Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Indonesia yang Bahan Bakunya dari Jagung

List Artikel
27 Agustus 2019 | 0 Komentar

Jagung merupakan salah satu bahan baku makanan yang keberadaannya di Indonesia bisa dengan mudah dijumpai karena ada banyak petani jagung di negara kita ini. Berhubung ada banyak dan harganya juga terbilang murah, maka tak heran kalau ada banyak sekali kuliner Indonesia yang menggunakan bahan dasar jagung. Jagung memiliki citarasa yang manis dengan tekstur juicy. Kamu bisa dengan mudah menjumpai aneka kuliner khas Indonesia yang memiliki campuran jagung di dalamnya, mulai dari masakan, cemilan, minuman, hingga dessert pencuci mulut yang kebanyakan adalah kue khas Indonesia. Tapi dari sekian banyaknya tersebut, ada lima yang menggunakan bahan baku hanya jagung alias tidak banyak ditambahkan dengan bahan-bahan lainnya, yaitu:

 

1. Perkedel Jagung



Sumber : Resepkoki.id


Kuliner khas Indonesia pertama yang berbahan dasar jagung sudah pasti adalah perkedel jagung. Kuliner asal Manado ini memang banyak ditemukan di daerah lain selain daerah asalnya. Contohnya saja di Pulau Jawa, kamu bisa dengan mudah menjumpai perkedel jagung, baik itu di restoran, rumah makan, hingga pedagang gorengan. Perkedel jagung dibuat dari bahan dasar jagung yang dipipil lalu diberi tambahan tepung terigu, telur ayam, irisan daun bawang, serta aneka bumbu rempah lainnya.

 

2. Lepet Jagung



Sumber : Idntimes.com


Di daerah-daerah yang ada di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur, kuliner bernama lepet jagung ini akan dengan mudah kamu temukan. Sesuai dengan namanya, lepet jagung merupakan kuliner berbahan dasar jagung yang dihaluskan atau diparut terlebih dahulu lalu dicampur dengan kelapa parut, gula pasir, vanili, garam dan santan lalu dibungkus dengan daun atau kulit jagung dan dikukus hingga matang. Cita rasanya sudah pasti manis gurih dengan tekstur kenyal.

 

3. Grontol



Sumber : Resepgulaku.com


Masih berada di daerah Jawa, yakni Jawa Tengah, ada kuliner berbahan dasar jagung yang bernama grontol. Kamu pasti pernah menjumpainya di pedagang gerobak yang sering muncul di dekat gerbang sekolah karena memang jajanan ini banyak dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan menggunakan gerobak atau sepeda. Grontol terbuat dari jagung yang dikeringkan lalu dipipil dan direbus hingga matang kemudian disajikan bersama dengan parutan kelapa yang sudah dicampur dengan gula pasir. Cita rasanya manis dan cocok dijadikan sebagai cemilan.

 

4. Tinutuan



Sumber : Wikimedia.org


Kalau kuliner yang satu ini merupakan kuliner berat alias masakan yang berasal dari kota Manado. Tinutuan adalah bubur khas Manado yang bahan dasarnya adalah dari jagung dengan campuran labu kuning dan beras. Selain itu ada bahan tambahan lain seperti bayang, kangkung, kemangi, serta irisan ikan cakalang atau ikan asin. Cita rasanya sudah pasti gurih dengan perpaduan rasa manis dari jagung dan labu. Jika ingin cita rasa pedas, kamu bisa menambahkan sambal roa.

 

5. Jagung Bose



Sumber : Communication.binus.ac.id


Beralih ke daerah Nusa Tenggara Timur, ada kuliner bernama jagung bose yang pastinya berbahan dasar jagung. Kuliner ini sebenarnya termasuk dalam kategori bubur yang di dalamnya juga ditambahkan kacang merah dan kacang tanah lalu dimasak bersama dengan santan kelapa. Cita rasanya sudah pasti gurih lezat. Untuk menyantapnya, jagung bose ini biasa dihidangkan bersama dengan ikan bakar atau daging asap (se’i). Kebanyakan masyarakat NTT menyantap jagung bose untuk menu sarapan.

 

Itulah beberapa kuliner khas Indonesia yang berbahan dasar jagung. Enak-enak bukan? Nah, jika kamu ingin menyantap aneka kuliner yang menggunakan bahan dasar jagung lainnya, kamu bisa simak beberapa referensi di bawah ini yuk!

Restoran Beautika Manado

Foto Restoran Beautika Manado

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Chicago Popcorn

Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn

Magi Planet

Foto Magi Planet
Foto Magi Planet
Foto Magi Planet

Chef Tony's

Foto Chef Tony's
Foto Chef Tony's
Foto Chef Tony's

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?