Abon terbuat dari bahan utama daging, bisa daging sapi, ayam, hingga ikan yang direbus hingga matang lalu disuwir-suwir dan dibumbui dengan aneka bumbu rempah sehingga citarasanya jadi lebih berbeda. Abon yang termasuk dalam kategori kuliner kering ini memang bisa bertahan lama dan awet. Hal ini dikarenakan abon nyaris tidak memiliki kadar air sama sekali. Oleh karena itu, abon bisa tahan disimpan hingga berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan lamanya. Cita rasa dari abon cenderung gurih dan ada sedikit rasa manisnya. Tapi ada juga beberapa abon yang memiliki cita rasa gurih pedas. Abon tak hanya cocok dijadikan sebagai lauk saja, tetapi juga dapat diolah menjadi beragam olahan dengan cita rasa yang berbeda. Coba langsung kita lihat apa saja olahan abon dengan cita rasa lezat di bawah ini!

 

1. Lemper Abon



Sumber: pergikuliner.com


Di urutan pertama sudah pasti ada lemper abon yang dibuat dari bahan utama beras ketan yang dimasak dengan santan dan garam. Setelah menjadi aron, adonan dibentuk dan di dalamnya diisi dengan abon lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus atau dibakar hingga matang. Lemper abon punya perpaduan cita rasa yang gurih asin dari santan dan  gurih manis dari abon.


2. Roti Abon



Sumber: Pergikuliner.com


Roti abon pasti mengingatkanmu akan toko roti ternama yang mempopulerkan roti abon. Roti abon terbagi menjadi dua jenis, yakni yang manis karena ada campuran susu kental manisnya dan yang pedas karena ada campuran sambal cabainya. Sesuai dengan namanya, roti abon dibuat dari dua bahan utama yakni roti yang berbentuk agak lonjong lalu di atasnya diberi topping abon. Roti abon ini ada banyak sekali penggemarnya karena rasanya yang sungguh lezat.


3. Sumpia



Sumber: Gitacinta.com


Bagi yang suka nyemil pasti tahu dengan kuliner olahan abon yang satu ini. Sumpia merupakan salah satu cemilan yang terbuat dari abon. Bagian luarnya dibuat dari adonan kulit pangsit, lalu bagian dalamnya diisi dengan abon lalu digoreng hingga renyah dan garing. Sumpia banyak dijumpai sebagai snack atau cemilan dalam bentuk kiloan atau dijual per kemasan plastik. Cita rasa dari sumpia cenderung gurih dan manis.


4. Pastel Abon Mini



Sumber: Beepdo.com


Berikutnya ada pastel abon mini yang juga sama-sama menjadi cemilan dari olahan abon. Berbeda dengan sumpia yang bentuknya seperti pipa kecil, pastel abon mini memang berbentuk seperti pastel yang berukuran sangat kecil. Rata-rata ukuran pastel abon mini sekitar 2-3 cm saja. Untuk bahan-bahan pembuatannya tak jauh berbeda dari pastel kebanyakan, hanya saja untuk isiannya diganti dengan abon.


5. Talam Abon



Sumber: Yummy.co.id


Terakhir ada talam abon yang menjadi salah satu jajanan tradisional khas Indonesia. Talam abon dibuat dari bahan dasar tepung beras, tepung tapioka, santan kental, garam, dan gula pasir. Setelah adonan dicampur rata dan dimasukkan dalam cetakan, abon akan ditaburi di bagian atasnya. Cita rasa talam abon sangat gurih dengan perpaduan tekstur yang lembut tapi ada sedikit garingnya dari abon.

 

Ada banyak bukan, olahan abon yang punya cita rasa lezat? Dari sekian banyak olahan abon, manakah yang paling cocok dengan seleramu?

Soes Merdeka

Foto Soes Merdeka
Foto Soes Merdeka
Foto Soes Merdeka

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Dandy Bakery

Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?