Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Fenomenal yang Banyak Dijumpai Saat Puasa

List Artikel
11 Mei 2019 | 0 Komentar
Di bulan Ramadhan atau lebih dikenal dengan bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah. Saat bulan puasa banyak masyarakat yang mulai mencari rejeki dengan banyak cara, salah satunya adalah menjual kuliner khas yang fenomenal dan banyak dijumpai saat bulan puasa. Salah satu dari beberapa kuliner yang fenomenal ini memang hanya dibuat pada saat puasa saja, karena kuliner tersebut memiliki cita rasa yang unik dan juga paling dirindukan oleh masyarakat muslim. Kuliner-kuliner fenomenal ini memang banyak ditemukan di berbagai tempat seperti di pinggir jalan, pasar, di depan perkantoran, bahkan di depan perumahan-perumahan warga dan juga memiliki harga yang bervariasi. Apa saja sih kuliner-kuliner fenomenal tersebut? Yuk kita langsung!

Kolak

Sumber : Fimela.com


Kuliner fenomenal yang pertama ada kolak. Kolak memiliki banyak ragam isian, seperti pisang, biji salak, ubi dan juga singkong. Kolak mempunyai cita rasa yang khas, yaitu gurih yang berasal dari santan kelapa dan manis dari gula merah atau gula aren serta wangi khas yang berasal dari daun pandan. Kolak biasanya dijadikan sebagai takjil untuk berbuka puasa karena sangat pas dan cocok untuk disantap sebelum makan makanan yang berat mengandung nasi.

Es Serut Buah


Sumber : Pergikuliner.com

Es serut buah merupakan salah satu kuliner yang paling dicari oleh masyarakat muslim untuk menu berbuka puasa. Rasanya yang sangat segar, dingin, manis, dan mengandung buah-buahan segar yang kaya manfaat cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Biasanya es serut buah sering dijadikan penutup makanan atau dessert setelah makan makanan berat seperti nasi. Es serut buah biasanya berisi es yang diserut dengan varian ragam buah-buahan seperti apel, alpukat, kelapa, nanas, leci, dan masih banyak lagi serta tambahan topping sirup dan susu kental manis. Kuliner yang satu ini sangat fenomenal karena hanya ada saat bulan puasa saja dan dapat ditemukan di mana saja dengan harga yang bermacam-macam tergantung pada jenis isian buahnya.

Manisan Kolang Kaling


Sumber : Sajiansedap.grid.id

Kuliner fenomenal ketiga ada manisan kolang-kaling, yang memang hanya dijual dan hanya ada pada saat bulan puasa saja. Manisan ini juga digemari oleh banyak masyarakat muslim karena rasanya yang manis dan segar serta tekstur yang kenyal dari buah kolang-kaling tersebut dan memiliki warna yang cerah. Agar kolang-kaling mendapatkan tekstur yang kenyal serta empuk dan mendapatkan warna cerah yang pas, biasanya kolang-kaling direndam bersama sirup selama satu malam. Manisan kolang-kaling memiliki banyak ragam warna, diantaranya ada warna merah dan hijau. Manisan ini biasanya sering kita jumpai saat hari raya tiba, karena cocok dijadikan sebagai cemilan.

Es Timun Suri

Sumber : Resepkoki.id

Berikutnya ada es timun suri. Saat bulan puasa tiba biasanya banyak pedagang buah yang menjajakan buah timun suri karena buah ini tergolong jarang kita jumpai serta susah kita temukan keberadaannya dan hanya bisa didapatkan saat bulan puasa saja. Buah timun suri memiliki bentuk yang lonjong dengan warna kuning keemasan serta teksturnya yang sangat lembut. Es timun suri sangat cocok dijadikan sebagai salah satu menu berbuka puasa, karena rasanya yang menyegarkan dan dapat menghilangkan dahaga. Biasanya timun suri disajikan dalam berbagai macam bentuk yang beragam seperti diserut memanjang, dikeruk berbentuk bulat-bulat kecil, atau dipotong kecil-kecil berbentuk lalu diberi es serut atau es batu dengan tambahan topping sirup ataupun susu kental manis.

Jajanan Tradisional


Sumber : Bobo.grid.id

Kuliner fenomenal terakhir yang banyak kita jumpai saat bulan puasa saja adalah jajanan tradisional. Kamu pasti tahu Indonesia memiliki banyak ragam jenis jajanan tradisional yang dijual saat bulan puasa, sampai-sampai kamu bingung mau beli yang mana saja. Biasanya jajanan tradisional banyak sekali ditemukan dimana saja, mulai dari pasar, pinggir jalan, depan rumah warga, bahkan area khusus jajanan kuliner saat event bulan puasa. Selain ragam jenisnya yang banyak seperti lemper, semar mendem, bolu kukus, apem, lupis, talam dan masih banyak lagi. Harganya pun juga bervariasi, mulai dari harga satuan, harga lusinan, bahkan harga satu box atau harga pertampah.


Dari kelima kuliner fenomenal tersebut, yang mana nih yang paling kamu cari saat bulan puasa? Kamu juga bisa lho mampir ke beberapa tempat di bawah ini saat buka puasa tiba!

Es Teler Sumatera Aho

Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho
Foto Es Teler Sumatera Aho

Es Teler G5

Foto Es Teler G5
Foto Es Teler G5
Foto Es Teler G5

Es Kelapa Batok by Gentong

Foto Es Kelapa Batok by Gentong

Remboelan

Foto Remboelan

Es Campur Ko Acia

Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia
Foto Es Campur Ko Acia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?