Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Kuliner Indonesia yang Namanya Berbeda Tapi Rasanya Sama

List Artikel
31 Desember 2017 | 0 Komentar

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam suku dan budaya mulai dari Sabang hingga Merauke. Keragaman inilah yang membuat Indonesia juga memiliki kuliner yang beragam pula. Kamu bahkan tidak bisa menghitung ada berapa sebenarnya kuliner tradisional yang ada di seluruh Indonesia. Namun uniknya, ternyata ada beberapa kuliner yang memiliki nama berbeda tapi pada kenyataannya bentuk serta cita rasa kuliner tersebut sama saja. Penasaran kan ada kuliner apa saja yang punya dua nama berbeda? Yuk, lihat!

 

1. Bakwan Jagung vs Perkedel Jagung



Sumber : pergikuliner.com


Diurutan pertama ada bakwan jagung yang juga memiliki nama lain perkedel jagung. Dua nama yang berbeda namun pada dasarnya kuliner ini hanya satu jenis. Bakwan jagung atau perkedel jagung merupakan salah satu jenis gorengan yang terbuat dari jagung pipil yang dicampur dengan tepung, daun bawang seledri, dan bumbu rempah lainnya. Dinamakan bakwan karena memang terbuat dari campuran sayuran dan tepung layaknya bakwan pada umumnya dan dinamakan perkedel karena jagung yang digunakan sebagian ada yang dihaluskan seperti perkedel.

 

2. Bakwan Malang vs Bakso Malang



Sumber : pergikuliner.com


Di daerah asalnya, kuliner ini dinamakan bakso Malang. Tapi di luar kota Malang masih ada yang menyebutnya bakwan Malang. Lalu sebenarnya yang benar yang mana? Kedua-duanya sama saja kok, teman PergiKuliner. Hanya saja, jika kamu datang ke kota Malang, jangan harapa ada yang tahu bakwan Malang karena masyarakat di sana hanya mengenal kuliner yang bernama bakso Malang.

 

3. Martabak Manis vs Martabak Terang Bulan



Sumber : pergikuliner.com


Masyarakat Jakarta dan sekitarnya menyebut kuliner ini sebagai martabak manis, tapi di Jawa Timur dan Jawa Tengah, kuliner ini justru disebut dengan nama martabak terang bulan karena bentuk dan warna yang kuning seperti bulan. Sebenarnya kuliner ini aslinya memang bernama martabak terang bulan, tapi kemudian berganti nama dengan nama martabak manis karena rasanya yang manis dan juga nama martabak manis lebih mudah diingat.


4. Es Dawet vs Es Cendol



Sumber : pergikuliner.com


Minuman menyegarkan ini memang sangat menggoda saat cuaca sedang terik menyengat. Es cendol khas Bandung, Jawa Barat ini ternyata memiliki nama lain yakni es dawet. Sama seperti di Bandung, di Jakarta es ini dinamakan es cendol. Tapi di daerah Jawa lainnya dan juga di Bali, es ini justru disebut dengan nama es dawet. Sebenarnya ada perbedaan sedikit dari dua minuman ini. Meski sama-sama terbuat dari tepung beras yang dicetak dan diberi gula merah, santan, dan es batu ini, tapi jika kamu teliti dengan seksama ukurannya sedikit berbeda. Es dawet memiliki bentuk yang lebih langsing dibanding denga es cendol.

 

5. Orek Tempe vs Kering Tempe



 Sumber: resepharihari.com


Terakhir ada olahan dari tempe yang hingga sekarang masih dipertanyakan sebenarnya apa nama sebenarnya dari kuliner ini. Orek tempe yang ternyata juga dikenal dengan nama kering tempe adalah olahan tempe sering dijadikan lauk pauk pendamping nasi. Tempe yang sudah dipotong kecil korek api, digoreng hingga matang dan ditumis bersama dengan bumbu rempah-rempah dan diberi kecap serta gula merah sehingga rasa makanan ini jadi cenderung manis.


Itu dia lima jenis kuliner di Indonesia yang namanya berbeda namun memiliki rasa yang sama. Unik banget kan? Nah! Sekarang waktunya kamu cicipin aneka kuliner khas Indonesia ditempat-tempat ini ya!

Restaurant Sarang Oci

Foto Restaurant Sarang Oci
Foto Restaurant Sarang Oci

Martruckbucks

Foto Martruckbucks
Foto Martruckbucks
Foto Martruckbucks

Pondol - Pondok Es Cendol

Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol
Foto Pondol - Pondok Es Cendol

BMK (Baso Malang Karapitan)

Foto BMK (Baso Malang Karapitan)
Foto BMK (Baso Malang Karapitan)

Nasi Uduk Bu Sum

Foto Nasi Uduk Bu Sum
Foto Nasi Uduk Bu Sum
Foto Nasi Uduk Bu Sum

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?