Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Indonesia yang Awalnya Hanya Disantap Para Bangsawan Kerajaan

List Artikel
10 Maret 2020 | 0 Komentar

Indonesia adalah negara yang punya banyak cerita sejarah di dalamnya. Tak hanya sejarah mengenai perjalanan kemerdekaannya saja, tapi juga cerita perjalanan kulinernya. Seperti yang kita ketahui, Indonesia awalnya terdiri dari berbagai kerajaan, mulai dari yang ada di ujung barat hingga timur Indonesia. Beberapa kerajaan yang terkenal dan namanya terus dikenang adalah Mataram, Majapahit, Singosari, Tarumanegara, Goa, Demak, Banten, Sriwijaya, Kutai, Kediri dan masih banyak lagi. Tentunya para bangsawan kerajaan tersebut punya kuliner yang hanya bisa disantap oleh mereka. Meski pada saat ini hal seperti itu sudah tidak terjadi lagi alias semua orang bisa menyantapnya, tapi pasti kamu penasaran kira-kira ada kuliner Indonesia apa yang awalnya hanya bisa disantap oleh para bangsawan ini. Mari kita lihat yuk!

 

1. Coto Makassar



Sumber : Selerasa.com


Pertamabada coto Makassar yang asalnya sudah pasti dari kota Makassar. Kuliner ini memang sangat populer di Indonesia, tak hanya di kota asalnya saja, tapi juga di seluruh daerah Indonesia. Coto Makassar ini awalnya hanya disantap oleh bangsawan pada zaman kerajaan Goa di tahun 1500-an. Berbeda dengan soto pada umumnya, coto Makassar ini punya kuah yang kecoklatan dengan isian daging sapi serta jerohannya seperti ati, ampela, dan lain sebagainya. Coto Makasaar biasanya dinikmati bersama dengan taburan bawang goreng, perasan jeruk nipis dan lontong.

 

2. Bistik Gelatin



Sumber : Amazonaws.com


Bistik gelatin menjadi kuliner Indonesia kedua nih yang awalnya juga disantap oleh para bangsawan kerajaan. Bistik gelatin selalu dijadikan oleh keluarga kerajaan Surakarta sebagai sajian untuk menjamu tamu kehormatan sehingga pada awalnya tak semua orang bisa menyantapnya. Bistik gelatin yang memang merupakan kuliner adaptasi dari Belanda saat ini bisa kita santap di rumah makan yang ada di kawasan Jawa Tengah. Bistik gelatin dibuat dari campuran daging iris, kentang, wortek, daun selada, dan siraman saus khasnya.

 

3. Naniura



Sumber : Wikimedia.org


Selanjutnya ada naniura yang pasti masih terdengar agak asing bagi beberapa di antaramu. Naniura ini adalah kuliner asal Sumatera Utara dan awalnya hanya disantap oleh para bangsawan Batak saja. Kuliner dengan bahan utama ikan mas ini dibuat dengan cara yang unik karena tidak dimasak dengan api. Ikan mas yang sudah dibersihkan akan diberi perasan jeruk purut dan didiamkan selama kurang lebih 5-10 menit lalu setelah itu diberi bumbu yang terdiri atas puluhan rempah. Berhubung tidak dimasak dengan api, maka kandungan nutrisinya masih tetap utuh. Hingga saat ini, kamu masih bisa menikmati naniura di rumah makan yang ada di Sumatera Utara.

 

4. Nasi Blawong



Sumber : Travelingyuk.com


Bagi masyarakat Yogyakarta pastinya sudah tak asing dengan nasi blawong. Nasi blawong adalah salah satu kuliner yang disukai oleh keluarga keraton Yogyakarta. Kuliner ini memang sangat familiar bagi para anggota keraton karena sudah ada sejak zaman masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono 1.  Sebenarnya awalnya nasi ini hanya disajikan pada saat perayaan ulang tahun salah satu anggota keraton. Nasi blawong dibuat dari bahan dasar nasi yang dimasak dengan aneka rempah sehingga warnanya kemerahan. Nasi ini akan disajikan dengan aneka lauk seperti ayam goreng lengkuas, rempeyek ikan teri, telur masak pindang dan lain sebagainya.

 

5. Gudeg Manggar



Sumber : Idntimes.com


Terakhir ada gudeg manggar yang awalnya hanya bisa disantap oleh keluarga kerajaan Majapahit saja. Menurut sejarahnya, gudeg manggar menjadi favorit para puteri bangsawan dan keluarga kerajaan Majapahit. Gudeg manggar ini dibuat dari bahan utama bunga buah kelapa. Keunikannya ini membuat citarasanya berbeda dari gudeg biasanya yang dibuat dari nangka muda, ayam, daging sapi, atau telur. Saat disajikan, gudeg manggar juga didampingi lauk pauk lainnya seperti sambak krecek, telur bebek bacem, dan lain sebagainya.

 

Itulah beberapa kuliner Indonesia yang tadinya hanya disantap para bangsawan kerajaan saja. Bersyukurlah kalau saat ini kita juga bisa ikut menyantapnya ya Teman Pergi Kuliner! Nah, jika lapar melanda kamu setelah membaca artikel ini bisa langsung mampir ke salah satu dari tempat makan di bawah ini aja ya!

Makassar Seafood Pelangi

Foto Makassar Seafood Pelangi
Foto Makassar Seafood Pelangi
Foto Makassar Seafood Pelangi

Mamink Daeng Tata

Foto Mamink Daeng Tata
Foto Mamink Daeng Tata
Foto Mamink Daeng Tata

Rumah Makan Marannu

Foto Rumah Makan Marannu
Foto Rumah Makan Marannu
Foto Rumah Makan Marannu

Sulawesi@Mega Kuningan

Foto Sulawesi@Mega Kuningan
Foto Sulawesi@Mega Kuningan
Foto Sulawesi@Mega Kuningan

Sop Konro Karebosi

Foto Sop Konro Karebosi
Foto Sop Konro Karebosi
Foto Sop Konro Karebosi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?